Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan berikut merupakan pasangan antara hormon dan fungsinya, yaitu....

Pernyataan berikut merupakan pasangan antara hormon dan fungsinya, yaitu....

  1. Melantonin - terlibat dalam ritme biologis

  2. TSH - merangsang testis untuk memproduksi testosterone

  3. Glukagon - menurunkan kadar glukosa darah

  4. Adrenalin - menurunkan aktivitas metabolik

Iklan

N. Shoimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Hormon adalah zat kimia yang terdapat pada tubuh yang merupakan bagian dari sistem endokrin yang mempengaruhi proses-proses yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Di dalam tubuh manusia terdapat hormon pertumbuhan, hormon pengatur kadar gula darah, hormon adrenalin dan yang lainnya. Berdasarkan uraian pernyataan di atas pasangan antara hormon dan fungsinya yang sesuai yaitu : Melatonin, merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pineal, berfungsi untuk mengatur ritme biologis pada tubuh. Hormon ini menyebabkan rasa kantuk. TSH ( Thyroid Stimulating Hormone ), merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari yang berfungsi merangsang kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon thyroxine dan thriiodothyronine. Glukagon, merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas yang berfungsi mencegah kadar gula dalam darah turun terlalu rendah. Adrenalin, merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar anak ginjal yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke otot dan merangsang jantung berdetak lebih cepat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Hormon adalah zat kimia yang terdapat pada tubuh yang merupakan bagian dari sistem endokrin yang mempengaruhi proses-proses yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Di dalam tubuh manusia terdapat hormon pertumbuhan, hormon pengatur kadar gula darah, hormon adrenalin dan yang lainnya. Berdasarkan uraian pernyataan di atas pasangan antara hormon dan fungsinya yang sesuai yaitu :

  • Melatonin, merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pineal, berfungsi untuk mengatur ritme biologis pada tubuh. Hormon ini menyebabkan rasa kantuk.
  • TSH (Thyroid Stimulating Hormone), merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari yang berfungsi merangsang kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon thyroxine dan thriiodothyronine.
  • Glukagon, merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas yang berfungsi mencegah kadar gula dalam darah turun terlalu rendah.
  • Adrenalin, merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar anak ginjal yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke otot dan merangsang jantung berdetak lebih cepat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Latihan Bab

Apa itu Sistem Endokrin ?

Kelenjar Endokrin pada Manusia

Mekanisme Regulasi Sistem Endokrin

Gangguan pada Sistem Endokrin

328

Mjulianferdi

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Toni akan melakukan arung jeram bersama teman-temannya. Saat melakukan arung jeram, Toni merasa panik, gelisah, dan gembira. Keadaan tersebut dapatdipengaruhi oleh pengeluaran hormon adrenalin. Hormon...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia