Pertanyaan

Perkembangan teknologi komunikasi dapat mengubah tatanan sosial masyarakat tradisional yang akhirnya dapat mengakibatkan …. (SBMPTN 2015 Kode 734) hilangnya semangat gotong royong pudarnya sopan santun hilangnya rasa kebersamaan terbukanya cakrawala hubungan sosial

Perkembangan teknologi komunikasi dapat mengubah tatanan sosial masyarakat tradisional yang akhirnya dapat mengakibatkan …. (SBMPTN 2015 Kode 734)

  1. hilangnya semangat gotong royong
  2. pudarnya sopan santun
  3. hilangnya rasa kebersamaan
  4. terbukanya cakrawala hubungan sosial
  1. Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar

  2. Jika jawaban (1) dan (3) benar

  3. Jika jawaban (2) dan (4) benar

  4. Jika jawaban (4) benar.

  5. Jika semua jawaban (1), (2), (3) dan (4) benar

Y. Fernanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Tatanan sosial merupakan nama lain dari struktur sosial yaitu jalinan unsur-unsur sosial yang pokok yang meliputi nilai, dan norma, lembaga, kelompok, dan stratifikasi. Perkembangan teknologi komunikasi dapat mengubah tatanan sosial masyarakat tradisional yang akhirnya dapat mengakibatkan hal-hal seperti berikut ini : Hilangnya semangat gotong royong Gotong royong yang hilang merupakan akibat dari nilai dan norma yang berubah karena teknologi. Teknologi mengakibatkan berkembangnya sifat-sifat individualistis dalam masyarakat. Pudarnya sopan santun Sopan santun berkaitan dengan unsur sosial yaitu nilai dan norma. Perkembangan tekonologi komunikasi membuat sebagian masyarakat meniru perilaku interaksi pada masyarakat Eropa yang dianggap keren dan kekinian dan tak jarang berbenturan dengan nilai dan norma masyarakat lokal berkaitan norma kesopanan. Hilangnya rasa kebersamaan Rasa kebersamaan yang hilang merupakan akibat lunturnya nilai dan norma yang berkaitan dengan aspek solidaritas masyarakat karena kemudahan dalam berkomunikasi antaranggota masyarakat. Tidak hanya itu, kesadaran kolektif pun terkikis akibat perkembangan teknologi komunikasi yang tidak mengharuskan masyarakat bertatap muka secara langsung dalam proses interaksi sosial. Untuk poin 4 tidak tepat karena terbukanya cakrawala hubungan sosial tidak termasuk dalam unsur-unsur tatanan sosial.

Tatanan sosial merupakan nama lain dari struktur sosial yaitu jalinan unsur-unsur sosial yang pokok yang meliputi nilai, dan norma, lembaga, kelompok, dan stratifikasi. Perkembangan teknologi komunikasi dapat mengubah tatanan sosial masyarakat tradisional yang akhirnya dapat mengakibatkan hal-hal seperti berikut ini :

  • Hilangnya semangat gotong royong

Gotong royong yang hilang merupakan akibat dari nilai dan norma yang berubah karena teknologi. Teknologi mengakibatkan berkembangnya sifat-sifat individualistis dalam masyarakat.

  • Pudarnya sopan santun

Sopan santun berkaitan dengan unsur sosial yaitu nilai dan norma. Perkembangan tekonologi komunikasi membuat sebagian masyarakat meniru perilaku interaksi pada masyarakat Eropa yang dianggap keren dan kekinian dan tak jarang berbenturan dengan nilai dan norma masyarakat lokal berkaitan norma kesopanan.

  • Hilangnya rasa kebersamaan

Rasa kebersamaan yang hilang merupakan akibat lunturnya nilai dan norma yang berkaitan dengan aspek solidaritas masyarakat karena kemudahan dalam berkomunikasi antaranggota masyarakat. Tidak hanya itu, kesadaran kolektif pun terkikis akibat perkembangan teknologi komunikasi yang tidak mengharuskan masyarakat bertatap muka secara langsung dalam proses interaksi sosial.

Untuk poin 4 tidak tepat karena terbukanya cakrawala hubungan sosial tidak termasuk dalam unsur-unsur tatanan sosial.

52

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Tingkat pendidikan dan akses teknologi mempengaruhi kecepatan berubah suatu masyarakat SEBAB Pendidikan dan teknologi itu dapat digunakan untuk membantuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam ...

9

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia