Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pernapasan aerob membutuhkan oksigen yang berfungsi sebagai ....

Pernapasan aerob membutuhkan oksigen yang berfungsi sebagai ....space space 

  1. Menangkap protonspace space 

  2. Mengubah glukosa menjadi air dan karbondioksidaspace space 

  3. Membentuk karbondioksidaspace space 

  4. Menghasilkan ATPspace space 

  5. Membantu pernapasan space space 

Iklan

A. Agustina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah D.

pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Respirasi aerob merupakan peristiwa pembakaran zat makanan menggunakan oksigen dari pernapasan untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Respirasi aerob terdiri dari empat tahap, yakni: Glikolisis, adalah reaksi pemecahan molekul karbohidrat menjadi asam piruvat. Tempat terjadinya glikolisis yakni di sitoplasma. Hasil glikolisis berupa 2 asam piruvat, 2 ATP (aslinya 4 namun dikurangi 2 untuk tahapan memerlukan energi), dan 2 senyawa NADH. Dekarboksilasi Oksidatif, adalah reaksi perantara antara glikolisis dengan siklus krebs. Proses dekarboksilasi oksidatif dimulai dari sitoplasma menuju mitokondria. Tempat terjadinya dekarboksilasi oksidatif di matriks mitokondria. Hasil dekarboksilasi oksidatif berupa 2 senyawa NADH, 2 CO 2 ​ , dan 2 asetil ko-A. Siklus krebs, adalah tahapan yang paling banyak menghasilkan dan disebut juga siklus asam sitrat. Tempat terjadinya siklus krebs yakni di matriks mitokondria. Hasildari siklus krebs yakni dihitungdua sikluskarena ada dua asetil ko-A dari reaksi sebelumnya, sehingga hasil dua siklus krebs yakni 6 NADH, 2 FADH 2 , 2 ATP, dan 4 . Transpor elektron, adalah proses panen energi ATP yang berasal dari NADH dan FADH 2 yang berasal dari reaksi sebelumnya. Tempat terjadinya transfer elektron yakni di krista mitokondria. Jumlah total NADH dari reaksi pertama hingga ketiga ada 10 buah sedangkan FADH 2 ada 2 buah. Hasildari transfer elektron yakni 34 ATP dan 6 H 2 O. Konsep Penting:1 NADH = 3 ATP; 1 FADH 2 = 2 ATP Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Respirasi aerob merupakan peristiwa pembakaran zat makanan menggunakan oksigen dari pernapasan untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Respirasi aerob terdiri dari empat tahap, yakni:

  1. Glikolisis, adalah reaksi pemecahan molekul karbohidrat menjadi asam piruvat. Tempat terjadinya glikolisis yakni di sitoplasma. Hasil glikolisis berupa 2 asam piruvat, 2 ATP (aslinya 4 namun dikurangi 2 untuk tahapan memerlukan energi), dan 2 senyawa NADH.
  2. Dekarboksilasi Oksidatif, adalah reaksi perantara antara glikolisis dengan siklus krebs. Proses dekarboksilasi oksidatif dimulai dari sitoplasma menuju mitokondria. Tempat terjadinya dekarboksilasi oksidatif di matriks mitokondria. Hasil dekarboksilasi oksidatif berupa 2 senyawa NADH, 2 , dan 2 asetil ko-A.
  3. Siklus krebs, adalah tahapan yang paling banyak menghasilkan begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style dan disebut juga siklus asam sitrat. Tempat terjadinya siklus krebs yakni di matriks mitokondria. Hasil dari siklus krebs yakni dihitung dua siklus karena ada dua asetil ko-A dari reaksi sebelumnya, sehingga hasil dua siklus krebs yakni 6 NADH, 2 FADH2, 2 ATP, dan 4 begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style.
  4. Transpor elektron, adalah proses panen energi ATP yang berasal dari NADH dan FADH2 yang berasal dari reaksi sebelumnya. Tempat terjadinya transfer elektron yakni di krista mitokondria. Jumlah total NADH dari reaksi pertama hingga ketiga ada 10 buah sedangkan FADH2 ada 2 buah. Hasil dari transfer elektron yakni 34 ATP dan 6 H2O.
    Konsep Penting: 1 NADH = 3 ATP; 1 FADH2 = 2 ATPspace space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Latihan Bab

Pendahuluan Metabolisme

Katabolisme Glukosa dengan Oksigen

Katabolisme Glukosa Non-Oksigen

Katabolisme Lemak dan Protein

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

536

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Menghasilkan energi sebanyak 36 ATP Merupakan proses memperoleh energi dari oksidasi gula menjadi karbon dioksida dna air melalui jalur pentosa fosfa...

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia