Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernyataan: (1) banyak anak banyak rejeki; (2) program keluarga berencana; (3) penundaan usia pernikahan; (4) penilaian tinggi terhadap anak; (5) anak sebagai sumber tenaga kerja. Dinamika penduduk akibat pronatalitas terdapat pada angka ...

Pernyataan:

(1) banyak anak banyak rejeki;

(2) program keluarga berencana;

(3) penundaan usia pernikahan;

(4) penilaian tinggi terhadap anak;

(5) anak sebagai sumber tenaga kerja.

 

Dinamika penduduk akibat pronatalitas terdapat pada angka ...

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (2), dan (5)

  3. (1), (4), dan (5)

  4. (2), (3), dan (4)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

H. Mahmud

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Dinamika penduduk dapat terjadi karena adanya penambahan dan pengurangan jumlah penduduk. Penambahan jumlah penduduk didapatkan dari jumlah kelahiran yang terjadi, atau migrasi masuk pada wilayah tersebut. Pengurangan jumlah penduduk dapat terjadi karena kematian dan migrasi keluar dari wilayah tersebut. Salah satu faktor penyebab tingginya jumlah kelahiran adalah pronatalitas, yakni hal-hal yang dapat meningkatkan jumlah kelahiran. Pernyataan dalam soal yang dapat memberi pengaruh angka kelahiran tinggi adalah (1) banyak anak banyak rejeki, (4) penilaian tinggi terhadap anak dan (5) anak sebagai sumber tenaga kerja. Sedangkan pernyataan nomor (2) dan (3) termasuk cara-cara untuk menekan angka kelahiran.

Dinamika penduduk dapat terjadi karena adanya penambahan dan pengurangan jumlah penduduk. Penambahan jumlah penduduk didapatkan dari jumlah kelahiran yang terjadi, atau migrasi masuk pada wilayah tersebut. Pengurangan jumlah penduduk dapat terjadi karena kematian dan migrasi keluar dari wilayah tersebut.

Salah satu faktor penyebab tingginya jumlah kelahiran adalah pronatalitas, yakni hal-hal yang dapat meningkatkan jumlah kelahiran. Pernyataan dalam soal yang dapat memberi pengaruh angka kelahiran tinggi adalah (1) banyak anak banyak rejeki, (4) penilaian tinggi terhadap anak dan (5) anak sebagai sumber tenaga kerja. Sedangkan pernyataan nomor (2) dan (3) termasuk cara-cara untuk menekan angka kelahiran.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan beberapa peristiwa berikut! Risno adalah seorang tentara. Setiap hari ia rajin berolahraga untuk menjaga kesehatannya. Dewi suka sekali makanan manis. Bahkan sampai minum pun harus...

15

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia