Roboguru

Perkembangan seni dan budaya pada masa Orde Baru seringkali terkendala oleh ….   tekanan pengaruh seni budaya asing  banyaknya larangan dari pemerintah terhadap kegiatan pementasan seni budaya  kurang antusiasnya masyarakat terhadap keguatan seni budaya  tidak ditolerirnya kegiatan seni budaya yang mengkritik pemerintah Orde Baru.  (SBMPTN 2016) Pilihlah:

Pertanyaan

Perkembangan seni dan budaya pada masa Orde Baru seringkali terkendala oleh ….
 

  1. tekanan pengaruh seni budaya asing 
  2. banyaknya larangan dari pemerintah terhadap kegiatan pementasan seni budaya 
  3. kurang antusiasnya masyarakat terhadap keguatan seni budaya 
  4. tidak ditolerirnya kegiatan seni budaya yang mengkritik pemerintah Orde Baru. 

(SBMPTN 2016)

Pilihlah:

  1. jika pernyataan (1), (2), (3) benarspace  

  2. jika pernyataan (1) dan (3) benar space  

  3. jika pernyataan (2) dan (4) benarspace  

  4. jika pernyataan (4) benarspace  

  5. jika semuanya benarspace  

Pembahasan Soal:

Seni berfungsi sebagai bentuk penyampaian ekspressi atas fenomena yang terjadi di lingkungan sosial, politik, dan pemerintahan. Para seniman dan budayawan menggunakan seni untuk menyampaikan kritik sosial dan politik atas berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat yang contohnya adalah kritik tentang kurang tajamnya hukum yang menimbulkan efek jera bagi pelaku korupsi. Penyampaian kritik yang dilakukan oleh para seniman juga dilakukan pada masa Orde Baru melalui pementasan seni dan budaya. Respons dari pemerintahan Orde Baru adalah melakukan pembredelan media massa yang memberikan kritik terhadap pemerintahan  Orde Baru. Para seniman yang dianggap mengganggu stabilitas politik nasional dan pemerintahan Orde Baru diintimidasi, dipenjara, dan dilarang melakukan pementasan. Contohnya adalah hukuman penjara yang diberlakukan kepada W.S Rendra pada tahun 1977 karena membacakan puisi yang berjudul "Pertemuan Mahasiswa" dan pelarangan pementasan beberapa "Teater Koma" dari tahun 1980an hingga 1990an.  

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah C.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Budi

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Prestasi utama pemerintahan Orde Baru dalam bidang ekonomi adalah mendorong pertumbuhan kapitalisme swasta. SEBAB Pemerintahan Orde Baru menerapkan Undang-undang Penanaman Modal Asing (PMA) dan Pena...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar. Berdasarkan data yang didapatkan dari BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) hingga akhir pelaksanaan REPELITA I di tahun 1974, penanaman modal asing dan modal swasta nasional dalam negeri telah meningkat dengan pesat hingga mencapai jumlah 2691,7 milyar yang ternyata jumlah ini terdiri atas penanaman modal asing yang terdiri dari 1360,5 milyar dan penanaman modal dalam negeri sebesar 1331,2 milyar rupiah. Besarnya investasi swasta ini berdampak pada terciptanya ekonomi yang stabil dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada masa pemerintahan Orde Baru.  

Alasan benar. Berdasarkan fakta sejarah, pasca diluncurkannya Undang-Undang Penanaman Modal Asing (PMA) 1967 dan Penanaman Modal Dalam Negeri (1968) banyak perusahaan asing dan swasta yang menanamkan modalnya di Indonesia. Jadi, pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukkan sebab dan akibat.  

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah A.  

0

Roboguru

Media massa yang pernah diberedel oleh pemerintah Orde Baru pada tahun 1994 karena melaporkan investigasi pembelian kapal bekas dari Jerman adalah …. Detik Suara Pembaruan Tempo Kompas     (SB...

Pembahasan Soal:

Pada masa menjelang akhir Orde Baru, pemerintah melakukan pemberedelan terhadap tiga media pers, di antaranya Tempo, Detik dan Editor. Pada saat itu pemerintah Orde Baru melakukan pemberedelan terhadap tiga media tersebut dikarenakan tiga media ini memberitakan dugaan korupsi yang dilakukan oleh pemerintah saat membeli kapal perang bekas Jerman Timur. 

Berdasarkan penjelasan tersebut jawaban yang tepat adalah B.space  

0

Roboguru

Peran nyata Indonesia pada masa Orde Baru dalam menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara yang sesuai dengan tujuan didirikannya ASEAN adalah ....   (SBMPTN 2017)

Pembahasan Soal:

ASEAN merupakan organisasi negara-negara di Asia Tenggara yang tidak membedakan sistem politik dan ideologi. Ide dasar pembentukan ASEAN adalah kerja sama ekonomi, sosial, dan budaya.  ASEAN juga memiliki prinsip-prinsip dalam menjalankan organisasinya yang terbentuk ketika Konferensi Tingkat Tinggi (KTT ASEAN) pada 12-14 November 2007 di Filipina, para pemimpin ASEAN bersepakat untuk membentuk tim kerja tingkat tinggi untuk merumuskan Piagam ASEAN. Prinsip-prinsip tersebut terbagi menjadi enam bagian. Pertama, menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesetaraan, integritas wilayah, dan identitas nasional negara-negara anggota. Kedua, berkomitmen dan bertanggung jawab secara kolektif dalam meningkatkan perdamaian, keamanan, dan kemakmuran di kawasan. Ketiga, menolak agresi, ancaman, penggunaan kekuatan, atau tindakan lainnya dalam bentuk apapun yang bertentangan dengan hukum internasional. Keempat, menyelesaikan sengketa secara damai. Misalnya, menyelesaikan konflik antara Kamboja dan Vietnam melalui Jakarta Informal Meeting dimana Indonesia terus memperjuangkan diplomasi dengan Vietnam supaya masalahnya dengan Kamboja cepat selesai. Kemudian, perjuangan tersebut ditindaklanjuti oleh Menteri Luar Negeri saat itu, Mochtar Kusumaatmadja yang secara aktif mulai menyusun berbagai strategi, untuk mengupayakan penyelesaian konflik secara damai di Kamboja.  

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah C.  

0

Roboguru

Berikut ini adalah istilah-istilah yang lekat pada periode Orde Baru, KECUALI .... (SIMAK 2009)

Pembahasan Soal:

Pada masa Orde Baru terdapat beberapa istilah yang digunakan oleh pemerintah dalam upaya memperkenalkan beberapa program kerja serta kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, di antaranya adalah Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu), KB (Keluarga Berencana), Pelita (Pembangunan Lima Tahun, Azaz Tunggal, Revolusi Hijau, dan Trilogi Pembangunan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.space  

0

Roboguru

Pengelompokan dan kemudian penyederhanaan partai-partai politik selama kurun waktu 1968-1970 dapat dipandang sebagai upaya Orde Baru untuk ....

Pembahasan Soal:

Setelah Partai Komunis Indonesia (PKI) dibubarkan pada 12 Maret 1966, Orde Baru mulai melakukan upaya pembinaan terhadap partai-partai politik. Pada 20 Pebruari 1968 dilakukan langkah penggabungan/peleburan ormas-ormas Islam yang sudah ada tetapi belum tersalurkan aspirasinya dengan pendirian Partai Muslimin Indonesia (Parmusi). Langkah Orde Baru untuk mengelompokkan partai politik dilanjutkan pada 9 Maret 1970, dengan terbentuknya Kelompok Demokrasi Pembangunan yang merupakan gabungan dari PNI, Partai Katholik, Parkindo, IPKI dan Murba. Berikutnya, pada 13 Maret 1970 terbentuk kelompok Persatuan Pembangunan yang beranggotakan NU, PARMUSI, PSII, dan Perti. Terakhir, ada suatu kelompok fungsional yang disebut sebagai Golongan Karya (Golkar).

Tujuan penyederhanaan partai politik yang dilakukan Pemerintah Orde Baru ini adalah untuk menciptakan stabilitas politik setelah sebelumnya Indonesia sempat mengalami gejolak politik akibat Gerakan Pemberontakan 30 September 1965 yang dilakukan oleh PKI, berlanjut dengan karut-marutnya stabilitas pemerintahan akibat aksi dan demonstrasi massa yang menuntut Tritura (bubarkan PKI, rombak kabinet Dwikora, dan turunkan harga pangan) yang berujung pada keluarnya Surat Perintah 11 Maret 1966. Menyederhanakan partai politik dipandang Soeharto sebagai cara untuk mewujudkan stabilitas politik. Dengan mengelompokkan partai sesuai dengan garis ketentuan yang ditetapkan pemerintah, rezim Orde Baru bisa dengan mudah melakukan kontrol terhadap partai tersebut sehingga potensi partai melakukan kegaduhan dan pembangkangan politik  terhadap pemerintah sebagaimana lazim terjadi pada masa-masa sebelumnya tidak terjadi lagi. Dengan stabilnya kondisi politik, Soeharto melangkah pasti melakukan pembangunan ekonomi besar-besaran melalui program Repelitanya. Baginya, pembangunan ekonomi hanya bisa berjalan jika suasana politik tenang, damai, dan jauh dari anarkis.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved