Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perkembangan paham sosialisme di Indonesia tidak terlepas dari peran tokoh­ tokoh penting. Bagaimana sikapmu menanggapi hal tersebut? Coba uraikan beberapa tokoh yang mengembangkanpaham sosialisme!

Perkembangan paham sosialisme di Indonesia tidak terlepas dari peran tokoh­ tokoh penting. Bagaimana sikapmu menanggapi hal tersebut? Coba uraikan beberapa tokoh yang mengembangkan paham sosialisme!

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Perkembangan paham sosialisme di Indonesia tidak terlepas dari peran tokoh­ tokoh penting. Hal ini memberikan perspektif baru bagi Indonesia. Adapun tokoh-tokoh yang mengembangkanpaham sosialisme adalahHendricus Josephus Franciscus Marie Sneevliet dan Moh. Hatta. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Perkembangan paham sosialisme di Indonesiaterjadi pada masa pergerakan nasional. Para tokoh intelektual mendapat pengaruh paham sosialisme karena banyak kaum intelektual yang menuntut ilmu di negara sosialis. Sosialisme pertama kali masuk ke Indonesia melalui sebuah organisasi yang dibangun tahun 1914 bernama Indische Sociaal-Democratische Vereeniging (ISDV) atau Persatuan Sosial Demokrat Hindia Belanda. Salah satu sosialis terkenal dari ISDV adalah Hendricus Josephus Franciscus Marie Sneevliet. Ia tiba diHindia Belanda pada tahun 1913 untuk bekerja di Soerjabajaasch Handelsblad (surat kabar di Surabaya).Di bidang perekonomian, sosialisme juga ikut mempengaruhi adanya pemikiran-pemikiran tentang ekonomi Indonesia, salah satunya adalah Moh. Hatta. Pemikiran dari sosialisme memberikan perspektif baru bagi Indonesia. Penerapan sosialisme berdasarkan pemikiran Hatta adalah pembentukan koperasi.

Perkembangan paham sosialisme di Indonesia tidak terlepas dari peran tokoh­ tokoh penting. Hal ini memberikan perspektif baru bagi Indonesia. Adapun tokoh-tokoh yang mengembangkan paham sosialisme adalah Hendricus Josephus Franciscus Marie Sneevliet dan Moh. Hatta.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Perkembangan paham sosialisme di Indonesia terjadi pada masa pergerakan nasional. Para tokoh intelektual mendapat pengaruh paham sosialisme karena banyak kaum intelektual yang menuntut ilmu di negara sosialis. Sosialisme pertama kali masuk ke Indonesia melalui sebuah organisasi yang dibangun tahun 1914 bernama Indische Sociaal-Democratische Vereeniging (ISDV) atau Persatuan Sosial Demokrat Hindia Belanda. Salah satu sosialis terkenal dari ISDV adalah Hendricus Josephus Franciscus Marie Sneevliet. Ia tiba di Hindia Belanda pada tahun 1913 untuk bekerja di Soerjabajaasch Handelsblad (surat kabar di Surabaya). Di bidang perekonomian, sosialisme juga ikut mempengaruhi adanya pemikiran-pemikiran tentang ekonomi Indonesia, salah satunya adalah Moh. Hatta. Pemikiran dari sosialisme memberikan perspektif baru bagi Indonesia. Penerapan sosialisme berdasarkan pemikiran Hatta adalah pembentukan koperasi.

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dampak yang akan terjadi jika sosialisme diterapkan di negara yang tidak memiliki tradisi liberalisme yang kuat adalah ....

39

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia