Roboguru

Peristiwa utama yang terjadinya pertempuran Ambarawa adalah…

Pertanyaan

Peristiwa utama yang terjadinya pertempuran Ambarawa adalah…

  1.  Kedatangan Brigjen Bethel di Magelang

  2. Pembebasan Interniran Belanda oleh NICA di Magelang dan Ambarawa

  3. Diserbunya desa Jambu dan Ngipik oleh sekutu

  4. Diculiknya pemimpin di Magelang

  5. Gagalnya perundingan Soekarno dengan Brigjen Bethel

Pembahasan Soal:

Ambarawa adalah kota yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya antara kota Semarang dan Magelang, atau antara kota Semarang dan Solo. Pada 20 Oktober 1945, tentara sekutu di bawah pimpinan Brigadir Bethell mendarat di Semarang dengan maksud mengurus tawanan perang dan tentara Jepang yang berada di penjara Ambarawa dan Magelang. Kedatangan Sekutu ini mulanya disambut baik. Gubernur Jawa Tengah Mr. Wongsonegara bahkan menyepakati akan menyediakan bahan makanan serta bantuan lain yang di perlukan demi kelancaran tugas Sekutu. Sementara itu, pihak Sekutu berjanji tidak akan menganggu kedaulatan Republik Indonesia. Akan tetapi, NICA yang dibonceng pasukan Sekutu mempersenjatai para bekas tawanan tersebut. Hal ini menimbulkan kemarahan pihak Indonesia. Konflik bersenjata tidak dapat dihindar. Bermula di Magelang pada 26 Oktober, pertempuran berlanjut antara tentara Sekutu dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Pertempuran baru berhenti ketika Presiden Sukarno tiba di Magelang pada 2 November 1945. Ia kemudian melakukan pertemuan dengan Brigjen Bethell. Pertemuan tersebut menghasilkan sejumlah kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan pihak Sekutu. Berikut 3 dari 12 butir kesepakatan antara Indonesia dan Sekutu yaitu.

  1. Sekutu akan tetap menempatkan pasukannya di Magelang dalam rangka menyelesaikan tugas pokoknya, yaitu mengurus para tahanan, tetapi dengan jumlah yang terbatas.
  2. Jalan raya antara Magelang dan Semarang tetap terbuka bagi lalu lintas tentara Sekutu dan masyarakat Indonesia.
  3. Sekutu tidak akan mendukung aktivitas NICA dalam badan-badan yang berada di bawah kekuasannya.

Dalam kenyataannya, pihak Sekutu melanggar kesepakatan tersebut, salah satunya dengan menambah jumlah pasukannya di Magelang. Karena alasan tersebut, pada 20 November 1945, terjadi pertempuran antara TKR dan pasukan Sekutu di Ambarawa. Pasukan Sekutu yang berada di Magelang dikirim ke Ambarawa. Pasukan Sekutu yang berada di Magelang dikirim ke Ambarawa. Pasukan Sekutu menjatuhkan bom di desa-desa sekitar Ambarawa sehingga TKR terpaksa menarik pasukannya ke wilayah yang aman. Pada 21 November 1945, datang bantuan TKR dari Purwokerto dan juga dari Yogyakarta. Mereka mengepung Ambarawa dengan menduduki desa-desa di sekitar kota tersebut. Selanjutnya, pada 26 November 1945, pimpinan TKR dari Purwokerto Letnan Kolonen Isdiman gugur dalam pertempuran. Kedudukannya kemudian digantikan oleh atasannya langsung, yaitu Kolonel Soedirman. Kehadiran Soedirman memberikan napas baru kepada pasuka RI. Koordinasi diadakan di antara komando-komando sektor dan pengepungan terhadap musuh semakin ketat. Siasat yang diterapkan adalah serangan menduduki di semua sektor. Sementara itu, bala bantuan terus mengalir dari Yogyakarta., Solo dan Salatiga, Purwokerto, Magelang, Semarang dan lain-lain. Yakin bahwa posisi tentara Sekutu di dalam kota mulai terdesak, pada 12 Desember 1945, Soedirman memerintahkan untuk mengepung Ambarawa dari berbagai penjuru.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved