Roboguru

Peristiwa-peristiwa yang terjadi di antara dan oleh manusia, baik secara individual maupun secara berkelompok disebut…

Pertanyaan

Peristiwa-peristiwa yang terjadi di antara dan oleh manusia, baik secara individual maupun secara berkelompok disebut…  

  1. Interaksi sosial  

  2. Stratifikasi sosial  

  3. Hubungan sosial  

  4. Gejala sosial  

  5. Diversifikasi sosial  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Peristiwa-peristiwa yang terjadi di antara dan oleh manusia, baik secara individual maupun secara berkelompok disebut sebagai Gejala Sosial 

Jadi Jawaban yang tepat adalah D. Gejala Sosial.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kegiatan belajar oleh siswa di sekolah menurut Goffman dapat dijadikan contoh Analogi Dramaturgi. Goffman juga memecah jika dramaturgi diubah kedalam 2 kelompok yaitu front stage & back stage. Manakah...

Pembahasan Soal:

Front stage menurut Goffman adalah area yang akan menampilkan aksi-aksi yang sangat mengesankan dengan segala atribut yang melatar belakanginya. Dalam kasus penugasan membuat makalah di dalam soal, penampilan ketika siswa mempresentasikan makalahnya adalah bagian front stage. Hal ini disebabkan karena pada saat penyampaian presentasi dilakukan, siswa akan menyampaikannya dengan penampilan terbaik yang bertujuan agar membuat seisi kelas menjadi terkesan.

Maka, jawaban yang tepat adalah E.space space 

Roboguru

Perhatikanlah gambar berikut ini! Berdasarkan gambar di atas, identifikasikanlah bentuk-bentuk gejala sosial dalam masyarakat!

Pembahasan Soal:

Gejala sosial adalah sebuah fenomena yang muncul dan ditandai dengan adanya permasalahan sosial yang dapat memengaruhi atau dipengaruhi oleh individu dalam lingkungannya. Fenomena sosial tersebut bisa terjadi jika terdapat perubahan sosial dalam masyarakat. Pada gambar diatas dapat kita ketahui bahwa telah terjadi beberapa bentuk gejala sosial, seperti :

  1. Gejala sosial kenalakan remaja, hal ini terjadi akibat ditandai dengan adanya dua sifat yang saling berlawanan, yaitu sifat apatis dan ingin bertarung. Sikap apatis diwujudkan sebagai tindakan yang membabi buta yang disesuaikan dengan standar moral yang dimiliki oleh generasi yang lebih tua. Sementara itu, keinginan untuk bertarung terwujud sebagai suatu sikap radikalisme yang sangat berbahaya.
  2. Gejala sosial disorganisasi keluarga, bentuk disorganisasi keluarga yaitu keluarga yang tidak lengkap akibat dari perceraian, hubungan di luar nikah, krisis keluarga, komunikasi antar anggota keluarga yang buruk, gangguan mental, dan masalah keluarga lainnya. Anggota keluarga gagal untuk melakukan tanggung jawab sesuai perannya masing-masing. Hal ini dapat mengakibatkan anak memiliki perilaku menyimpang, seperti yang terlihat pada gambar diatas.
  3. Gejala Sosial Lingkungan, hal ini biasanya terjadi dikarenakan terdapat pada faktor lingkungan dan keadaan nyata pada sebuah kebudayaan tertentu.
  4. Gejala Sosial Moral, hal ini biasanya terjadi pada berabgai macam penyimpangan yang terdapat pada bagian budaya dan juga sopan santun.undefined 
Roboguru

Pernyataan yang tepat mengenai gejala sosial adalah ....

Pembahasan Soal:

Gejala sosial adalah suatu fenomena yang ditandai dengan timbulnya permasalahan sosial yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku setiap individu di dalam lingkungan kehidupannya. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Hampir setiap tahun gadget dari berbagai merek menampilkan berbagai fitur baru dalam produknya. Gejala sosial beberapa perkembangan gadget yang semakin cepat dapat berdampak negatif bagi masyarakat, y...

Pembahasan Soal:

Sifat konsumtif/konsumerisme ditandai dengan keinginan atau kepentingan yang tiada henti, dimana individu atau kelompok ingin menguasai dan berada dalam puncak keinginannya.Teknologi seperti handphone kini bukan hanya sebagai alat berkomunikasi tapi juga sebagai penampilan, gaya hidup dan  trend. Kemunculan teknologi ini perlahan lahan menghilangkan budaya masyarakat yang rukun dan selalu ramah perbincangannya karena pengaruh teknologi yang semakin canggih dari yang dekat terasa jauh dan yang jauh terasa dekat.space space 

Contoh yang sangat jelas adalah penggunaan gadget pada masyarakat Indonesia. Handphone/gadget menjadi kebutuhan primer yang wajib dimiliki tiap-tiap orang. Masyarakat semakin berlomba-lomba untuk mendapatkan gadget dengan berbagai cara, seperti berhutang dan credit card misalnya.space space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space space 

Roboguru

Catat beberapa gejala sosial yang paling penting dan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat !

Pembahasan Soal:

Gejala sosial merupakan suatu fenomena yang ditandai dengan timbulnya permasalahan sosial yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku setiap individu di dalam lingkungan kehidupannya. Dengan kata lain, setiap gejala ini menjadi dampak sekaligus penyebab dari gejala sosial lainnya.

Berikut ini merupakan contoh gejala sosial yang paling penting dan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat, antara lain :

  • Kesenjangan sosial dalam masyarakat
  • Pengangguran
  • Kenakalan remaja
  • Kemiskinan
  • Korupsi

space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved