Roboguru

Pernyataan: (1) penghijauan dan reboisasi; (2) pemantuan daerah aliran sungai; (3) pengolahan air limbah; (4) penertiban pembuangan sampah; (5) pemberian pupuk dan pembasmian hama; (6) penggunaan traktor dalam membajak sawah.   Pengelolaan sumber daya alam sesuai pembangunan berkelanjutan terdapat pada angka...

Pertanyaan

Pernyataan:

(1) penghijauan dan reboisasi;

(2) pemantuan daerah aliran sungai;

(3) pengolahan air limbah;

(4) penertiban pembuangan sampah;

(5) pemberian pupuk dan pembasmian hama;

(6) penggunaan traktor dalam membajak sawah.

 

Pengelolaan sumber daya alam sesuai pembangunan berkelanjutan terdapat pada angka...

  1. (1), (2), (3) dan (4)

  2. (1), (3), (4) dan (5)

  3. (2), (3), (4) dan (5)

  4. (2), (3), (4) dan (6)

  5. (3), (4), (5) dan (6)

Pembahasan Soal:

Pemanfaatan sumber daya alam bagi pembangunan sudah mulai meninggalkan pola konvensional yang pemanfaatannya memiliki dampak negatif bagi lingkungan. Kini pemanfaatan lingkungan sudah beralih ke pembangunan berkelanjutan dengan mempertimbangkan kehidupan pada generasi selanjutnya seperti mendaur ulang lingkungan yang dipakai. Contoh kegiatan pengelolaan sumber daya alam yang terdapat pada soal ialah  melakukan penghijauan dan reboisasi, pemantauan daerah aliran sungai, pengelolaan air limbah, serta menertibkan pembuangan sampah. Sedangkan kegiatan seperti pemberian pupuk dan pembasmi hama secara terus-menerus, serta penggunaan traktor dalam membajak sawah justru dampaknya kesuburan tanah berkurang sehingga akan merusak lingkungan.

Jadi usaha yang tepat berada pada nomor (1), (2), (3), dan (4).

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Nur

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Terakhir diupdate 17 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pemanfaatan sumber daya alam harus sesuai dengan pembangunan berkelanjutan yaitu adanya ...

Pembahasan Soal:

Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa harus mengurangi kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan dari generasi yang akan datang. Pembangunan berkelanjutan harus memerhatikan pemanfaatan lingkungan hidup dan kelestarian lingkungannya agar kualitas lingkungan tetap terjaga. Jawaban yang tepat untuk pemanfaatan sumber daya alam yang harus sesuai pembangunan berkelanjutan yaitu pengelolaan secara arif seimbang dan maksimal.

0

Roboguru

Prinsip berkelanjutan merupakan salah satu prinsip yang dapat diterapkan dalam pengelolaan sumber daya alam. Prinsip tersebut memiliki tujuan utama yaitu ....

Pembahasan Soal:

Pemanfaatan sesuai prinsip berkelanjutan merupakan pengelolaan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan masa sekarang tanpa mengurangi hak pemenuhan kebutuhan generasi mendatang. Dengan demikian, generasi mendatang akan merasakan sumber daya alam yang dirasakan oleh generasi sekarang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined

0

Roboguru

Usaha untuk menjaga kelestarian air tanah dilingkungan kita dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Konservasi tanah dan air atau seringkali disebut KTA merupakan suatu tindakan pengawetan terhadap kualitas dan kuantitas tanah dan air. Konservasi air tanah merupakan usaha penggunaan air yang meresap ke dalam tanah se-optimal mungkin. Konservasi air tanah dapat dilakukan dengan cara mengolah tanah sedemikian hingga tanah mampu menyerap air secara maksimal. Kegiatan konservasi air tanah juga mengatur waktu aliran air sehingga tidak terjadi banjir di musim penghujan, dan tidak terjadi kekeringan pada musim kemarau. Usaha menjaga kelestarian air tanah dapat dilakukan dengan upaya-upaya berikut ini:

  1. Melakukan penghematan dalam menggunakan air tanah.
  2. Mengurangi dan atau melarang alih fungsi lahan pertanian atau  lahan terbuka hijau menjadi area permukiman atau gedung lain sebagai tutupan lahan.
  3. Membuat lubang biopori.
  4. Menetapkan peraturan dengan sanksi yang tegas.
  5. Membuat sumur resapan.
  6. Mengawasi AMDAL dalam setiap pembangunan.
     

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  

0

Roboguru

Perhatikan kegiatan-kegiatan berikut!  Melakukan eksploitasi bahan tambang. Mengembangkan potensi keanekaragaman hayati. Mengelola padang rumput menjadi kawasan peternakan. Membuang limbah tanpa...

Pembahasan Soal:

Prinsip berwawasan lingkungan adalah pola pemanfaatan sumber daya alam yang memerhatikan aspek kelestarian lingkungan. Contoh dari prinsip ini adalah dapat ditunjukkan oleh poin 2, 3, dan 5.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined

0

Roboguru

Pernyataan: (1) penghijauan dan reboisasi; (2) pemantauan daerah aliran sungai; (3) pengolahan air limbah; (4) penertiban pembuangan sampah; (5) pemberian pupuk dan pembasmian hama; (6) pengguna...

Pembahasan Soal:

Pengelolaan sumber daya alam sesuai pembangunan berkelanjutan ditunjukkan pada nomor 1. Penghijauan dan reboisasi, 2. Pemantauan daerah aliran sungai, 3. Pengelolaan air limbah dan 4. Penertiban pembuangan sampah. Sedangkan untuk pemberian pupuk dan pembasmian hama serta penggunaan traktor dalam membajak sawah bisa menyebabkan penurunan kualitas tanah dan mengakibatkan degradasi lingkungan sehingga tidak memiliki konsep keberlanjutan yang akan dinikmati oleh generasi yang akan datang.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved