RoboguruRoboguru
SD

Peristiwa makan dan dimakan yang dilakukan oleh setiap makhluk hidup dalam suatu ekosistem memiliki pola tertentu. Perhatikan pola interaksi berikut! Jelaskan keadaan kedua ekosistem kebun dan ekosistem sawah, apabila populasi ular pada kedua ekosistem mengalami penurunan secara drastis karena diburu!

Pertanyaan

Peristiwa makan dan dimakan yang dilakukan oleh setiap makhluk hidup dalam suatu ekosistem memiliki pola tertentu. Perhatikan pola interaksi berikut!

Jelaskan keadaan kedua ekosistem kebun dan ekosistem sawah, apabila populasi ular pada kedua ekosistem mengalami penurunan secara drastis karena diburu! 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tidak akan terjadi ledakan populasi pada ekosistem kebun. 

Pembahasan

Berdasarkan gambar yang disajikan pada soal, Ular berperan sebagai konsumen tingkat II dan konsumen tingkat III, baik itu dalam ekosistem kebun maupun ekosistem sawah. Apabila populasi ular pada kedua ekosistem mengalami penurunan secara drastis karena diburu, maka keseimbangan ekosistem tersebut akan terganggu. Pada ekosistem sawah tidak stabil, karena akan terjadi ledakan populasi tikus dan katak. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya konsumen yang dapat menggantikan peran ular  untuk memangsa tikus dan katak. Sedangkan, pada ekosistem kebun dapat lebih stabil, karena peran ular dapat digantikan oleh musang sebagai hewan yang memangsa konsumen sebelumnya. Sehingga, tidak akan terjadi ledakan populasi pada ekosistem kebun. 

607

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Di suatu padang rumput hidup sekelompok kambing dan harimau. Jika predatornya sangat aktif, maka setelah terjadi penurunan konsumen primer akan terjadi....

9rb+

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia