Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan wacana berikut! Singapura menjadi investor terbesar di bidang pariwisata Indonesia. Dalam empat tahun terakhir, negeri dengan daratan seluas 722,5 km2 ini sudah mengucurkan dana sebesar Rp19.390,6 miliar untuk investasi pariwisata di Indonesia. Sebagian besar dana tersebut dialokasikan untuk pengembangan Belitung sebagai kawasan ramah untuk wisatawan asing. Pengembangan dilakukan di bidang infrastruktur, seperti bandar udara dan pelabuhan. Sumber: hnps://tinyurl.com/Sdbw967j, diakses 31 Maret 2021 Pengembangan kawasan wisata pada wacana dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Akan tetapi, kondisi tersebut dapat berpotensi menimbulkan permasalahan di bidang politik, yaitu ...

Perhatikan wacana berikut! 


Singapura menjadi investor terbesar di bidang pariwisata Indonesia. Dalam empat tahun terakhir, negeri dengan daratan seluas 722,5 km2 ini sudah mengucurkan dana sebesar Rp19.390,6 miliar untuk investasi pariwisata di Indonesia. Sebagian besar dana tersebut dialokasikan untuk pengembangan Belitung sebagai kawasan ramah untuk wisatawan asing. Pengembangan dilakukan di bidang infrastruktur, seperti bandar udara dan pelabuhan. 
Sumber: hnps://tinyurl.com/Sdbw967j, diakses 31 Maret 2021


Pengembangan kawasan wisata pada wacana dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Akan tetapi, kondisi tersebut dapat berpotensi menimbulkan permasalahan di bidang politik, yaitu ...

  1. nilai-nilai kearifan lokal memudar 

  2. penduduk asli beralih mata pencarian 

  3. kebiasaan masyarakat cenderung materialistis 

  4. kepedulian masyarakat terhadap kelestarian alam menurun 

  5. kebijakan pembangunan tidak mementingkan kondisi masyarakat 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah E.

jawaban yang benar adalah E.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang benar adalah E. Permasalahan politik akibat pengaruh pembangunan suatu negara atau wilayah berkaitan dengan birokrasi, kebijakan pemerintah, dan proses pembangunan. Permasalahan politik di tingkat lokal pada umumnya tidak terlepas dari pengambilan kebij akan pembangunan yang timpang. Sebagai contoh, terkait kebijakan pembangunan melalui kerja sama investor asing atau industri transnasional. Pemerintah daerah cenderung melindungi properti dan keuntungan perusahaan asing daripada hak-hak masyarakat lokal. Akibatnya terjadi ketimpangan sosial karena hak-hak masyarakat lokal tidak terpenuhi. Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat diketahui bahwa pembangunan yang dilakukan demi menciptakan kawasan wisata ramah turis asing dengan berbagai infrastuktur demi memperoleh keuntungan ekonomis tidak selamanya berdasarkan aspirasi masyarakat. Sebaliknya, justru hal tersebut ditujukan untuk memperoleh keuntungan dari perusahaan dan pada akhirnya kebijakakan pembangunan tidak lagi mementingkan kondisi masyarakat. Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Jawaban yang benar adalah E.

Permasalahan politik akibat pengaruh pembangunan suatu negara atau wilayah berkaitan dengan birokrasi, kebijakan pemerintah, dan proses pembangunan. Permasalahan politik di tingkat lokal pada umumnya tidak terlepas dari pengambilan kebij akan pembangunan yang timpang. Sebagai contoh, terkait kebijakan pembangunan melalui kerja sama investor asing atau industri transnasional. Pemerintah daerah cenderung melindungi properti dan keuntungan perusahaan asing daripada hak-hak masyarakat lokal. Akibatnya terjadi ketimpangan sosial karena hak-hak masyarakat lokal tidak terpenuhi.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat diketahui bahwa pembangunan yang dilakukan demi menciptakan kawasan wisata ramah turis asing dengan berbagai infrastuktur demi memperoleh keuntungan ekonomis tidak selamanya berdasarkan aspirasi masyarakat. Sebaliknya, justru hal tersebut ditujukan untuk memperoleh keuntungan dari perusahaan dan pada akhirnya kebijakakan pembangunan tidak lagi mementingkan kondisi masyarakat.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Latihan Bab

Pengertian dan Syarat Terjadinya Modernisasi

Karakteristik Modernisasi dan Ciri-ciri Masyarakat Modern

Gejala-gejala dan Permasalahan Akibat Modernisasi

Konsep Kilat

640

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Modernisasi sering mengakibatkan rusaknya lingkungan alam. Berikut yang termasuk penyebab pencemaran udara adalah...

10rb+

4.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia