Roboguru

Pernyataan berikut merupakan sifat-sifat gas mulia, kecuali ....

Pertanyaan

Pernyataan berikut merupakan sifat-sifat gas mulia, kecuali ....space 

  1. unsur paling stabilspace

  2. sukar melepaskan atau menangkap elektronspace

  3. mudah bereaksi dengan unsur lainspace

  4. terdapat di atmosfer dalam keadaan bebasspace

  5. titik beku mendekati suhu 0 Kspace

Pembahasan Soal:

Unsur-unsur gas mulia merupakan unsur-unsur yang berada pada golongan VIIIA. Unsur-unsur ini disebut gas mulia, karena unsur-unsur yang berwujud gas ini memiliki susunan konfigurasi elektron yang stabil. Susunan elektron yang stabil menunjukkan susunan elektron yang terisi penuh pada semua subkulitnya dengan elektron valensi 2 (untuk Helium) dan 8 (unsur gas mulia selain Helium). Dengan demikian, unsur-unsur ini cenderung tidak melepas atau menangkap elektron (tidak berikatan dengan unsur lain) dan ditemukan di alam dalam keadaan monoatomik atau dalam keadaan bebas.

Dengan demikian, pernyataan yang tidak sesuai dengan sifat gas mulia adalah mudah bereaksi dengan unsur lain.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Q. 'Ainillana

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 15 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan yang benar mengenai anggota golongan gas mulia adalah...

Pembahasan Soal:

Gas mulia adalah sebutan untuk unsur-unsur golongan VIIIA. Unsur-unsur golongan VIIIA memiliki konfigurasi elektron maksimum (penuh) pada orbitalnya. Hal tersebutlah yang menyebabkan unsur golongan VIIIA bersifat stabil.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space

Roboguru

Helium (2​He) dan neon (10​Ne) terletak dalam satu golongan (VIII A) karena ...

Pembahasan Soal:

Tabel periodik modern dikembangkan sesuai dengan gagasan Mendeleev. Bedanya, tabel periodik Mendeleev disusun berdasarkan massa atom, sedangkan tabel periodik modem disusun berdasarkan nomor atom. Bentuk tabel periodik modern yang paling banyak digunakan adalah tabel periodik bentuk panjang yang mula-mula dikenalkan oleh Julius Thomson pada tahun 1895 . Tabel periodik ini terdiri atas dua lajur, yaitu lajur vertikal yang disebut golongan dan lajur horizontal yang disebut periode.

Golongan ditempatkan pada lajur vertikal dalam sistem periodik modern. Penentuan golongan berkaitan dengan sifat-sifat yang dimiliki unsur tersebut. Unsur-unsur dalam satu golongan memiliki sifat-sifat yang mirip. Pada sistem periodik modern, terdapat golongan utama (golongan I A - VIII A), serta golongan transisi (golongan I B - VIII B), termasuk unsur-unsur golongan Lantanida dan Aktinida. Periode ditempatkan pada lajur horizontal dalam sistem periodik modern. Periode suatu unsur menunjukkan nomor kulit yang sudah terisi elektron berdasarkan konfigurasi elektron. Pada sistem periodik modern terdapat 7 periode.

Dengan demikian, maka unusr helium (2He) dan neon (10Ne) terletak dalam satu golongan (VIII A) karena memiliki sifat-sifat yang mirip.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Susunan elektron valensi gas mulia di bawah ini yang tidak oktet adalah  ....

Pembahasan Soal:

Unsur gas mulia (golongan VIIIA) merupakan unsur yang paling stabil. Kestabilan ini disebabkan karena unsur gas mulia memiliki elektron valensi 8 yang dikenal dengan kaidah oktet, dan helium mempunyai elektron valensi 2 dikenal dengan kaidah duplet. Elektron terluar dari suatu atom yang terlibat dalam ikatan kimia, dikenal sebagai elektron valensi.

Berikut adalah konfigurasi elektron unsur gas mulia:

He presubscript 2 presuperscript blank colon space bold 2 Ne presubscript 10 presuperscript blank colon space 2 space bold 8 Ar presubscript 18 presuperscript blank space colon space 2 space 8 space bold 18 Kr presubscript 36 presuperscript blank space colon space 2 space 8 space 18 space bold 8 Xe presubscript 54 presuperscript blank space colon space 2 space 8 space 18 space 18 bold space bold 8

Sehingga susunan elektron valensi gas mulia yang tidak oktet adalah He.

Jadi, jawaban yang  tepat adalah E.

Roboguru

Tanpa merujuk tabel periodik yang ada dalam buku, tandai pada tabel periodik kosong, untuk masing-masing unsur yang ditunjuk berikut.   gas mulia periode keempat logam alkali periode ketiga hal...

Pembahasan Soal:

Pada tabel periodik, tiap lajur-lajur horizontal disebut sebagai periode. Mulai dari periode ke-1 yang terletak paling atas hingga periode ke-7 yang terletak paling bawah tabel.

Sedangkan lajur-lajur vertikal pada tabel periodik disebut sebagai golongan. Golongan pada tabel periodik terbagi menjadi golongan utama (A) dan golongan transisi (B). Golongan utama terdiri dari 8 lajur yang terletak pada dua lajur di paling kiri dan 6 lajur di paling kanan tabel periodik. Beberapa golongan utama juga memiliki nama tersendiri antara lain golongan IA disebut alkali, golongan IIA disebut alkali tanah, golongan VIIA disebut halogen, dan golongan VIIIA disebut gas mulia. Sedangkan golongan transisi terdiri dari 10 lajur yang terletak menjorok ke bawah di antara lajur-lajur golongan utama. Golongan B paling kiri dimulai dari golongan IIIB hingga VIIIB yang terdiri dari 3 lajur, kemudian diikuti dengan golongan IB dan IIB.

Dengan demikian, maka letak unsur-unsur di atas pada tabel periodik dapat ditentukan sebagai berikut.

  1. Gas mulia periode keempat 
    Golongan VIIIA periode keempat
    Letaknya pada kolom paling kanan baris keempat dari atas.
  2. Logam alkali periode ketiga 
    Golongan IA periode ketiga
    Letaknya pada kolom paling kiri baris ketiga dari atas.
  3. Halogen periode keempat 
    Golongan VIIA periode keempat
    Letaknya pada kolom kedua dari kanan baris keempat dari atas.
  4. Logam golongan IIIB pada periode keempat
    Letaknya pada kolom ketiga dari kiri baris keempat dari atas.

Jadi, dapat digambarkan letak unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut.

 

Roboguru

Konfigurasi elektron di bawah ini yang menunjukkan konfigurasi elektron gas mulia adalah ...

Pembahasan Soal:

Unsur gas mulia merupakan unsur yang terletakpada tabel periodik golongan VIIIA. Konfigurasi elektron gas mulia adalah:

Helium (He), He presubscript 2 equals 1 s squared 

Neon (Ne), Ne presubscript 10 equals 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 

Argon (Ar), Ar presubscript 18 equals 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 6 

Krypton (Kr), Kr presubscript 36 equals 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 6 space 3 d to the power of 10 space 4 s squared space 4 p to the power of 6 

Xenon (Xe),
Xe presubscript 54 equals 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 6 space 3 d to the power of 10 space 4 s squared space 4 p to the power of 6 space 4 d to the power of 10 space 5 s squared space 5 p to the power of 6 

Radon (Ra),
Ra presubscript 86 equals 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 6 space 3 d to the power of 10 space 4 s squared space 4 p to the power of 6 space 4 d to the power of 10 space 5 s squared space 5 p to the power of 6 space 4 f to the power of 14 space 5 d to the power of 10 space 6 s squared space 6 p to the power of 6 

Oleh karena itu, konfigurasi elektron gas mulia adalah 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 6.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved