Roboguru

Peristiwa yang terkenal dengan sebutan "Insiden Bendera" terjadi di...

Pertanyaan

Peristiwa yang terkenal dengan sebutan "Insiden Bendera" terjadi di...

  1. Jakarta 

  2. Surabaya 

  3. Bali 

  4. Bandung 

  5. Yogyakarta 

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 19 September 1945, rakyat Surabaya gaduh akibat berkibarnya bendera Belanda di atap Hotel Yamato. Tindakan provokasi ini lantas ditangani oleh Residen Soedriman bersama Sidik dan Hariyono untuk bertemu Ploegman. Namun alih-alih mendapatkan solusi, negosiasi itu berjalan buntu dan menuntun pada jalannya konflik. Hal ini dimulai ketika Ploegman mengacungkan pistol dan mengancam Residen Soedirman. Melihat hal ini, Hariyono pun bergegas melarikan Residen Soedirman keluar gedung. Sementara Sidik berhasil menghabisi Plegman hingga tewas. Namun naas Sidik pun nantinya gugur setelah mendapatkan serangan dari tentara Belanda. Selanjutnya peristiwa di Hotel Yamato itu semakin meluas hingga keluar. Hal ini ditandai dengan upaya Hariyono dan Koesno Wibowo yang hendak merobek bendera triwarna Belanda, agar terlihat sebagai bendera Merah Putih. Nantinya insiden ini memicu kesemrawutan di Surabaya yang berpuncak pada peristiwa 10 November 1945.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Azisy

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Siapa yang merobek bendera Belanda di Hotel Yamato?

Pembahasan Soal:

Kehadiran AFNEI atau Allied Forces Netherlands East Indies ke Indonesia ternyata menimbulkan masalah baru. Hal ini terjadi karena kedatangan AFNEI ini turut memboncengi NICA (Netherlands Indies Civil Administration) sehingga menimbulkan kekhawatiran bila Belanda berusaha untuk menduduki Indonesia kembali. Dampak dari hal ini tentunya menimbulkan bentrokan bersenjata dan permusuhan antara orang Inggris dan Belanda dengan para pemuda pejuang. Salah satu contoh yang terjadi ada di Surabaya, misalnya pada tanggal 19 September 1945 dimana terjadi Insiden Perobekan Bendera di Surabaya.

Insiden Perobekan Bendera di Surabaya bermula dari sikap orang-orang Belanda yang mengibarkan bendera Merah Putih Biru (bendera Belanda) di atas Hotel Yamato, Tunjungan, Surabaya. Peristiwa itu menimbulkan kemarahan rakyat Surabaya. Selanjutnya, rakyat Surabaya pun menyerbu Hotel Yamato itu. Bahkan, beberapa pemuda Indonesia dengan gagah berani naik di atas hotel untuk menyobek warna biru pada bendera Belanda sehingga tinggal warna merah dan putih yang merupakan bendera kebangsaan Indonesia. Menurut beberapa kesaksian, aksi heroik tersebut dilakukan oleh Kusno Wibowo yang dibantu Onny Manuhutu.

Dengan demikian, tokoh yang merobek bendera Belanda di Hotel Yamato adalah Kusno Wibowo dan Onny Manuhutu.

Roboguru

Insiden Bendera di Hotel Yamato, Surabaya disebabkan oleh ….

Pembahasan Soal:

Insiden Bendera di Hotel Yamato, di Surabaya terjadi pada tanggal 19 September 1945. Kejadiaan ini diawali oleh beberapa orang Belanda yang mengibarkan bendera Belanda (berwarna merah putih biru) di atap Hotel Yamato ketika Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya. Seharusnya yang berkibar adalah bendera Merah Putih Indonesia. Tindakan ini kemudian memicu amarah rakyat Surabaya. Rakyat kemudian menyerbu hotel, menurunkan bendera Belanda, dan merobek warna biru bendera itu untuk dikibarkan kembali, sehingga yang berkibar adalah bendera Indonesia (berwarna merah putih).

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan Insiden Bendera Yamato di Surabaya?

Pembahasan Soal:

Insiden Bendera di Hotel Yamato, di Surabaya terjadi pada tanggal 19 September 1945. Kejadiaan ini diawali oleh beberapa orang Belanda yang mengibarkan bendera Belanda (berwarna merah putih biru) di atap Hotel Yamato ketika Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya. Padahal, seharusnya yang berkibar adalah bendera Merah Putih Indonesia. Tindakan ini kemudian memicu amarah rakyat Surabaya. Rakyat kemudian menyerbu hotel, menurunkan bendera Belanda, dan merobek warna biru bendera itu untuk dikibarkan kembali, sehingga yang berkibar adalah bendera Indonesia (berwarna merah putih).

Jadi, Insiden Bendera Yamato di Surabaya adalah sebuah perjuangan heroik rakyat Surabaya yang tidak terima dengan pengibaran bendera Belanda di atap Hotel Yamato. Hal ini memicu amarah rakyat Surabaya sehingga mereka merobek bagian berwarna biru pada bendera tersebut sehingga berkibarlah bendera Merah Putih.

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan insiden bendera di Hotel Yamato Surabaya?

Pembahasan Soal:

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, bendera nasional Sang Merah Putih dikibarkan terus di seluruh wilayah Indonesia, gerakan pengibaran bendera tersebut makin meluas ke segenap pelosok kota Surabaya. Insiden Hotel Yamato adalah peristiwa perobekan bendera Belanda (Merah-Putih-Biru) menjadi bendera Indonesia (Merah-Putih) di Hotel Yamato Surabaya (sekarang Hotel Majapahit Surabaya) pada tanggal 10 November 1945 yang didahului oleh gagalnya perundingan antara Sudirman (residen Surabaya) dan Mr. W.V.Ch Ploegman untuk menurunkan bendera Belanda.

Dengan demikian, Insiden Hotel Yamato adalah peristiwa perobekan bendera Belanda menjadi bendera Indonesia di Hotel Yamato Surabaya.

Roboguru

Jelaskan peristiwa yang terjadi di Hotel Yamato!

Pembahasan Soal:

Insiden perobekan bendera Belanda (Merah-Putih-Biru) menjadi bendera Indonesia (Merah-Putih) di Hotel Yamato merupakan peristiwa heroik di Kota Surabaya pada tanggal 19 September 1945, peristiwa tersebut dilatarbelakangi oleh tindakan tentara Belanda (NICA) yang menaikan bendera Belanda dipuncak hotel Yamato, pengibaran bendera tersebut memunculkan kemarahan rakyat Surabaya, dan Belanda dinilai tidak menghargai kemerdekaan Indonesia . Jadi Insiden Bendera di Hotel Yamato merupakan peristiwa heroik yang terjadi di kota Surabaya

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved