Roboguru

Perkembangan ilmu biologi dalam dunia kedokteran s...

Perkembangan ilmu biologi dalam dunia kedokteran semakin berkembang pesat. Khususnya untuk mengatasi penyembuhan berbagai macam penyakit pada manusia, seperti pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang, dan hati. Pernyataan di bawah ini yang paling tepat menggambarkan cabang ilmu biologi yang turut andil dalam proses tersebut adalah ....space 

  1. endokrinologi dan enzimologi karena mempelajari hormon dan enzimspace 

  2. histologi dan patologi karena mempelajari jaringan dan penyakitspace 

  3. genetika dan molekuler karena pewarisan sifat dan kajian biologi tingkat molekulspace 

  4. anatomi dan fisiologi karena mempelajari bagian dan fungsi kerja tubuhspace 

  5. sitologi dan organologi karena mempelajari tentang sel dan organspace 

Jawaban:

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan makhluk hidup. Cakupan biologi sangat luas sehingga diperlukan pembatasan bidang ilmu kajian dan dibentuklah sebuah cabang-cabang ilmu biologi. Anatomi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang susunan tubuh makhluk hidup bagian dalam, Fisiologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari fungsi alat-alat tubuh. Endokrinologi  merupakan ilmu yang mempelajari tentang sisitem endokrin (hormon) dalam tubuh, enzimologi merupakan merupakan ilmu yang mempelajari tentang enzim. Histologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jaringan tubuh. Patologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang suatu penyakit.

Berdasarkan soal di atas dikatakan bahwa untuk mengatasi penyembuhan berbagai macam penyakit pada manusia, seperti pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang, dan hati. Penyembuhan penyakit membutuhkan cabang ilmu biologi patologi. Sedangkan beberapa organ jantung, ginjal dan lain sebagainya dapat dilakukan dengan cabang ilmu biologi Organologi. Akan tetapi organ merupakan kumpulan dari jaringan yang bekerja secara bersama-sama. Oleh karena itu selain organologi, histologi juga diperlukan untuk meneliti beberapa organ.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved