Pertanyaan

Pernyataan mengenai objek benda atau manusia apabila berada di planet lain dituliskan sebagai berikut. Massa benda akan tetap sama walaupun dipindah ke planet lain. Massa benda akan berubah apabila dipindah di planet dengan gravitasi Iebih besar atau lebih kecil dari bumi. Manusia akan merasakan tubuhnya lebih berat ketika berada di planet dengan jari-jari dua kali lipat jari-jari bumi. Manusia akan merasakan beratnya mengangkat kaki untuk berjalan ketika berada di planet dengan massa 3 kali lipat dari massa bumi. Konsep gravitasi Newton terdapat pada pernyataan .…

Pernyataan mengenai objek benda atau manusia apabila berada di planet lain dituliskan sebagai berikut.

  1. Massa benda akan tetap sama walaupun dipindah ke planet lain.
  2. Massa benda akan berubah apabila dipindah di planet dengan gravitasi Iebih besar atau lebih kecil dari bumi.
  3. Manusia akan merasakan tubuhnya lebih berat ketika berada di planet dengan jari-jari dua kali lipat jari-jari bumi.
  4. Manusia akan merasakan beratnya mengangkat kaki untuk berjalan ketika berada di planet dengan massa 3 kali lipat dari massa bumi.

Konsep gravitasi Newton terdapat pada pernyataan .…space space

  1. 1) dan 2)undefined

  2. 1) dan 4)undefined

  3. 2) dan 3)undefined

  4. 2) dan 4)undefined

  5. 3) dan 4)undefined

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B.

jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan

Gaya berat yang dialami suatu benda adalah atau dirumuskan sebagai persamaan gaya gravitasi; F = G R 2 m M ​ Tinjau masing-masing pernyataan. Massa benda akan tetap sama walaupun dipindah ke planet lain. BENAR. Massa benda tidak memiliki kaitan dengan besar gaya gravitasi di suatu tempat. Besaran massa hanya menunjukkan seberapa banyak partikel yang menyusun benda tersebut, dan menyatakan "seberapa sulit" (inersia) benda tersebut ketika digerakkan. Massa benda akan berubah apabila dipindah di planet dengan gravitasi Iebih besar atau lebih kecil dari bumi. SALAH . Manusia akan merasakan tubuhnya lebih berat ketika berada di planet dengan jari-jari dua kali lipat jari-jari bumi. SALAH. Karena gaya gravitasi berbanding terbalik dengan jari-jari, di planet dengan jari-jari lebih besar, medandan gaya tarik gravitasi yang dirasakan akan lebih kecil sehingga akan terasa lebih ringan. Manusia akan merasakan beratnya mengangkat kaki untuk berjalan ketika berada di planet dengan massa 3 kali lipat dari massa bumi. BENAR . Karena gaya gravitasi berbanding lurus dengan massa planet, maka di planet dengan massa lebih besar seseorang akan merasakan gaya gravitasi yang lebih besar, sehingga badan akan terasa lebih berat karena ditarik ke pusat planet dengan gaya yang lebih besar. Dengan demikian, pernyataan 1) dan 4) benar. Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Gaya berat yang dialami suatu benda adalah begin mathsize 14px style w equals m g end style atau dirumuskan sebagai persamaan gaya gravitasi;

 

Tinjau masing-masing pernyataan.

  1. Massa benda akan tetap sama walaupun dipindah ke planet lain. BENAR.
    Massa benda tidak memiliki kaitan dengan besar gaya gravitasi di suatu tempat. Besaran massa hanya menunjukkan seberapa banyak partikel yang menyusun benda tersebut, dan menyatakan "seberapa sulit" (inersia) benda tersebut ketika digerakkan.
  2. Massa benda akan berubah apabila dipindah di planet dengan gravitasi Iebih besar atau lebih kecil dari bumi. SALAH.
  3. Manusia akan merasakan tubuhnya lebih berat ketika berada di planet dengan jari-jari dua kali lipat jari-jari bumi. SALAH.
    Karena gaya gravitasi berbanding terbalik dengan jari-jari, di planet dengan jari-jari lebih besar, medan dan gaya tarik gravitasi yang dirasakan akan lebih kecil sehingga akan terasa lebih ringan.
  4. Manusia akan merasakan beratnya mengangkat kaki untuk berjalan ketika berada di planet dengan massa 3 kali lipat dari massa bumi. BENAR.
    Karena gaya gravitasi berbanding lurus dengan massa planet, maka di planet dengan massa lebih besar seseorang akan merasakan gaya gravitasi yang lebih besar, sehingga badan akan terasa lebih berat karena ditarik ke pusat planet dengan gaya yang lebih besar.

Dengan demikian, pernyataan 1) dan 4) benar.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

408

5.0 (3 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Satelit palapa bermassa 500 kg mengorbit bumi dengan jari jari 50.000 km di ukur dari pusat bumi. Berapa besar gaya gravitasi bumi yang bekerja pada satelit tersebut,jika massa bumi 5,98 × 10²⁴ kg?

143

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia