Roboguru

Peristiwa Rengasdengklok menjadi peristiwa yang memiliki keterkaitan terhadap pengumuman proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Peristiwa Rengasdengklok: Latar Belakang, Tokoh, Kronologi, dan Hasil", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/stori/read/2021/04/09/142323179/peristiwa-rengasdengklok-latar-belakang-tokoh-kronologi-dan-hasil?page=all. Penulis : Verelladevanka Adryamarthanino Editor : Nibras Nada Nailufar Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat: Android: https://bit.ly/3g85pkA iOS: https://apple.co/3hXWJ0L Berita tentang kekalahan Jepang diketahui sebagian golongan muda melalui siaran radio luar negeri. Sutan Syahrir selaku bagian dari golongan muda menyampaikan berita tersebut pada Mohammad Hatta dan menyarankan agar kemerdekaan Indonesia segera dilaksanakan, mengingat Jepang sudah kalah dalam Perang Dunia II. Sementara itu, Soekarno dan Mohammad Hatta selaku wakil dari golongan tua masih meragukan berita tersebut dan mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia mereka akan terlebih dahulu mendiskusikannya dalam rapat PPKI. Golongan muda pun tidak tinggal diam. Pada 16 Agustus 1945 dini hari, sejumlah pemuda seperti Soekarni, Wikana, dan Chaerul Saleh “menculik” Soekarno dan Mohammad Hatta ke Rengasdengklok. Adapun inti permasalahan yang melatarbelakangi terjadinya Peristiwa Rengasdengklok adalah ....

Pertanyaan

Peristiwa Rengasdengklok menjadi peristiwa yang memiliki keterkaitan terhadap pengumuman proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Peristiwa Rengasdengklok: Latar Belakang, Tokoh, Kronologi, dan Hasil", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/stori/read/2021/04/09/142323179/peristiwa-rengasdengklok-latar-belakang-tokoh-kronologi-dan-hasil?page=all.
Penulis : Verelladevanka Adryamarthanino
Editor : Nibras Nada Nailufar

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Berita tentang kekalahan Jepang diketahui sebagian golongan muda melalui siaran radio luar negeri. Sutan Syahrir selaku bagian dari golongan muda menyampaikan berita tersebut pada Mohammad Hatta dan menyarankan agar kemerdekaan Indonesia segera dilaksanakan, mengingat Jepang sudah kalah dalam Perang Dunia II. Sementara itu, Soekarno dan Mohammad Hatta selaku wakil dari golongan tua masih meragukan berita tersebut dan mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia mereka akan terlebih dahulu mendiskusikannya dalam rapat PPKI. Golongan muda pun tidak tinggal diam. Pada 16 Agustus 1945 dini hari, sejumlah pemuda seperti Soekarni, Wikana, dan Chaerul Saleh “menculik” Soekarno dan Mohammad Hatta ke Rengasdengklok.
Adapun inti permasalahan yang melatarbelakangi terjadinya Peristiwa Rengasdengklok adalah ....

  1. Soekarno Hatta dijanjikan posisi strategis jika proklamasi sesuai instruksi Jepang

  2. Golongan muda muak dengan janji kemerdekaan Jepang

  3. Perbedaan cara perjuangan golongan tua dan muda

  4. Konflik ideologi yang dianut Soekarno Hatta dengan Sukarni dan kawan-kawan

  5. Bagaimana pelaksanaan proklamasi kemerdekaan

Pembahasan Soal:

Peristiwa Rengasdengklok menjadi peristiwa yang memiliki keterkaitan terhadap pengumuman proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Kala itu, Indonesia sedang dijajah oleh Jepang karena ambisi Jepang yang ingin membangun imperium Asia Timur Raya pada masa Perang Dunia II. Dari peristiwa tersebut, Jepang mengalami kekalahan yang ternyata memberikan dampak besar pada Indonesia. Sejak saat itu, ketegangan pun mulai muncul antara golongan tua dan golongan muda.

Ketegangan di antara golongan tua dan golongan muda tersebut dilatarbelakangi oleh perbedaan pendapat mengenai cara perjuangan dalam mewujudkan proklamasi. Golongan tua ingin memproklamasikan Indonesia secara damai tanpa adanya pertumpahan darah, sedangkan golongan muda ingin cepat-cepat memproklamasikan indonesia karena golongan muda tidak ingin adanya campur tangan dari Jepang.sedangkan saat itu BPUPKI dan PPKI adalah pembentukan Jepang sendiri. Dengan alasan inilah golongan muda menculik Soekarno Hatta ke Rengasdengklok.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 27 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved