Roboguru
SD

Perkembangan perilaku penyimpang dari tipe primer menjadi sekunder terjadi melalui proses …. berjalannya waktu dan pengalaman interaksi dengan sesama penyimpang kontak dengan agen kontrol sosial peradilan dan penetapan hukuman

Pertanyaan

Perkembangan perilaku penyimpang dari tipe primer menjadi sekunder terjadi melalui proses ….

  1. berjalannya waktu dan pengalaman
  2. interaksi dengan sesama penyimpang
  3. kontak dengan agen kontrol sosial
  4. peradilan dan penetapan hukuman  
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.  space 

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.  space 

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.  space 

  4. HANYA 4 yang benar.  space 

  5. SEMUA pilihan benar.  space 

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat untuk soal ini adalah E, semua pilihan benar.   

Pembahasan

Soal ini berkaitan dengan penyimpangan primer dan sekunder.

  • Penyimpangan primer adalah suatu perilaku seseorang yang menyimpang akan tetapi mempunyai sifat sementara dan masih bisa diterima oleh masyarakat.
  • Penyimpangan sekunder adalah perilaku menyimpang dilakukan berulang-ulang sehingga berakibat cukup parah serta mengganggu orang lain.

Berikut analisis penyimpangan primer yang dapat menjadi penyimpangan sekunder.

Pertama, berjalannya waktu dan pengalaman. Penyimpangan sekunder terjadi ketika bentuk penyimpangan itu terjadi berulang-ulang. Artinya, ada kategori waktu dan pengalaman yang terus bertambah karena dilakukan berulang-ulang sehingga membuat suatu penyimpangan, yang tadinya bisa ditoleransi atau penyimpangan primer, menjadi tidak bisa ditoleransi atau penyimpangan sekunder.

Pengalaman bisa bertambah salah satunya karena ada interaksi dengan sesama penyimpang sesuai dengan poin kedua. Melalui interaksi dengan sesama penyimpang, maka seseorang bisa mempelajari penyimpangan itu dan dampak penyimpangannya juga bisa lebih merugikan.

Poin ketiga berkaitan kontak dengan agen kontrol sosial. Memang pada dasarnya, kontak dengan agen kontrol sosial bisa membuat seseorang menjadi takut untuk berperilaku menyimpang. Namun, kontak dengan agen kontrol juga bisa mendorong penyimpangan primer menjadi sekunder ketika terdapat unsur penegakan sanksi yang lemah dan adanya cap atau label yang terus menerus diarahkan kepada pelaku penyimpangan. Misalnya pada tindakan tilang yang jika masih lemah penegakannya karena dipengaruhi oleh praktik suap, dapay muncul anggapan bahwa melanggar aturan lalu lintas tidak akan bermasalah sehingga seseorang berpotensi mengulangi terus penyimpangannya.

Keempat, proses penyimpangan primer menjadi sekunder juga dipengaruhi oleh peradilan dan penetapan hukuman. Artinya, adanya penetapan sanksi bisa membuat penyimpangan yang tadinya primer karena masih bisa ditoleransi dan sanksinya masih berupa teguran, akan beralih ke penyimpangan sekunder dengan tingkatan sanksilebih kuat, bahkan bisa mengarah pada hukuman pidana.

Jadi, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah E, semua pilihan benar.   

199

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Berikut ini yang termasuk kategori perilaku menyimpang adalah ....  Membuang sampah tidak pada tempatnya. Membakar hutan untuk kepentingan bisnis. Merokok di sembarang tempat. Menebang pohon yan...

260

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia