Iklan

Iklan

Pertanyaan

Peristiwa menguapnya air yang terkandung dalam tumbuhan pada siklus hidrologi disebut transpirasi. Proses transpirasi dipengaruhi oleh faktor...

Peristiwa menguapnya air yang terkandung dalam tumbuhan pada siklus hidrologi disebut transpirasi. Proses transpirasi dipengaruhi oleh faktor...

  1. jenis tanah

  2. kondisi awan

  3. zona perakaran

  4. kelembapan udara

  5. ketersediaan air tanah

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Faktor yang mempengaruhi transpirasi, yakni: Kelembaban tanah. Apabila tanahnya lembab, maka jumlah air yang diserap banyak sehingga laju transpirasi meningkat. Sebaliknya, bila kelembaban tanah kurang, maka laju transpirasi juga akan ikut menurun karena tidak banyak air yang diserap. Suhu lingkungan. Peningkatan suhu menggerakkan molekul air lebih cepat sehingga proses difusi juga meningkat. Akibatnya, laju transpirasi menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Kelembaban udara. Kelembaban udara yang tinggi dapat menghambat proses transpirasi karena uap air bergerak dari daerah yang lembab ke daerah yang lebih kering yang mengakibatkan laju transpirasi menjadi menurun. Sebaliknya, ketika kelembaban udara rendah, maka laju transpirasi akan meningkat karena kelembaban tumbuhan lebih tinggi. Efek Cahaya. Cahaya menyebabkan stomata terbuka untuk memasukkan karbondioksida yang berperan penting dalam metabolisme tumbuhan. Kecepatan Angin. Angin yang kencang ternyata dapat mempercepat pergerakan uap air sehingga meningkatkan laju transpirasi. Faktor internal pada tanaman . Faktor internal yang mempengaruhi transpirasi adalah luas permukaan daun, rasio akar-daun, dan struktur daun. Transpirasi juga sangat bergantung pada struktur daun, misalnya dalam hal ketebalan daun. Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah D.

Faktor yang mempengaruhi transpirasi, yakni:

  1. Kelembaban tanah. Apabila tanahnya lembab, maka jumlah air yang diserap banyak sehingga laju transpirasi meningkat. Sebaliknya, bila kelembaban tanah kurang, maka laju transpirasi juga akan ikut menurun karena tidak banyak air yang diserap.
  2. Suhu lingkungan. Peningkatan suhu menggerakkan molekul air lebih cepat sehingga proses difusi juga meningkat. Akibatnya, laju transpirasi menjadi lebih cepat dari sebelumnya.
  3. Kelembaban udara. Kelembaban udara yang tinggi dapat menghambat proses transpirasi karena uap air bergerak dari daerah yang lembab ke daerah yang lebih kering yang mengakibatkan laju transpirasi menjadi menurun. Sebaliknya, ketika kelembaban udara rendah, maka laju transpirasi akan meningkat karena kelembaban tumbuhan lebih tinggi.
  4. Efek Cahaya. Cahaya menyebabkan stomata terbuka untuk memasukkan karbondioksida yang berperan penting dalam metabolisme tumbuhan. 
  5. Kecepatan Angin. Angin yang kencang ternyata dapat mempercepat pergerakan uap air sehingga meningkatkan laju transpirasi.
  6. Faktor internal pada tanaman. Faktor internal yang mempengaruhi transpirasi adalah luas permukaan daun, rasio akar-daun, dan struktur daun. Transpirasi juga sangat bergantung pada struktur daun, misalnya dalam hal ketebalan daun.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

47

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Alat yang digunakan untuk menghitung laju evapotranspirasi adalah ….

20

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia