Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perjalanan dari Bogor ke Cianjur Jawa Barat akan menjumpai jalan naik turun atau bergelombang. Konsep geografi yang digunakan untuk memahami fenomena tersebut adalah ...

Perjalanan dari Bogor ke Cianjur Jawa Barat akan menjumpai jalan naik turun atau bergelombang.

Konsep geografi yang digunakan untuk memahami fenomena tersebut adalah ...

  1. konsep aglomerasi

  2. konsep morfologi

  3. konsep pola

  4. konsep nilai kegunaan

  5. konsep diferensiasi area

Iklan

T. Dirgantara

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konsep aglomerasi adalahkecenderungan pengelompokan suatu gejala yang terkait dengan aktivitas manusia. Pengelompokkan ini dilakukan sebagai objek studi geografi. Morfologi adalah konsep yang menjelaskan mengenai struktur luar dari batu-batuan yang menyusun bentuk morfologi permukaan bumi. Konsep pola (pattern) . Pola adalahbentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Pola juga dapat diartikan sebagaitatanan geometris yang beraturan sebagai bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya. Konsep nilai kegunaan adalahmanfaat yang diberikan oleh suatu wilayah di muka bumi pada makhluk hidup, tidak akan sama pada semua orang. Tentu manfaat yang dihasilkan bersifat relatif, namun memiliki potensi untuk menunjang perkembangan suatu wilayah. Konsep diferensiasi areal secara umum adalah fenomena yang berbeda antara tempat yang satu dengan yang lain. Diferensiasi arealmembandingkan antara dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap wilayah memiliki karakteristik yang unik. Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat untuk perjalanan dari Bogor ke Cianjur yang bergelombang merupakan konsep morfologi karena pada soal terlihat jalan naik turun danbergelombang merupakan sebuah ciri dari wilayah yang memiliki morfologi pegunungan.

  • Konsep aglomerasi adalah kecenderungan pengelompokan suatu gejala yang terkait dengan aktivitas manusia. Pengelompokkan ini dilakukan sebagai objek studi geografi.
  • Morfologi adalah konsep yang menjelaskan mengenai struktur luar dari batu-batuan yang menyusun bentuk morfologi permukaan bumi.
  • Konsep pola (pattern). Pola adalah bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Pola juga dapat diartikan sebagai tatanan geometris yang beraturan sebagai bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya.
  • Konsep nilai kegunaan adalah manfaat yang diberikan oleh suatu wilayah di muka bumi pada makhluk hidup, tidak akan sama pada semua orang. Tentu manfaat yang dihasilkan bersifat relatif, namun memiliki potensi untuk menunjang perkembangan suatu wilayah.
  • Konsep diferensiasi areal secara umum adalah fenomena yang berbeda antara tempat yang satu dengan yang lain. Diferensiasi areal membandingkan antara dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap wilayah memiliki karakteristik yang unik.

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat untuk perjalanan dari Bogor ke Cianjur yang bergelombang merupakan konsep morfologi karena pada soal terlihat jalan naik turun dan bergelombang merupakan sebuah ciri dari wilayah yang memiliki morfologi pegunungan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

112

Kaisa Anjaani

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah wacana berikut! Danau Toba memegang posisi sebagai danau terluas di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau Toba juga memiliki daya tarik wisata dengan pulau besar di bagiantengahnya, yaitu Pula...

6

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia