Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan: (1) tingkat kelembaban tanah; (2) tingkat porositas batuan; (3) jenis dan kesuburan tanah; (4) tingkat curah hujan; (5) luas daerah. Faktor yang memengaruhi infiltrasi terdapat pada angka ...

Pernyataan:

(1) tingkat kelembaban tanah;

(2) tingkat porositas batuan;

(3) jenis dan kesuburan tanah;

(4) tingkat curah hujan;

(5) luas daerah.

 

Faktor yang memengaruhi infiltrasi terdapat pada angka ...

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (2), dan (4)

  3. (1), (3), dan (5)

  4. (2), (4), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

N. Vardini

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Infiltrasi adalah proses meresapnya air melalui celah-celah tanah. Faktor-faktor dapat mempengaruhi infiltrasi antara lain: Curah hujan: semakin tinggi intensitas air hujan maka daya imfiltasi akan semakin rendah, karena kemampuan tanah akan semakin dipacu untuk dapat meresapkan air. Kerapatan vegetasi: daerah dengan vegetasi rapat cendrung lebih cepat dalam meresapkan air dibantu oleh akar-akar pada tanaman. Porositas tanah: tanah dengan porositas tinggi akan memiliki kemampuan yang tinggi dalam meloloskan air, sehingga daya serapnya akan lebih tinggi. Kelembaban tanah: tanah yang lembab akan sulit meresapkan air, hal tersebut dikarenakan tanah lembab akan lebih mudah jenuh karena telah menagndung lebih banyak air. Sesuai dengan penjelasan di atas maka pernyataan yang benar dari faktor yang mempengaruhi infiltrasi adalah (1). Tingkat kelembaban tanah, (2) tingkat porositas batuan dan (4). Tingkat curah hujan

Infiltrasi adalah proses meresapnya air melalui celah-celah tanah. Faktor-faktor dapat mempengaruhi infiltrasi antara lain:

  • Curah hujan: semakin tinggi intensitas air hujan maka daya imfiltasi akan semakin rendah, karena kemampuan tanah akan semakin dipacu untuk dapat meresapkan air.
  • Kerapatan vegetasi: daerah dengan vegetasi rapat cendrung lebih cepat dalam meresapkan air dibantu oleh akar-akar pada tanaman.
  • Porositas tanah: tanah dengan porositas tinggi akan memiliki kemampuan yang tinggi dalam meloloskan air, sehingga daya serapnya akan lebih tinggi.
  • Kelembaban tanah: tanah yang lembab akan sulit meresapkan air, hal tersebut dikarenakan tanah lembab akan lebih mudah jenuh karena telah menagndung lebih banyak air.

Sesuai dengan penjelasan di atas maka pernyataan yang benar dari faktor yang mempengaruhi infiltrasi adalah (1). Tingkat kelembaban tanah, (2) tingkat porositas batuan dan (4). Tingkat curah hujan

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

119

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor faktor yang mempengaruhi proses infiltrasi adalah. . .

16

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia