Iklan

Iklan

Pertanyaan

Permukiman penduduk di pulau Kalimantan pada umumnya memanjang di sepanjang sungai. Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena adalah....

Permukiman penduduk di pulau Kalimantan pada umumnya memanjang di sepanjang sungai.

Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena adalah....

  1. konsep lokasi

  2. konsep jarak

  3. konsep pola

  4. konsep keterjangkauan

  5. konsep interaksi interdependensi

Iklan

M. Bilqis

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konsep lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif. Jarak adalah ruang atau sela yang menghubungkan antara dua lokasi atau dua objek dan dihitung melalui hitungan panjang maupun waktu. Konsep Jarak memiliki peranan penting dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan politik. Konsep jarak dibagi menjadi dua, yaitu jarak mutlak dan jarak relatif. Konsep pola adalahbentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Pola juga dapat diartikan sebagaitatanan geometris yang beraturan sebagai bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya. Interaksi interpendensi merupakan terjadinya hubungan yang saling mempengaruhi antara suatu gejala dengan gejala lainnya. Definisi lain mencakupketerkaitan dan ketergantungan satu daerah dengan daerah lain untuk saling memenuhi kebutuhannya. Konsep keterjangkauan adalah kemudahan akses jarak tempuh menuju suatu titik. Atau dengan kata lain keterjangkauan adalah jarak yang mampu dicapai dengan maksimum dari satu wilayah ke wilayah lain. Hal yang harus diperhatikan dalam konsep keterjangkauan adalah sarana dan prasarana penunjang yang ada. Sesuai dengan penjabaran di atas, dapat dilihat bahwa konsep yang sesuai dengan fenomena permukiman penduduk Kalimantan yang memanjang di sepanjang sungai adalah adalah konsep pola. Permukiman mengikuti bentuk dan struktur sepanjang sungai.

  • Konsep lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif.
  • Jarak adalah ruang atau sela yang menghubungkan antara dua lokasi atau dua objek dan dihitung melalui hitungan panjang maupun waktu. Konsep Jarak memiliki peranan penting dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan politik. Konsep jarak dibagi menjadi dua, yaitu jarak mutlak dan jarak relatif.
  • Konsep pola adalah bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Pola juga dapat diartikan sebagai tatanan geometris yang beraturan sebagai bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya.
  • Interaksi interpendensi merupakan terjadinya hubungan yang saling mempengaruhi antara suatu gejala dengan gejala lainnya. Definisi lain mencakup keterkaitan dan ketergantungan satu daerah dengan daerah lain untuk saling memenuhi kebutuhannya.
  • Konsep keterjangkauan adalah kemudahan akses jarak tempuh menuju suatu titik. Atau dengan kata lain keterjangkauan adalah jarak yang mampu dicapai dengan maksimum dari satu wilayah ke wilayah lain. Hal yang harus diperhatikan dalam konsep keterjangkauan adalah sarana dan prasarana penunjang yang ada.

Sesuai dengan penjabaran di atas, dapat dilihat bahwa konsep yang sesuai dengan fenomena permukiman penduduk Kalimantan yang memanjang di sepanjang sungai adalah adalah konsep pola. Permukiman mengikuti bentuk dan struktur sepanjang sungai.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

102

Dhevon Hy

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gempa bumi dengan 7,9 skala richter terjadi di Sumatera Barat pada 30 september 2009. Hal ini menggunakan konsep geografi....

72

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia