Roboguru

Pernyataan dibawah ini yang paling benar adalah ....

Pertanyaan

Pernyataan dibawah ini yang paling benar adalah ....space 

  1. Pendapatan jasa adalah pendapatan pokok perusahaan dagang sedangkan penjualan adalah pendapatan pokok pada perusahaan dagangspace 

  2. Perhitungan laba kotor hanya terdapat pada perusahaan dagang sedangkan di perusahaan jasa tidak dikenal laba kotorspace 

  3. Di perusahaan dagang dikenal istilah harga pokok penjualan sedangkan perusahaan jasa tidak ada perhitungan harga pokok penjualanspace 

  4. Di perusahaan dagang tidak memiliki persediaan barang dagang sedangkan di perusahaan jasa terdapat persediaan barang dagangspace 

  5. Perusahaan dagang barangnya tidak berwujud sedangkan di perusahaan jasa barangnya berwujudspace 

Pembahasan Soal:

kita analisis tiap point.

a. Pendapatan jasa adalah pendapatan pokok perusahaan dagang sedangkan penjualan adalah pendapatan pokok pada perusahaan dagang. (Salah) . Karena pendapatan jasa itu adalah pendapatannya didapat dari imbalan balas jasa yang diberikan.

b. Perhitungan laba kotor hanya terdapat pada perusahaan dagang sedangkan di perusahaan jasa tidak dikenal laba kotor. (Salah) . Karena laba kotor itu pasti ada di perusahaan dagang maupun jasa, laba kotor pasti ada pada laporan laba/rugi sebuah perusahaan.

d. Di perusahaan dagang tidak memiliki persediaan barang dagang sedangkan di perusahaan jasa terdapat persediaan barang dagangspace. (Sala). karena sudah jelas jika perusahaan dagang itu menjual perusahaan barang dagang.

e. Perusahaan dagang barangnya tidak berwujud sedangkan di perusahaan jasa barangnya berwujud. (Salah) . Perusahaan dagang jelas menjual barang, pasti ada wujudnya, sedangakan perusahaan jasa tidak ada wujudnya karena berusa jasa.

Nah, jadi pernyataan yang benar adalah pilihan c 
" Di perusahaan dagang dikenal istilah harga pokok penjualan sedangkan perusahaan jasa tidak ada perhitungan harga pokok penjualan"

Harga Pokok Penjualan atau HPP menggambarkan kisaran biaya yang digunakan dalam setiap kegiatan produksi suatu barang atau jasa. Biaya yang menjadi komponen HPP ini merupakan biaya-biaya langsung yang selama proses produksi. Setiap perusahaan yang memproduksi barang atau jasa tentu harus menghitung semua biaya yang keluar dalam proses produksinya. Harga poko penjualan biasa terdapat pada perusahaan dagang bukan perusahaan jasa karena perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang, namun istilah lain HPP dalam perusahaan dagang itu adalah Cost Of Revenue (biaya pendapatan) adalah biaya total produksi dan pengiriman suatu produk atau jasa terhadap konsumen.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Agustus 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved