Roboguru

Perhatikan wacana berikut!     Berdasarkan wacana tersebut, faktor yang menyebabkan ketidakpercayaan beberapa kalangan pada masa itu adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan wacana berikut!undefined 

space space space space  

Berdasarkan wacana tersebut, faktor yang menyebabkan ketidakpercayaan beberapa kalangan pada masa itu adalah ....undefined 

  1. B.J. Habibie merupakan wakil presiden pada masa kekuasaan Soehartoundefined 

  2. B.J. Habibie tidak memiliki kecakapan memimpin pemerintahan

  3. B.J. Habibie bukan termasuk tokoh penggerak reformasiundefined 

  4. B.J. Habibie tidak mampu menyelesaikan konflik Timor Timurundefined 

  5. B.J. Habibie tidak memiliki dukungan partai politikundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Periode keempat, Soeharto akhirnya menyerah pada tuntutan rakyat yang menghendaki dia tidak menjadi Presiden lagi, namun tampaknya tak semudah itu reformasi dimenangkan oleh rakyat Indonesia karena ia meninggalkan kursi kepresidenan dengan menyerahkan secara sepihak tampuk kedaulatan rakyat begitu saja kepada Habibie. Ini mengundang perdebatan hukum dan penolakan dari masyarakat. Bahkan dengan tegas sebagian besar mahasiswa menyatakan bahwa Habibie bukan Presiden Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Masa pemerintahan B.J. Habibie hanya berlangsung selama 1 tahun 5 bulan, yaitu dari ..

Pembahasan Soal:

Presiden Habibie resmi dilantik sebagai presiden setelah Suharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Dasar hukum pengangkatan Habibie adalah TAP MPR No. VII/MPR/1973. Masa pemerintahan Habibie sebagai presiden hanya berlangsung 1 tahun 5 bulan, mulai dari 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999. Hal tersebut terjadi karena penolakan pertanggungjawaban Presiden Habibie dalam Sidang MPR melalui proses voting.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Masa Reformasi berusaha untuk membangun kehidupan yang demokratis SEBAB Hal ini dibuuktikan dengan dikeluarkannya TAP MPR RI Nomor XII tentang Pembatasan Masa Jabatan Presiden

Pembahasan Soal:

Peryataan benar karena pada masa Reformasi berusaha untuk membangun kehidupan yang demokratis, dengan berbagai macam perubahan dalam pemilu.

Alasan benar, Hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya TAP MPR RI Nomor XII tentang Pembatasan Masa Jabatan Presiden, yang menjadi salah satu bentuk perubahan sistem demokrasi di Indonesia pada masa reformasi  

0

Roboguru

Sebutkan langkah-langkah yang diambil B. J. Habibie untuk memenuhi tuntutan reformasi!

Pembahasan Soal:

Presiden B.J. Habibie adalah presiden ketiga dalam sejarah Indonesia. Masa pemerintahannya cenderung singkat, yaitu sejak tahun 1998 hingga 1999. Beberapa langkah-langkah yang diambil B. J. Habibie untuk memenuhi tuntutan reformasi diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pembentukan kabinet.
  2. Perubahan kehidupan politik nasional.
  3. Mengurangi peran ABRI dalam sosial politik.
  4. Perbaikan ekonomi.
  5. Mengadakan pemilihan umum.

Jadi, langkah-langkah yang diambil B.J. Habibie untuk memenuhi tuntutan reformasi adalah pembentukan kabinet, perubahan kehidupan politik, mengurangi peran ABRI, dan lain-lain.

0

Roboguru

Setelah Suharto turun kemudian digantikan BJ Habibie, aksi demo mahasiswa dan pelajar terus berlanjut. Alasan demo mereka adalah...

Pembahasan Soal:

Pada masa Orde Baru, perekonomian dan pembangunan infrastruktur Indonesia berkembang pesat. Dibarengi dengan praktek korupsi yang merajalela. Pemerintahan dengan struktur yang terpusat pada kekuasaan. Puncaknya rakyat sudah tidak percaya dan menuntut pengunduran diri presiden. Kamis, 21 Mei 1998, Presiden Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya. Wakil presiden B.J Habibie, naik menggantikan jatuhnya Soeharto. Masa pemerintahan B.J. Habibie hanya berlangsung 16 bulan, dimulai pada 21 Mei 1998-20 Oktober 1999. Penyebab lengsernya B.J. Habibie adalah karena Habibie mewarisi negara yang sedang kacau, yaitu maraknya kerusuhan dan disintegrasi bangsa. Pengangkatan B.J. Habibie menjadi presiden banyak menimbulkan kontroversi. Kesalahan fatal mengenai lepasnya wilayah Timor Timur (Timor Leste). Pada akhirnya terjadi krisis kepercayaan publik yang menganggap Habibie masih bagian dari Orde Baru.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah A.

 

0

Roboguru

Tiga bidang yang menjadi poin penting dari pidato B.J. Habibie guna menjawab tuntutan reformasi adalah....

Pembahasan Soal:

Dalam pidato pertamanya pada tanggal 21 Mei 1998, malam harinya setelah dilantik sebagai Presiden, pukul.19.30 WIB di Istana Merdeka yang disiarkan langsung melalui RRI dan TVRI, B.J. Habibie menyatakan tekadnya untuk melaksanakan reformasi. Pidato tersebut bisa dikatakan merupakan visi kepemimpinan B.J. Habibie guna menjawab tuntutan Reformasi secara cepat dan tepat. Beberapa point penting dari pidatonya tersebut adalah kabinetnya akan menyiapkan proses reformasi di ketiga bidang yaitu. 

  1. Di bidang politik antara lain dengan memperbarui berbagai perundangundangan dalam rangka lebih meningkatkan kualitas kehidupan berpolitik yang bernuansa pada PEMILU sebagaimana yang diamanatkan oleh Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). 
  2. Di bidang hukum antara lain meninjau kembali Undang-Undang Subversi. 
  3. Di bidang ekonomi dengan mempercepat penyelesaian undangundang yang menghilangkan praktik-praktik monopoli dan persaingan tidak sehat.

Dengan demikian bidang yang menjadi poin penting guna menjawab tuntutan reformasi adalah bidang politik, bidang hukum dan bidang ekonomi. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved