Roboguru

Perilaku Danu menunjukkan bahwa ....

Pertanyaan

Perilaku Danu menunjukkan bahwa ....space space

  1. guru merupakan in group bagi Danuspace space

  2. pelatih bulu tangkis merupakan reference group bagi Danuspace space

  3. ayah merupakan reference group bagi Danuspace space

  4. kelompok atlet bulu tangkis dunia merupakan reference group bagi Danuspace space

  5. kelompok penonton pertandingan bulu tangkis merupakan in group bagi Danuspace space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah terkait dengan bentuk kelompok sosial menurut Robert K. Merton.

Kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Dalam kelompok sosial akan memiliki pola-pola interaksi dan memiliki nilai yang disepakati bersama. Biasanya dalam kelompok sosial ini terbentuk karena memiliki tujuan-tujuan tertentu dan juga untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Dalam kelompok sosial biasanya memiliki jenis-jenisnya, seperti pendapat dari salah satu tokoh sosiologi Robert K. Merton membagi kelompok menjadi membership group dan reference group:

  1. Membership group adalah kelompok di mana setiap orang secara fisik menjadi anggota dari kelompok tersebut. Ukuran utama keanggotaan seseorang pada kelompok adalah tingkat interaksinya dengan kelompok tersebut.
  2. Reference group adalah kelompok sosial yang menjadi acuan bagi seseorang secara psikologis sehingga dapat membentuk pribadi dan perilakunya.space space

Pada kasus Danu memiliki cita-cita sebagai atlet bulu tangkis dunia, sehingga Ia mengikuti klub bulu tangkis A kemudian mempelajari pertandingan bulu tangkis dunia. Hal tersebut menunjukkan bahwa kelompok atlet bulu tangkis dunia merupakan reference group bagi Danu.space spaceKarena keinginan dan cita-cita Danu membuat ada dorongan dalam diri Danu untuk semangat latihan dalam club bulutangkis untuk mewujudkan impiannya. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tania bercita-cita sebagai atlet renang. Oleh karena itu dia memutuskan bergabung dengan klub renang. Tania selalu mendengarkan nasihat dan arahan dari pelatih agar mampu mewujudkan cita-citanya. Tani...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan soal di atas yang harus digaris bawahi adalah Tania yang ingin bercita-cita sebagai atlet renang. Tania mengikuti semua arahan dari pelatih, karena Ia ingin sekali mahir berenang seperti pelatihnya. Dalam hal ini pelatih renang merupakan reference group bagi Tania, oleh karena itu berdasarkan ilustrasi pada soal pelatih renang menjadi daya tarik tania sebagai acuan, model atau penuntun Tania untuk mahir berenang dan mencapai cita-citanya sebagai atlet renang. Dapat dikatakan Tania mengidentifikasi dirinya untuk mahir seperti pelatih. Adapun menurut Kamus Sosiologi, Kelompok referensi (Referene group) merupakan kelompok yang memiliki model atau penuntun bagi keputusan dan tindakan seseorang.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Seorang remaja putus sekolah kemudian bergaya layaknya seorang anak yang bersekolah. Kelompok anak sekolah menjadi acuan dalam dirinya untuk berperilaku dan bertindak. Contoh tersebut dapat dikategori...

Pembahasan Soal:

Reference group (kelompok acuan) merupakan jenis kelompok sosial yang dijadikan acuan yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Kelompok acuan akan memberikan standart dan nilai yang akan mempengarui perilaku seseorang. Ilustrasi pada soal merupakan salah satu contoh reference group, seorang remaja putus sekolah yang menjadikan anak sekolah menjadikan dasar acuan bagi dirinya dalam bertingkah laku.

 

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan ilustrasi berikut!     Sejak bergabung dalam komunitas peduli lingkungan, Tasya menjadi pribadi yang lebih peduli terhadap lingkungan di sekitarnya. Ia gemar menyosialisasikan kegiatan pen...

Pembahasan Soal:

Kelompok referensi (reference group) merupakan kelompok yang menjadi model atau penuntun bagi keputusan dan tindakan seseorang. Kelompok referensi merupakan sekelompok orang yang secara nyata memengaruhi perilaku seseorang, baik secara langsung maupun tidak langsung. Seseorang yang bukan anggota dari kelompok referensi mengidentifikasi dirinya semirip mungkin dengan kelompok referensi, misalnya perilaku, gaya bicara, ataupun cara berpakaian. Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah D.  

1

Roboguru

Perhatikan ilustrasi di bawah ini! Amalia adalah anggota Partai Sentosa yang terpilih menjadi anggota komisi 4 DPR RI yang mengurus hukum dan HAM. Meski sudah bertugas di DPR, Amalia tetap terikat pa...

Pembahasan Soal:

Konsep reference group dan membership group disampaikan oleh Robert K. Merton. Merton menjelaskan references group sebagai kelompok yang dijadikan acuan seseorang untuk berperilaku dan bisa membentuk kepribadian diri. Dari soal di atas, Amalia adalah membership atau anggota dari Partai Sentosa. Kemudian, Partai Sentosa adalah reference group, kelompok sosial yang dijadikan acuan oleh Amalia membentuk kepribadian dan berperilaku. Sikap terlalu berpegang pada prinsip reference group dapat berdampak buruk, salah satunya keputusan Amalia mementingkan kebutuhan Partai Sentosa daripada keperluan rakyat yang harus diurus oleh anggota DPR seperti dirinya.

0

Roboguru

Di bawah ini yang termasuk dalam  bentuk kelompok formal adalah ….

Pembahasan Soal:

Kelompok formal merupakan kelompok yang memiliki aturan yang tegas, memiliki struktur organisasi dan administrasi yang pasti, yang sengaja dibentuk untuk mengatur hubungan antar anggota dalam kelompok. Contoh: sekolah, partai politik, organisasi.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E. space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved