RoboguruRoboguru
SD

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad XVI mempermudah Bangsa-bangsa Barat untuk mendatangi tempat-tempat yang diinginkan dengan berbagai tujuan. Berikan 2 contoh untuk menjelaskan pernyataan tersebut!

Pertanyaan

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad XVI mempermudah Bangsa-bangsa Barat untuk mendatangi tempat-tempat yang diinginkan dengan berbagai tujuan. Berikan 2 contoh untuk menjelaskan pernyataan tersebut!space space space

  1. ...space space space

  2. ...space space space

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

contoh pengaruh perkembangan teknologi dalam mempermudah bangsa barat mengunjungi berbagai tempat, disebabkan karena ditemukannya kapal besar yang bisa mengarungi lautan bebas, dan adanya senjata bubuk mesiu yang memungkinkan bangsa Eropa menaklukkan bangsa-bangsa di benua lainnya.

Pembahasan

Terdapat dua hal perkembangan IPTEK bangsa Eropa yang melatarbelakangi penjelajahan samudra, yang bisa dijabarkan sebagai berikut:

  1. Perkembangan pengetahuan dan teknologi pelayaran, yang dapat dilihat dari kemampuan bangsa Eropa untuk membuat kapal dengan berbagai ukuran dan kemampuan dalam hal navigasi. Kapal yang dibuat oleh bangsa Eropa seperti caravel atau kapal penjelajah, nau atau kapal untuk muatan barang (kargo), dan galleon atau kapal perang. Awalnya bangsa Eropa hanya sanggup membuat caravel yang berukuran kecil, namun kemudian mereka dapat membuat kapal-kapal besar seperti nau dan galleon, yang membuat bangsa Eropa dapat mengirim ekspedisi ke laut luas untuk mengeksplor wilayah baru, mengangkut banyak muatan untuk dijual di pasar Eropa, hingga melindungi wilayah perdagangan mereka. Sementara kemampuan navigasi bangsa Eropa dapat dilihat dari penggunaan kompas dan astrolab seperti yang dilakukan oleh Vasco da Gama
  2. Perkembangan teknologi persenjataan, terutama senjata yang menggunakan bubuk mesiu seperti meriam dan arquebus. Senjata tersebut sangat efektif di masanya ketika digunakan untuk mengeksplorasi wilayah lain seperti di benua Amerika, Afrika, Asia, dan Australia, yang warga lokalnya masih mengandalkan senjata seperti pedang, tombak, dan panah.

Dengan demikian, contoh pengaruh perkembangan teknologi dalam mempermudah bangsa barat mengunjungi berbagai tempat, disebabkan karena ditemukannya kapal besar yang bisa mengarungi lautan bebas, dan adanya senjata bubuk mesiu yang memungkinkan bangsa Eropa menaklukkan bangsa-bangsa di benua lainnya.

711

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

I Mago Mundi (Keajaiban Dunia) sebagai salah satu dasar untuk mencari jalan menuju ke Asia ditulis oleh

674

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia