Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan yang BENAR tentang teori Darwin dan Lamarck adalah sebagai berikut.

Pernyataan yang BENAR tentang teori Darwin dan Lamarck adalah sebagai berikut.

  1. Lamarck berpendapat bahwa dulu leher jerapah pendek, tetapi karena tumbuhan yang dimakannya semakin tinggi, lehernya menjadi panjang dan diwariskan kepada keturunannya

  2. Darwin berpendapat bahwa dulu ada jerapah yang berleher pendek dan ada yang berleher panjang. Karena letak makanannya tinggi, leher yang pendek menjadi panjang.

  3. Menurut Darwin, perubahan ciri dan sifat pada makhluk hidup terjadi karena adaptasi terhadap lingkungan dan perubahan tersebut diwariskan kepada keturunannya.

  4. Menurut Lamarck, perubahan ciri pada makhluk hidup yang tidak sesuai dengan lingkungannya menyebabkan makhluk hidup tersebut tidak dapat mempertahankan diri.

  5. Menurut Lamarck, jerapah yang berleher pendek akan mati karena tidak mendapatkan makanan yang letaknya lebih tinggi dari tubuhnya.

Iklan

R. Fitriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Nusantara PGRI Kediri

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Teori evolusi yang paling terkenal dibuat oleh dua ahli evolusi yaitu Lamarck dan Darwin. Kedua ahli evolusi tersebut menjelaskan teorinya menggunakan contoh spesies jerapah. Menurut Lamarck, di masa lalu, jerapah hanya ada satu jenis, yaitu jerapah leher pendek. Karena makanan jerapah semakin lama semakin berada di pucuk daun yang tinggi, mau tidak mau, jerapah harus berusaha untuk menggapai dedaunan tersebut. Jerapah pun menguatkan otot lehernya dan menggunakannya secara maksimal sehingga lehernya dapat menjadi panjang. Perubahan organ tubuh (menjadi berleher panjang) ini pun diwariskan kepada keturunanya sehingga semua jerapah yang kita lihat saat ini berleher panjang. Sementara itu, teori evolusi Darwin menjelaskan mengenai konsep seleksi alam. Jerapah awalnya ada yang berleher panjang dan ada yang pendek. Jerapah berleher pendek akan punah karena karena kesulitan dalam mendapatkan makanan (tidak mampu bertahan hidup) dan tidak dapat menghasilkan keturunan yang fertil sehingga sampai saat ini hanya ada jerapah leher panjang. (biomagz.com) Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Teori evolusi yang paling terkenal dibuat oleh dua ahli evolusi yaitu Lamarck dan Darwin. Kedua ahli evolusi tersebut menjelaskan teorinya menggunakan contoh spesies jerapah. Menurut Lamarck, di masa lalu, jerapah hanya ada satu jenis, yaitu jerapah leher pendek. Karena makanan jerapah semakin lama semakin berada di pucuk daun yang tinggi, mau tidak mau, jerapah harus berusaha untuk menggapai dedaunan tersebut. Jerapah pun menguatkan otot lehernya dan menggunakannya secara maksimal sehingga lehernya dapat menjadi panjang. Perubahan organ tubuh (menjadi berleher panjang) ini pun diwariskan kepada keturunanya sehingga semua jerapah yang kita lihat saat ini berleher panjang. Sementara itu, teori evolusi Darwin menjelaskan mengenai konsep seleksi alam. Jerapah awalnya ada yang berleher panjang dan ada yang pendek. Jerapah berleher pendek akan punah karena karena kesulitan dalam mendapatkan makanan (tidak mampu bertahan hidup) dan tidak dapat menghasilkan keturunan yang fertil sehingga sampai saat ini hanya ada jerapah leher panjang.

(biomagz.com)

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

13

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang BENAR tentang teori Darwin dan Lamarck adalah sebagai berikut.

18

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia