Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan: (1) manusia; (2) tekstur batuan; (3) batuan induk; (4) iklim; (5) topografi. Faktor yang memengaruhi pembentukan tanah terdapat pada angka...

Pernyataan:

(1) manusia;

(2) tekstur batuan;

(3) batuan induk;

(4) iklim;

(5) topografi.

 

Faktor yang memengaruhi pembentukan tanah terdapat pada angka...

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (3), dan (4)

  3. (2), (3), dan (4)

  4. (2), (3), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

D. Junior

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tanah adalah bagian dari kerak bumi yang tersusun atas bahan organik dan mineral. Peran tanah sangat penting dalam semua kehidupan di bumi ini karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan, menyediakan unsur hara dan air sekaligus sebagai penopang akar.Ada 5 faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah yaitu iklim, organisme, bahan induk batuan, topografi, dan waktu. f(t) = i, o, b, t, w Faktor yang benar pada pernyataan dalam soal yaitu: (3) batuan induk tanah terbentuk karena ada pelapukan dimana setiap tanah memiliki karakteristik yang memperlihatkan bahan asal dari induk batuannya. (4) iklim dalam proses pembentukan tanah faktor iklim dipengaruhi oleh unsur suhu dan unsur curah hujan. (5) topografi tanah yang berada di topografi miring pada umumnya memiliki lapisan tanahyang tipis, hal ini disebabkan karena adanya erosi yang terjadi disebabkan oleh aliran air. Sedangkan tanah yang berada di topografi landai akan memiliki lapisan tanah yang tebal, hal ini terjadi karena pengaruh dari sedimentasi.

Tanah adalah bagian dari kerak bumi yang tersusun atas bahan organik dan mineral. Peran tanah sangat penting dalam semua kehidupan di bumi ini karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan, menyediakan unsur hara dan air sekaligus sebagai penopang akar. Ada 5 faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah yaitu iklim, organisme, bahan induk batuan, topografi, dan waktu.

f(t) = i, o, b, t, w

Faktor yang benar pada pernyataan dalam soal yaitu:

(3) batuan induk

tanah terbentuk karena ada pelapukan dimana setiap tanah memiliki karakteristik yang memperlihatkan bahan asal dari induk batuannya.

(4) iklim

dalam proses pembentukan tanah faktor iklim dipengaruhi oleh unsur suhu dan unsur curah hujan.

(5) topografi

tanah yang berada di topografi miring pada umumnya memiliki lapisan tanah yang tipis, hal ini disebabkan karena adanya erosi yang terjadi disebabkan oleh aliran air. Sedangkan tanah yang berada di topografi landai akan memiliki lapisan tanah yang tebal, hal ini terjadi karena pengaruh dari sedimentasi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan : manusia; tekstur batuan; batuan induk; iklim; topografi. Faktor yang memengaruhi pembentukan tanah terdapat pada angka ....

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia