Roboguru

Perkembangan kehidupan manusia purba sejak awal kemunculannya di bumi terlihat dari cara....

Perkembangan kehidupan manusia purba sejak awal kemunculannya di bumi terlihat dari cara....

Jawaban:

Perpindahan manusia dari Afrika ke Indonesia berlangsung sekitar 60.000 tahun silam. Perbedaan alam lingkungan fisik membuat mereka harus beradaptasi untuk bertahan hidup. Tahapan kehidupan manusia purba sebagai berikut. 

  1. Masa berburu dan bercocok tanam, pada masa ini masyarakat praaksara masih sangat bergantung pada sumber daya yang disediakan oleh alam tempat tinggal masih nomaden atau berpindah-pindah mengikuti ketersediaan makanan yang ada di alam.
  2. Masa bercocok tanam, pada masa ini masyarakat praaksara sudah mengenal sistem pengolahan makanan dan cara menghasilkan makanan sendiri dengan cara bercocok tanam (food Producing) pada masa ini masyarakat sudah meninggali tempat tinggal yang cukup lama.
  3. Masa perundagian, pada masa ini masyarakat praaksara sudah mencapai suatu peradaban dimana mereka sudah mengenal suatu sistem pengolahan logam dan tempat tinggal sudah menetap.

Dengan berbagai tahapan corak kehidupan manusia praaksara, masyarakat harus mempunyai daya adaptasi dengan lingkungan yang sangat tinggi untuk bisa bertahan hidup.
 

Dengan demikian, jawabannya adalah beradaptasi.
 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved