Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan : (1) pegunungan Andes di Amerika Selatan (2) Pegunungan Himalaya di India (3) celah di alur dasar Samudera kian melebar (4) Kutub Selatan kian menyempit (5) gunung api di punggung tengah Samudera Pasifik Bukti gerakan lempeng yang saling menjauh terdapat pada angka ...

Pernyataan :

(1) pegunungan Andes di Amerika Selatan

(2) Pegunungan Himalaya di India

(3) celah di alur dasar Samudera kian melebar

(4) Kutub Selatan kian menyempit

(5) gunung api di punggung tengah Samudera Pasifik

Bukti gerakan lempeng yang saling menjauh terdapat pada angka ...

  1. (1) dan (4)

  2. (1) dan (5)

  3. (2) dan (3)

  4. (3) dan (5)

  5. (4) dan (2)

Iklan

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pergerakan Lempeng dibagi menjadi tiga bagian, yakni: Batas Divergen. Pada lempeng samudra, proses ini menyebabkanpemekaran dasar laut( seafloor spreading ). Sedangkan pada lempeng benua, proses ini menyebabkan terbentuknya lembah retakan ( rift valley ) akibat adanya celah antara kedua lempeng yang saling menjauh tersebut.Pematang Tengah-Atlanti k ( Mid-Atlantic Ridge ) adalah salah satu contoh divergensi yang paling terkenal, membujur dari utara ke selatan di sepanjang Samudra Atlantik, membatasi Benua Eropa dan Afrika dengan Benua Amerika. Batas Konvergen. Wilayah dimana suatu lempeng samudra terdorong ke bawah lempeng benua atau lempeng samudra lain disebut denganzona tunjaman( subduction zones ). Di zona tunjaman inilah sering terjadi gempa.Pematang gunung-api ( volcanic ridges ) danparit samudra( oceanic trenches ) juga terbentuk di wilayah ini. Batas Transform. Terjadi bila dua lempeng tektonik bergeraksaling menggelangsar( slide each other ), yaitu bergerak sejajar namun berlawanan arah. Keduanya tidak saling memberai maupun saling menumpu. Batas transform ini juga dikenal sebagaisesar ubahan-bentuk( transform fault ). Sesuai denga n penjelasan di atas, maka bukti pergerakan lempeng yang saling menjauh terdapat pada nomor (3). Celah di alur dasar samudera kian melebar dan (5). Gunung api di punggung tengah Samudera Pasifik.

Pergerakan Lempeng dibagi menjadi tiga bagian, yakni:

  • Batas Divergen. Pada lempeng samudra, proses ini menyebabkan pemekaran dasar laut (seafloor spreading). Sedangkan pada lempeng benua, proses ini menyebabkan terbentuknya lembah retakan (rift valley) akibat adanya celah antara kedua lempeng yang saling menjauh tersebut.Pematang Tengah-Atlantik (Mid-Atlantic Ridge) adalah salah satu contoh divergensi yang paling terkenal, membujur dari utara ke selatan di sepanjang Samudra Atlantik, membatasi Benua Eropa dan Afrika dengan Benua Amerika.
  • Batas Konvergen. Wilayah dimana suatu lempeng samudra terdorong ke bawah lempeng benua atau lempeng samudra lain disebut dengan zona tunjaman (subduction zones). Di zona tunjaman inilah sering terjadi gempa. Pematang gunung-api (volcanic ridges) dan parit samudra (oceanic trenches) juga terbentuk di wilayah ini.
  • Batas Transform.Terjadi bila dua lempeng tektonik bergerak saling menggelangsar (slide each other), yaitu bergerak sejajar namun berlawanan arah. Keduanya tidak saling memberai maupun saling menumpu. Batas transform ini juga dikenal sebagai sesar ubahan-bentuk (transform fault).

Sesuai dengan penjelasan di atas, maka bukti pergerakan lempeng yang saling menjauh terdapat pada nomor (3). Celah di alur dasar samudera kian melebar dan (5). Gunung api di punggung tengah Samudera Pasifik.

Latihan Bab

Jagat Raya

Tata Surya

Gerakan Planet Bumi

Lapisan Interior Bumi

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana gejala-gejala yang timbul akibat lempeng saling menjauh?

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia