Roboguru

Peristiwa mutasi akan mengakibatkan terjadinya per...

Peristiwa mutasi akan mengakibatkan terjadinya perubahan frekuensi gen, sehingga akan mempengaruhi fenotipe dan genotipe. Carilah informasi, 5 (lima) syarat agar frekuensi gen (alel dan genotipe) tetap seimbang!

Jawaban:

Setiap induk akan menurunkan gen-gen yang membawa sifat-sifat yang akan diwariskan kepada keturunannya. Gen ini bersifat stabil sehingga frekuensi dalam suatu populasi dari generasi ke generasi akan cenderung tetap. Akibatnya, frekuensi genotip dalam suatu populasi juga cenderung tetap. Berdasarkan hukum Hardy-Weinberg, frekuensi alel dan genotip populasi selalu konstan, jika memenuhi beberapa kondisi:

  1. Populasinya besar tidak terbatas, artinya jumlah anggota populasinya banyak
  2. Terisolasi dari populasi lain, terpisah dengan populasi yang lain sehingga kemungkinan terjadinya gen flow (aliran gen) karena perkawinan antar populasi tidak terjadi 
  3. Tidak ada seleksi alam, apabila semua individu mempunyai kemampuan hidup, tidak ada persaingan dalam mempertahankan hidup, maka dunia akan penuh dengan makhluk hidup yang beraneka macam jenisnya. Kenyataannya populasi makhluk hidup relatif stabil, berarti ada yang mati karena tidak dapat mempertahankan hidup atau populasinya makin menurun karena menurunnya kemampuan memperbanyak diri
  4. Perkawinan acak, di dalam suatu populasi setiap anggota di dalam populasi mempunyai kemungkinan yang sama untuk saling melakukan perkawinan. 
  5. Setiap individu dalam populasi mempunyai kemampuan hidup dan kemampuan reproduksi yang sama.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved