Roboguru

Periodisasi adalah ...

Pertanyaan

Periodisasi adalah ...

  1. Cara untuk menandai perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah

  2. Cara untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya

  3. Dari masa ke masa

  4. Waktu yang terus bergerak

  5. Serangkaian peristiwa atau kejadian yang terjadi

Pembahasan Soal:

Periodisasi merupakan pembabakan atau pengelompokan waktu berdasarkan zaman. Menurut Kuntowijoyo, periodisasi dalam sejarah bertujuan untuk memudahkan pemahaman tentang perkembangan kehidupan manusia dari waktu ke waktu. Selain itu, periodisasi adalah cara untuk menandai perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah. Periodisasi sejarah Indonesia berawal dari zaman Praaksara hingga pasca Reformasi. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Periodisasi dalam penulisan sejarah sangat penting untuk dilakukan supaya….

Pembahasan Soal:

Periodisasi adalah pengelompokan peristiwa-peristiwa sejarah ke dalam suatu babak, masa, zaman atau periode tertentu berdasarkan ciri-ciri atau kriteria tertentu. Konsep periodisasi merupakan konsep penting dalam mempelajari sejarah dan sering disebut juga dengan berpikir kronologis. Periodisasi bertujuan untuk mempermudah dalam memahami setiap peristiwa yang terjadi dalam sejarah.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined

Roboguru

Tunjukkan perbedaan pengertian antara kronologi dan periodisasi?

Pembahasan Soal:

Periodisasi sejarah berarti pembabakan dalam sejarah berdasarkan kurun waktu yang panjang biasanya perabad atau zaman contohnya Zaman Hindu-Budha, Zaman Islam, Zaman Kolonial, sedangkan Kronologi sejarah diperlukan karena dalam peristiwa-peristiwa sejarah terdiri berbagai jenis dan bentuk yang berbeda. Setiap peristiwa perlu diklasifikasi berdasarkan jenis dan bentuk peristiwanya. Persitiwa-peristiwa yang telah diklasifikasikan itu lalu disusun secara runut berdasarkan waktu (biasanya range waktunya perhari atau perbulan) contoh Kronologi Peristiwa Rengasdengklok.

Dengan demikian perbedaan antara Priodisasi dan Kronologi terletak pada range waktunya (jenis waktunya)
 

Roboguru

Perhatikan data berikut ini! Zaman Islam Zaman Hindu-Buddha Zaman Penjajahan Belanda Zaman Pendudukan Jepang Zaman Praaksara Periodisasi yang berurutan berdasarkan data di atas ditunjukkan de...

Pembahasan Soal:

Periodisasi merupakan pembabakan waktu dalam sejarah. Dalam mempelajari sejarah, pembabakan waktu merupakan salah satu komponen yang terpenting. Dalam sejarah Indonesia terdapat pembabakan waktu, dimulai dari zaman pra-aksara/pra-sejarah, zaman Hindu-Buddha, zaman Islam, zaman penjajahan Belanda, zaman penjajahan Jepang, Revolusi Nasional, zaman Demokrasi Parlementer, zaman Demokrasi Terpimpin, zaman Orde Baru, hingga Reformasi.

Oleh karena itu, jawaban yang benara adalah D.

Roboguru

Dalam proses rekonstruksi peristiwa sejarah memunculkan kecenderungan subjektivitas. Kondisi tersebut dapat terjadi karena ....

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya peristiwa atau aktivitas manusia pada masa lampau telah lenyap ditelan waktu. Sebenarnya yang tersisa hanya tinggal cerita atau kisahnya. Cerita atau kisah aktivitas manusia pada masa lampau sering disebut rerum gestarum atau kisah dari peristiwa yang telah terjadi. Sejarah sebagai peristiwa merupakan hasil rekonstruksi (penggambaran) sejarawan terhadap suatu peristiwa. Rekonstruksi sesungguhnya berisi pandangan sejarawan terhadap suatu peristiwa. Oleh karena itu, sejarah tidak dapat lepas dari subjektivitas sejarawan karena pandangan pandangan sejarawan dalam mereknstruksi sebuah peristiwa dipengaruhi oleh latarbelakang sejarawan, situasi zaman (zeitgeist) dan lingkungan kebudayaan tempat sejarawan tinggal. Oleh karena itu, pandangan seorang sejarawan selalu mewakili ketiga aspek tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Sejarah sebagai peristiwa disebut juga sejarah sebagai?

Pembahasan Soal:

Sejarah merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau dengan dibuktikan berbagai fakta. Sejarah menyajikan penggambaran mengenai peristiwa-peristiwa masa lalu. Setelahnya, sejarah disusun secara ilmiah, kemudian diberi tafsiran, dan dianalisis secara kritis agar mudah dipahami dan dimengerti. Sejarah sering disebut sebagai sejarah objektif karena sejarah yang diangkat adalah peristiwa yang benar-benar terjadi tanpa dipengaruhi pemikiran seseorang.

Jadi, sejarah sebagai peristiwa disebut juga sejarah sebagai sejarah objektif. space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved