Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan berikut yang bukan termasuk faktor pemicu Pemberontakan Sepoy adalah ....

Pernyataan berikut yang bukan termasuk faktor pemicu Pemberontakan Sepoy adalah ....

  1. penggunaan Lee-Enfield

  2. diskriminasi dalam kenaikan pangkat

  3. Sepoy dari kasta Brahmana terlibat dalam berperang

  4. kewajiban bagi para Sepoy untuk berdinas di mana pun

Iklan

A. NIZAR

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Faktor pemicu pemberontakan Sepoy antara lain: EIC menetapkan tanah sebagai milik pemerintah (EIC), sementara petani hanya penggarap. Pada 1850, EIC menghapus hukum waris Hindu dengan mengizinkan orang India yang memeluk agama Kristen untuk mendapat warisan. India tidak hanya menjadi sumber bahan baku dan bahan mentah, seperti kapas, sutera, nira, tinta, sendawa, dan teh, tetapi juga menjadi pasar bagi komoditas Inggris. Menurut doctrine of lapse (1848), EIC akan menganeksasi sebuah kerajaan jika rajanya dipandang tidak kompeten atau tidak memiliki keturunan laki-laki sebagai pewaris takhta. Banyak orang India telah mengenyam pendidikan Barat, namun mengalami diskriminasi dalam hal kenaikan pangkat. EIC mendahulukan orang Inggris asli atau kaum kulit putih dibandingkan kaum pribumi India. Pada 1856, kasta brahmana diwajibkan untuk berdinas ke seberang lautan. Padahal, masyarakat Hindu percaya bahwa kaum brahmana yang melintasi lautan otomatis kehilangan kastanya. Hal ini menimbulkan kemarahan kaum brahmana. Selain itu semua Sepoy diwajibkan berdinas dimanapun. Pada 1853, EIC memperkenalkan senapan jenis baru, Lee-Enfield. Senapan ini bekerja dengan baik jika bagian sisi cartridge senapan diberi cairan pelumas. Saat itu, belum dikenal cairan pelumas buatan. EIC menggunakan pelumas alami dari lemak sapi (haram bagi penganut Hindu) dan babi (haram bagi penganut Islam). Dari penjelasan di atas pernyataan yang bukan termasuk faktor pemicu Pemberontakan Sepoy adalah penghapusan tunjangan tertentu.

Faktor pemicu pemberontakan Sepoy antara lain:

  • EIC menetapkan tanah sebagai milik pemerintah (EIC), sementara petani hanya penggarap.
  • Pada 1850, EIC menghapus hukum waris Hindu dengan mengizinkan orang India yang memeluk agama Kristen untuk mendapat warisan.
  • India tidak hanya menjadi sumber bahan baku dan bahan mentah, seperti kapas, sutera, nira, tinta, sendawa, dan teh, tetapi juga menjadi pasar bagi komoditas Inggris.
  • Menurut doctrine of lapse (1848), EIC akan menganeksasi sebuah kerajaan jika rajanya dipandang tidak kompeten atau tidak memiliki keturunan laki-laki sebagai pewaris takhta.
  • Banyak orang India telah mengenyam pendidikan Barat, namun mengalami diskriminasi dalam hal kenaikan pangkat. EIC mendahulukan orang Inggris asli atau kaum kulit putih dibandingkan kaum pribumi India.
  • Pada 1856, kasta brahmana diwajibkan untuk berdinas ke seberang lautan. Padahal, masyarakat Hindu percaya bahwa kaum brahmana yang melintasi lautan otomatis kehilangan kastanya. Hal ini menimbulkan kemarahan kaum brahmana. Selain itu semua Sepoy diwajibkan berdinas dimanapun.
  • Pada 1853, EIC memperkenalkan senapan jenis baru, Lee-Enfield. Senapan ini bekerja dengan baik jika bagian sisi cartridge senapan diberi cairan pelumas. Saat itu, belum dikenal cairan pelumas buatan. EIC menggunakan pelumas alami dari lemak sapi (haram bagi penganut Hindu) dan babi (haram bagi penganut Islam).

Dari penjelasan di atas pernyataan yang bukan termasuk faktor pemicu Pemberontakan Sepoy adalah penghapusan tunjangan tertentu.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Zahwa Amalia Rabbani

Pembahasan terpotong

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan di bawah ini yang tidak tepat berkaitan dengan kolonialisme Inggris atas India adalah ....

22

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia