Roboguru

Peristiwa radiasi adaptif mungkin terjadi pada paruh burung Finch. SEBAB Lingkungan berpengaruh pada bentuk paruh burung Finch.

Pertanyaan

Peristiwa radiasi adaptif mungkin terjadi pada paruh burung Finch.

SEBAB

Lingkungan berpengaruh pada bentuk paruh burung Finch.space 

  1. Pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat.space 

  2. Pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat.space 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space 

  5. Pernyataan dan alasan, keduanya salah.space 

Pembahasan Soal:

Radiasi adaptif adalah populasi yang mengalami evolusi dan perubahan bentuk tubuh akibat responnya terhadap perubahan kondisi lingkungan yang berbeda. Burung Finch mengalaminya, yang awalnya dari Amerika pindah ke Kepulauan Galapagos untuk mencari makan. Burung Finch mengalami perubahan bentuk paruh, awalnya sebagai pemakan biji dan buah kemudian berevolusi menjadi bermacam struktur paruh.

Pernyataan benar dan alasan benar ada hubungan sebab akibat.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nadya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tahun 1926 Muller melakukan eksperimen terhadap lalat buah yang dipengaruhi sinar X. Hasil eksperimen memunculkan variasi fenotip yang tidak pernah dijumpai pada populasi liar, seperti individu tanpa ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan hasil eksperimen tersebut diperoleh fenotip lalat yang berbeda dari populasi liar. Hal ini terjadi akibat adanya paparan sinar X yang menstimulasi terjadinya mutasi pada gen-gen lalat buah sehingga menghasilkan fenotip baru yang berbeda dengan populasi sebelumnya. Hal ini disebabkan karena adanya struktur yang diubah akibat paparan sinar X. Hal tersebut menyebabkan kecacatan, yakni individu tanpa sayap dan bersayap melengkung. Hasil eksperimen memunculkan variasi fenotip yang tidak pernah dijumpai pada populasi liar. Akibatnya, lalat buah di alam tidak adaptif sehingga tidak lolos seleksi alam.

Roboguru

Munculnya ke-13 spesies burung finch Darwin di Kepulauan Galapagos merupakan contoh dari ....

Pembahasan Soal:

Persebaran burung finch dari Amerika Selatan ke kepulauan Galapagos tersebut merupakan contoh peristiwa radiasi adaptif. Radiasi adaptif adalah perStiwa menyebarnya organisme dan suatu daerah ke daerah-daerah lainnya karena mampu beradaptasi (menyesuaikan diri) dengan keadaan lingkungan daerah yang baru. Adaptasi yang dimaksud dapat berupa penyesuaian terhadap jenis makanan, suhu lingkungan, kelembapan, iklim, tanah, atau air. Spesies adaptif kemudian melakukan interhibridisasi (saling kawin dengan sesamanya) dan menghasilkan variasi baru yang memungkinkan terbentuknya spesies baru. Terbentuknya spesis baru yang jauh berbeda dengan spesies nenek moyangnya, akan menginisiasí terjadinya proses evolusi.

Roboguru

Dapatkah Anda menjelaskan mengapa pemakaian insektisida yang tidak teratur justru dapat meningkatkan serangan hama?

Pembahasan Soal:

Pemakaian insektisida yang tidak teratur menyebabkan terjadinya resistensi hama. Secara umum resistensi hama bisa diartikan sebagai salah satu fenomena perubahan hama. Biasanya dari hama yang tidak kebal terhadap pestisida menjadi didominasi hama yang kebal terhadap pestisida dalam sebuah area pertanian. Resistensi hama disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah efektivitas dari pestisida yang menurun, sehingga tidak mampu mencegah hama dan kurang tepat sasaran. Selain itu, faktor penyebab resistensi hama ini adalah karena daya tahan hama itu sendiri. Dengan adanya resistensi hama terhadap pestisida maka ledakan popolasi hama semakin meningkat.space 

Roboguru

Peristiwa menyebarnya suatu jenis organisme dari suatu daerah ke daerah lainnya karena kemampuannya beradaptasi terhadap lingkungannya yang baru disebut .....

Pembahasan Soal:

Radiasi evolusi adalah peningkatan keanekaragaman taksonomi yang disebabkan oleh peningkatan tingkat spesiasi, yang bisa dikaitkan dengan peningkatan perbedaan morfologi atau anatomi dari suatu mahluk hidup. Radiasi dapat memengaruhi satu atau banyak makhluk hidup dengan cepat atau secara bertahap. Adapun macam-macam radiasi pada soal, yaitu:

  1. Radiasi adaptif
    Peristiwa menyebarnya organisme dari suatu daerah ke daerah daerah  lainnya karena mampu beradaptasi dengan keadaan lingkungan daerah yang baru. Organisme tersebut dapat menyesuaikan diri terhadap jenis makanan, suhu lingkungan, kelembapan, iklim, tanah, atau air. Contoh dari peristiwa ini adalah burung Finch yang ditemukan di kepulauan Galapagos. Pada awalnya paruh burung Finch merupakan tipe pemakan biji, namun di Galapagos, biji-bijian sangat terbatas. Sehingga terjadi perubahan jenis makanan menjadi pemakan serangga besar dan serangga kecil, pemakan pucuk pohon, pemakan kaktus dan lain sebagainya sehingga secara perlahan paruh burung Finch berubah menyesuaikan makanannya.
     
  2. Radiasi divergensi
    Proses perubahan makhluk hidup yang menyebabkan perbedaan morfologi pada makhluk tersebut dengan garis keturunan yang lain. Divergensi ditemukan pada peristiwa terdapatnya lima jari pada vertebrata yang berasal dari nenek moyang yang sama dan sekarang dimiliki oleh bangsa primata dan manusia.
     
  3. Radiasi konvergensi
    Proses perubahan yang didasarkan pada adanya kesamaan struktur antara dua organ atau organisme pada garis sama dari nenek moyang yang sama. Contohnya dapat ditemukan pada hiu dan lumba-lumba. Ikan hiu dan lumba-lumba terlihat sama seperti organisme yang berkerabat dekat, tetapi ternyata hiu termasuk dalam pisces, sedangkan ikan lumba-lumba termasuk dalam mamalia.
     
  4. Radiasi radioaktif
    Peristiwa perubahan pada makhluk hidup yang disebabkan oleh terpapar zat-zat radio aktif. Contohnya yaitu radiasi sinar gamma, radiasi beta, radiasi alfa atau sinar-X.
     
  5. Adaptasi fisiologi 
    Proses penyesuaian metabolisme atau fungsi kerja organ makhluk hidup terhadap kondisi lingkungan sekitar. Contohnya adalah orang yang tinggal di pegunungan memiliki jumlah haemoglobin yang lebih banyak daripada orang pada biasanya.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined

Roboguru

Adaptasi merupakan salah satu mekanisme terjadinya evolusi. Berikut ini yang merupakan peristiwa adaptasi adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Contoh peristiwa adaptasi adalah penguin yang memiliki lapisan kulit tebal di bawah kulitnya. Hal ini disebabkan lingkungan penguin yang sangat dingin sehingga lapisan kulit ini digunakan sebagai penjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved