Roboguru

Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta merupakan peristiwa yang unik, artinya ...

Pertanyaan

Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta merupakan peristiwa yang unik, artinya ...

Pembahasan Soal:

Peristiwa sejarah memiliki tiga karakteristik utama, yakni unik, abadi, dan penting. Unik artinya hanya terjadi sekali dan tidak terulang kembali. Abadi artinya peristiwa yang tidak akan pernah berubah dan dikenang sepanjang masa. Sedangkan, penting yang artinya menjadi momentum dan bermakna bagi banyak orang. Salah satu contoh peristiwa sejarah adalah Serangan Umum 1 Maret 1949. Peristiwa tersebut mengandung tiga karakteristik utama yakni unik, abadi, dan penting. Sebab, Serangan Umum 1 Maret 1949 merupakan peristiwa yang sekali terjadi, selalu dikenang, dan bermakna dalam proses perjuangan kemerdekaan masyarakat Indonesia.

Dengan demikian, peristiwa 1 Maret 1949 merupakan peristiwa yang unik artinya hanya terjadi sekali sepanjang sejarah dan tidak akan terulang kembali.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peristiwa pada wacana tersebut bersifat unik, karena ...

Pembahasan Soal:

Sejarah yang dipahami sebagai peristiwa di masa lalu manusia tentu akan banyak sekali sejarah yang dialami oleh manusia. Oleh karena itu, tidak semua peristiwa di masa lalu manusia disebut sebagai sejarah, dalam arti peristiwa bersejarah.  Peristiwa di masa lalu, yang kemudian disebut sebagai peristiwa bersejarah memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 

  1. Abadi, dalam arti peristiwa di masa lalu itu tidak akan berubah dan tetap akan dikenang.
  2. Unik, yaitu peristiwa sejarah hanya terjadi satu kali dan tidak akan pernah terulang.
  3. Penting, dalam arti peristiwa sejarah itu adalah hal yang penting bagi hidup orang banyak dan sekaligus dapat dijadikan momentum bagi orang banyak. 

Dalam konteks wacana di atas, peristiwa sejarah yang dimaksud, yakni Madiun Affairs, bersifat unik karena peristiwa itu hanya terjadi satu kali, tepatnya pada 19 September 1948. Peristiwa tersebut tidak akan pernah terulang kembali baik secara waktunya, tokoh terlibat di dalamnya dan segala hal yang terkait dengan Peristiwa Madiun 1948. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah A.

Roboguru

Keterkaitan sejarah sebagai peristiwa dengan sejarah sebagai ilmu adalah ….

Pembahasan Soal:

Sejarah sebagai Peristiwa adalah suatu kejadian, aktualitas atau kebenaran yang telah terjadi pada kehidupan manusia di masa lampau. suatu peristiwa bisa dikatakan sebagai peristiwa sejarah, apabila memiliki empat syarat, yaitu abadi, unik, objektif, dan penting. Untuk membuktikan kebenaran bahwa suatu peristiwa terjadi di masa lalu, dapat melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian sejarah.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

Roboguru

Peristiwa sejarah disebut sebagai suatu peristiwa yang abadi, karena....

Pembahasan Soal:

Peristiwa sejarah itu abadi, sejarah  telah benar terjadi di masa lalu dan tidak berulang-ulang. Peristiwa bisa dikatakan penting kalau kejadiannya bisa mempengaruhi terjadinya kejadian atau peristiwa lain yang sekarang maupun terhadap kehidupan berikutnya. Contohnya adalah Proklamasi 17 Agustus 1945 yang menjadi hari kemerdekaan Indonesia, peristiwanya telah terjadi namun tetap dikenang dan dirayakan setiap tahun oleh bangsa Indonesia.

Dengan demikian jawabannya adalah E.

Roboguru

Arti istilah einmaligh adalah....

Pembahasan Soal:

Salah satu ciri sejarah sebagai peristiwa adalah unik. Peristiwa sejarah dapat dikatakan unik karena peristiwa tersebut einmaligh, yang artinya hanya satu kali terjadi. Tidak akan pernah ada peristiwa sejarah yang terulang kembali. Setiap peristiwa akan berbeda dengan peristiwa sebelumnya.

Roboguru

Objektif, penting, abadi, unik, dan berpengaruh besar merupakan ciri-ciri penting sejarah sebagai....

Pembahasan Soal:

Objektif, penting, abadi, unik, dan berpengaruh besar merupakan ciri-ciri penting sejarah sebagai peristiwa.

  • Objektif. Suatu peristiwa disebut sejarah jika didukung oleh fakta sejarah yang dapat menunjukkan bahwa peristiwa itu benar-benar terjadi atau res gestae.
  • Penting. Suatu peristiwa dianggap sejarah jika memiliki arti penting terhadap perkembangan ilmu pengetahuan serta terhadap kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.
  • Abadi. Suatu peristiwa dianggap sebagai sejarah jika peristiwa tersebut abadi. Artinya, peristiwa tersebut tidak berubah-ubah dan terus dikenang sepanjang masa.
  • Unik. Peristiwa sejarah dapat dikatakan unik karena peristiwa tersebut hanya satu kali terjadi (einmaligh). Tidak akan pernah ada peristiwa sejarah yang terulang kembali.
  • Berpengaruh besar. Suatu peristiwa dianggap sebagai sejarah jika peristiwa tersebut berpengaruh besar pada masanya dan masa-masa berikutnya.
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved