Roboguru

Periode zaman pergerakan nasional di Indonesia dalam buku Sejarah Nasional Indonesia terdapat dalam….

Pertanyaan

Periode zaman pergerakan nasional di Indonesia dalam buku Sejarah Nasional Indonesia terdapat dalam….

  1. Jilid I

  2. Jilid II

  3. Jilid III

  4. Jilid V

Pembahasan Soal:

Berdasarkan kesepakatan yang dicapai dalam Seminar Sejarah Nasional II di Yogyakarta pada tahun 1970 ditulis Buku Sejarah Nasional Indonesia (SNI) sehingga termasuk ke dalam historiografi nasional. Buku yang terdiri atas enam jilid dan mencakup rentang waktu periode Pra-Sejarah sampai periode Sejarah Kontemporer itu kemudian diterbitkan pada tahun 1975. Buku Sejarah Nasional Indonesia Jilid V ini berisi tentang Jaman Kebangkitan Nasional dan Masa Akhir Hindia Belanda (1900 - 1942).

Berdasarkan pernyataan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ciri-ciri historiografi Berisi sejarah orang besar dan sejarah politik Sudah mendapat komparasi/perbandingan sumber kolonial dan lokal Tidak hanya mengangkat sejarah orang-orang besar dan...

Pembahasan Soal:

Historiografi nasional hadir untuk melawan historiografi kolonial yang berfokus pada pandangan koloni melalui pencatatan eropa. Maka ciri utama historiografi Nasioanal adalah

  • Mengunakan sumber lokal seperti tradisi lisan maupun catatan dari tokoh nasional seperti Babad Diponegoro dalam penelitian sejarah Perang Jawa.
  • Tidak hanya mengangkat sejarah orang-orang besar dan negara saja, tetapi juga kemanusiaannya seperti karya Sartono Kartodirjo yang membahas pemberontakan petani banten yang didorong oleh keresahan masyarakat

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Salah satu alasan mengapa karya Muhammad Yamin berjudul 6000 Tahun Sang Merah Putih merupakan karya historiografi nasional adalah ....

Pembahasan Soal:

Buku berjudul 6000 Tahun Sang Merah Putih karya Muhammad Yamin diterbitkan tahun 1951. Dalam buku tersebut, Muhammad Yamin berusaha menyelidiki sejarah dan makna yang terkandung dalam bendera merah putih. Buku tersebut tergolong karya historiografi nasional karena cenderung mengagung-agungkan simbol kejayaan bangsa Indonesia yaitu sang merah putih. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pernyataan bahwa warna merah putih sudah lama menjadi simbol kebangsaan Indonesia, bahkan sangat diagung-agungkan sejak manusia purba.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Di bawah adalah contoh-contoh historiografi nasional, kecuali ...

Pembahasan Soal:

Historiografi nasional merupakan penulisan sejarah yang bersifat Indonesia sentris, dengan metodologi sejarah Indonesia dan pendekatan multidimensional. Jadi, penulisannya dilihat dari sisi kepentingan nasional. Historiografi pada masa Kemerdekaan disebut juga dengan historiografi Nasional merupakan historiografi yang memposisikan subjek dari historiografi adalah orang Indonesia asli. Ini Berbeda dengan corak historiografi kolonial, yang mana subjeknya adalah orang eropa, dan historiografi tradisional yang mana subjeknya adalah raja atau penguasa yang menempati suatu kerajaan. Contoh dari historiografi modern, yang dimulai pada masa kemerdekaan adalah:

  • Taufik Abdullah  dengan judul Islam dan Masyarakat
  • Sartono Kartodirdjo  dengan judul Pemberontakan Petani Banten
  • Cindy Adams dengan judul Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat
  • Benedict Anderson  dengan judul Revolusi Pemuda
  • Ir. Soekarno dengan judul Di bawah bendera revolusi
  • Tan Malaka dengan judul Naar De Republiek Indonesia.
  • R. Moh. Ali dengan judul Peranan Bangsa Indonesia dalam Sejarah Asia Tenggara

Ciri ciri umum penulisan sejarah pada masa kemerdekaan atau historiografi nasionaladalah:

  • Sebagian besar ditulis oleh bangsa sendiri dan dengan sudut pandang bangsa atau perspektif bangsa sendiri.
  • Sifatnya nasionalisme atau character and nation building, yakni mengagung-agungkan bangsa sendiri dan pembangun identitias nasional suatu bangsa.
  • Menggunakan metode sejarah yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah
  • Bersifat Kritis Historis, yakni menggunakan pendekatan multidimensional. Artinya historiografi modern mengambil ilmu-ilmu sosial lain, yang mempertajam kualitas sejarah dari aspek sosial, ekonomi, politik, dan budaya.
  • Pelaku Sejarah Luas dan Beragam, yang artinya pelakunya tidak hanya berasal dari tokoh nasional sebagai tokoh utama, tetapi juga golongan kecil seperti petani juga terlibat di dalamnya.
  • Indonesia sentris, yakni bersifat keindonesiaan

Dari pernyataan diatas, yang tidak termasuk Historiografi Nasional adalah Nusantara oleh Vlekke karena itu termasuk Historiografi Kolonial.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Historiografi Indonesia modern dimulai sejak diselenggarakannya Seminar Sejarah Nasional Indonesia di Kota...

Pembahasan Soal:

Penyusunan sejarah nasional merupakan sebuah keharusan dan kebutuhan setiap negara yang merdeka sebagai bentuk dari legitimasi politik, sosial, ekonomi, budaya, serta agama. Dalam hal ini, Indonesia sebagai sebuah negara yang berdaulat. Penyusunan sejarah nasional Indonesia telah menjadi perdebatan sejak diberlangsungkannya seminar sejarah pertama yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Pengadjaran, dan Kebudayaan yang diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia pada tanggal 14 sampai 18 Desember 1957 di Yogyakarta. Seminar ini diadakan dengan tujuan untuk mengumpulkan berbagai pendapat dan saran sebagai bahan dalam pertimbangan untuk menyusun sejarah nasional Indonesia secara ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan cuplikan sebuah tulisan berikut ini. Pada tahun 1653 ada seorang raja di Tanah Goa yang bernama Sultan Hasanuddin Adapun raja itu tiada mengindahkan Kompeni; orang Maluku yang durhaka kepa...

Pembahasan Soal:

Teks yang terdapat dalam soal merupakan contoh konkret dari historiografi nasional, karena ditulis berdasarkan sudut pandang bangsa Indonesia. Hal ini terlihat bagaimana penulis mendeskripsikan tokoh Sultan Hasanuddin yang anti terhadap kompeni (penjajah) serta menceritakan bahwa Sultan Hasanuddin akan memerangi siapapun yang bersahabat dengan Belanda. Selain itu, berdasarkan teks tersebut penulis menempatkan rakyat Indonesia sebagai pemeran utama dari sejarahnya sendiri.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved