Roboguru

Perhatikan uraian berikut ini! Pembangunan bandara Kulon Progo masih menjadi kontroversi bukan tanpa sebab. Beberapa pengamat lingkungan menilai bahwa pembangunan bandara di Kabupaten Kulon Progo ini, rentan terhadap bencana alam dan kerusakan lingkungan hidup. Pembangunan tersebut berdampak pada keadilan sosial masyarakat setempat, yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Selain mendapat uang ganti rugi, mereka yang direlokasi ini, juga mendapatkan tempat tinggal baru yang terbilang cukup bagus. Tapi, pada akhirnya, sebagian besar dari mereka, hidup dalam kondisi yang konsumtif, yakni dengan mengandalkan uang penjualan tanah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pembangunan bandara di Kulon Progo ini memang dinilai pemerintah dapat mendukung pariwisata bagi daerah tersebut dan dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Permasalahan yang menjadi sebuah bentuk ketimpangan sosial dapat diidentifikasi dengan adanya....

Pertanyaan

Perhatikan uraian berikut ini!

Pembangunan bandara Kulon Progo masih menjadi kontroversi bukan tanpa sebab. Beberapa pengamat lingkungan menilai bahwa pembangunan bandara di Kabupaten Kulon Progo ini, rentan terhadap bencana alam dan kerusakan lingkungan hidup. Pembangunan tersebut berdampak pada keadilan sosial masyarakat setempat, yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Selain mendapat uang ganti rugi, mereka yang direlokasi ini, juga mendapatkan tempat tinggal baru yang terbilang cukup bagus. Tapi, pada akhirnya, sebagian besar dari mereka, hidup dalam kondisi yang konsumtif, yakni dengan mengandalkan uang penjualan tanah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pembangunan bandara di Kulon Progo ini memang dinilai pemerintah dapat mendukung pariwisata bagi daerah tersebut dan dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Permasalahan yang menjadi sebuah bentuk ketimpangan sosial dapat diidentifikasi dengan adanya....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Dari soal tersebut mengarah kepada faktor penyebab ketimpangan sosial di masyarakat. Jika melihat ilustrasi kasus pada soal, maka dapat dilihat bahwa ketimpangan sosial dapat diidentifikasi dengan adanya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dengan alasan memajukan pariwisata tanpa melihat aspek sosial lain sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan, bencana alam, hingga tingginya tingkat pengangguran di masyarakat.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved