Roboguru

Perkembangan iptek dapat memberikan dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif perkembangan iptek adalah ...

Pertanyaan

Perkembangan iptek dapat memberikan dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif perkembangan iptek adalah ...undefined 

  1. Menambah wawasan dan pengetahuanundefined 

  2. Meningkatkan kualitas pendidikanundefined 

  3. Meningkatkan mobilitas manusiaundefined 

  4. Meningkatkan kesejahteraanundefined 

  5. Memengaruhi pola pikirundefined 

Pembahasan Soal:

Perkembangan IPTEK dari waktu ke waktu semakin cepat. Perkembangan IPTEK yang cepat ini tentu mempuanyai dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif yang dihasilkan dari perkembangan IPTEK ini yakni mempengaruhi pola pikir. Pola pikir manusia yang berubah akibat IPTEK ini ditunjukan dengan perilaku-perilaku sebagai berikut.

  1. Manusia semakin bersifat individualis dan cendrung pasif terhadap lingkungan sekitar.
  2. Manusia menghabiskan banyak waktunya untuk berdiam diri dan berselancar di dunia internet.
  3. Manusia semakin konsumtif.
  4. Manusia mengalami penurunan moral.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perkembangan iptek memiliki dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat. Deskripsikan dampak positif tersebut!

Pembahasan Soal:

IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) merupakan segala hal yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan terbaru yang bersangkutan dengan teknologi ataupun perkembangan di bidang teknologi itu sendiri. Dampak positif IPTEK antara lain sebagai berikut.

  1. Membuat sesuatu menjadi lebih cepat dan mudah, akibat perkembangan IPTEK kemudahan memperoleh akses infromasi menjadi lebih cepat dan mudah. Perkembangan IPTEK pun mempermudah manusia dalam hal komunikasi hingga dalam bidang ekonomi.
  2. Menambah wawasan dan keterampilan masyarakat, perkembangan IPTEK memudahkan akses informasi. Kemudahan skses informasi ini dapat menambah wawasan dan keterampilan bagi masyarakat jika digunakan dengan tepat.
  3. Mudah dalam mendapatkan dan memperluas informasi, akibat perkembangan IPTEK akses informasi dapat dengan mudah didapat melalui internet. 
  4. Meningkatnya produktivitas masyarakat.

Dengan demikian, perkembangan IPTEK membantu manusia dalam hal efisiensi ketika melakukan sesuatu.

0

Roboguru

Perkembangan iptek berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Bagaimana peningkatan tersebut bisa terjadi?

Pembahasan Soal:

Perkembangan iptek yang sangat cepat, berdampak pada berbagai bidang, diantaranya yakni bidang industri, transportasi serta pendidikan. Pada bidang industri, dengan adanya IPTEK dapat membuat lini produksi bisa lebih cepat dan efisien dengan adanya otomatisasi peralatan. Kemudian pada bidang transportasi, dengan perkembangan IPTEK mobilitas manusia dapat dapat memudahkan mobilitas manusia dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Dan pada  bidang pendidikan, dampak positif perkembangan IPTEK yakni menambah efektifvitas dan efisiensi dalam kemudahan mengakses informasi sehingga, secara langsung meningkatkan kualitas pendidikan.

Dengan demikian, dengan bertambahnya efisiensi dan efektivitas karena perkembangan teknologi, membuat bidang pendidikan menjadi mudah diakses.

0

Roboguru

Telepon seluler saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Beragam fitur dan teknologi yang terdapat dalam telepon seluler menjadikan orang semakin fokus dengan gawainya. Seseora...

Pembahasan Soal:

Dengan munculnya banyak media sosial, membuat murid-murid memperbaharui apa yang terjadi dengan kehidupan mereka melalu smartphone mereka. Hal ini menyebabkan interaksi sosial di kehidupan mereka berkurang. Mereka lebih asik berinteraksi melalui media sosial yang tidak jarang berakibat mengganggu hubungan dengan teman, keluarga dan juga mengganggu prestasi akademik karena lebih fokus bermain dengan smartphone mereka.

Dengan demikian, aktivitas sosial seseorang akan berkurang jika seseorang terus menerus bergaul dengan gawainya.

0

Roboguru

Dewasa ini banyak informasi dan berita palsu tersebar di dunia maya. Berita tersebut disebarkan oknum tidak bertanggung jawab. Istilah untuk menyebut informasi dan berita palsu adalah ...

Pembahasan Soal:

Perkembangan teknologi dewasa ini memudahkan seseorang dalam memperoleh informasi di dunia maya. Akan tetapi, tidak semua infromasi yang beredar di dunia internet adalah benar, terdapat informasi palsu yang tersebar atau biasa disebut dengan hoaks. Berita bohong atau berita palsu atau hoaks adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Hal ini tidak sama dengan rumor ataupun ilmu semu. Tujuan dari berita bohong adalah membuat masyarakat merasa tidak aman, tidak nyaman, dan kebingungan. Dalam kebingungan, masyarakat akan mengambil keptusan yang lemah, tidak meyakinkan, dan bahkan salah.

Dengan demikian, istilah untuk menyebut informasi atau berita palsu adalah hoaks.

0

Roboguru

Salah satu dampak negatif internet adalah digunakan untuk melakukan tindak kejahatan. Kejahatan tersebut dikenal dengan istilah ...

Pembahasan Soal:

Perkembangan intenet yang sangat pesat, membuka peluang adanya kejahatan di dunia maya atau biasa disebut dengan cyber crime. Kejahatan dunia maya atau cyber crime  adalah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan. Yang termasuk ke dalam kejahatan dunia maya antara lain adalah penipuan lelang secara daring, pemalsuan cek, penipuan kartu kredit/carding, confidence fraud, penipuan identitas, pornografi anak, violence, dan lain-lain.

Walaupun kejahatan dunia maya atau cyber crime umumnya mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer sebagai unsur utamanya, istilah ini juga digunakan untuk kegiatan kejahatan tradisional di mana komputer atau jaringan komputer digunakan untuk mempermudah atau memungkinkan kejahatan itu terjadi.

Dengan demikian, kejahatan di dunia maya disebut dengan cyber crime.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved