Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan: (1) keterbatasan modal; (2) kurangnya tenaga ahli; (3) keterbatasan sumberdaya hewani; (4) keterbatasan teknologi; (5) keterbatasan sumber daya nabati.Faktor penghambat pemanfaatan sumber daya alam Indonesia terdapat pada angka ….

Pernyataan:

(1) keterbatasan modal;

(2) kurangnya tenaga ahli;

(3) keterbatasan sumberdaya hewani;

(4) keterbatasan teknologi;

(5) keterbatasan sumber daya nabati.Faktor penghambat pemanfaatan sumber daya alam Indonesia terdapat pada angka ….

  1. (1), (2), dan (4)

  2. (1), (2), dan (5)

  3. (1), (3), dan (4)

  4. (2), (3), dan (5)

  5. (3), (4). dan (5)

Iklan

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pemanfaatan sumber daya alam mengalami faktor-faktor yang dapat menjadi penghambat dan pendorong keberhasilan kegiatan itu. Faktor pendorong adalah faktor yang dapat menyebabkan jumlah produksi meningkat atau mendukung di ekplorasinya suatu sumber daya dalam skala besar, antara lain: Jumlah penduduk yang banyak. Sebuah industri membutuhkan karyawan untuk melakukan proses produksi, untuk industri padat karya kebutuhan penduduk akan menjadi faktor pendorong berhasilnya target produksi. Jumlah sumber daya alam yang beraneka ragam. Hal ini dapat membuka peluang bagi individu, perusahaan atau negara untuk dapat memanfaatkan sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan pasar dan masyarakat. Faktor penghambat adalah faktor yang dapat menyebabkan jumlah produksi menjadi sedikit atau sumber daya alam tidak dapat dieksplorasi dalam skala besar, diantaranya : Kurangnya tenaga ahli, ini berpengaruh pada upaya-upaya eksplorasi sumber daya alam berskala besar sehingga tenaga ahli harus didatangkan dari luar negeri Mahalnya sarana dan prasarana pengelolaan sumber daya alam, ini berkaitan dengan teknologi yang digunakan dalam pengelolaan. Biaya yang dikeluarkan sangat mahal. Transportasi ke sumber daya alam terbatas. Banyak sumber daya alam yang bernilai jual tinggi ditemukan pada daerah-daerah desa yang minim sarana dan prasarana pendudukng. Sehingga hal tersebut menjadi penghambat dalam proses pengolahan barang. Berdasarkan pernyataan tersebut maka pilihan jawaban yang tepat adalah A. (1), (2), dan (4). Pernyataan nomor (4) dan (5) kurang tepat karena potensi sumber daya hewani dan nabati di Indonesia sangat banyak.

Pemanfaatan sumber daya alam mengalami faktor-faktor yang dapat menjadi penghambat dan pendorong keberhasilan kegiatan itu.

Faktor pendorong adalah faktor yang dapat menyebabkan jumlah produksi meningkat atau mendukung di ekplorasinya suatu sumber daya dalam skala besar, antara lain:

  • Jumlah penduduk yang banyak. Sebuah industri membutuhkan karyawan untuk melakukan proses produksi, untuk industri padat karya kebutuhan penduduk akan menjadi faktor pendorong berhasilnya target produksi.
  • Jumlah sumber daya alam yang beraneka ragam. Hal ini dapat membuka peluang bagi individu, perusahaan atau negara untuk dapat memanfaatkan sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan pasar dan masyarakat.

Faktor penghambat adalah faktor yang dapat menyebabkan jumlah produksi menjadi sedikit atau sumber daya alam tidak dapat dieksplorasi dalam skala besar, diantaranya :

  • Kurangnya tenaga ahli, ini berpengaruh pada upaya-upaya eksplorasi sumber daya alam berskala besar sehingga tenaga ahli harus didatangkan dari luar negeri
  • Mahalnya sarana dan prasarana pengelolaan sumber daya alam, ini berkaitan dengan teknologi yang digunakan dalam pengelolaan. Biaya yang dikeluarkan sangat mahal.
  • Transportasi ke sumber daya alam terbatas. Banyak sumber daya alam yang bernilai jual tinggi ditemukan pada daerah-daerah desa yang minim sarana dan prasarana pendudukng. Sehingga hal tersebut menjadi penghambat dalam proses pengolahan barang.

Berdasarkan pernyataan tersebut maka pilihan jawaban yang tepat adalah A. (1), (2), dan (4). Pernyataan nomor (4) dan (5) kurang tepat karena potensi sumber daya hewani dan nabati di Indonesia sangat banyak.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

16

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Usaha yang mencirikan pembangunan berkelanjutan adalah...

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia