Pertanyaan

Perhatikan unsur-unsur iklim dan cuaca berikut! Curah hujan tinggi Intensitas sinar matahari tinggi Temperature 25°C -30°C Pengaruh kondisi iklim di atas bagi kehidupan manusia dalam bidang ekonomi adalah ....

Perhatikan unsur-unsur iklim dan cuaca berikut!

  1. Curah hujan tinggi
  2. Intensitas sinar matahari tinggi
  3. Temperature 25°C -30°C

Pengaruh kondisi iklim di atas bagi kehidupan manusia dalam bidang ekonomi adalah ....

  1. peningkatan aktivitas pertanian sawah  

  2. peningkatan aktivitas pertanian perkebunan  

  3. peningkatan aktivitas perikanan laut  

  4. peningkatan aktivitas pariwisata alam  

  5. peningkatan aktivitas tambak garam  

T. Dirgantara

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah A.

jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan

Indonesia yang memiliki iklim memiliki pengaruh keunggulan terhadap kegiatan ekonomi. Berikut keunggulan dari iklim muson tropis: Adanya hujan yang cukup (curah hujan tidak terlalu besar) Kondisi suhunya normal, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin Adanya musim hujan dan kemarau. Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ciri iklim tropis sendiri adalah suhu udara yang tinggi sepanjang tahun, yaitu sekitar 27 derajat celsius. Di daerah tropis tidak ada perubahan yang jauh antara musim dingin dan musim panas. Kondisi itu membuat manusia melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun dengan memprediksi dan mengatur waktu yang tepat. Sebagai contoh, petani akan melakukan produksi dengan menanam padi sepanjang tahun. Kemudian hasilnya akan digiling menjadi beras dan didistribusikan kepada konsumen. Musim hujan biasanya terjadi pada bulan Oktober-Maret, sedangkan musim kemarau terjadi pada April-September. Pada musim hujan, petani mulai mengerjakan lahannya untuk bercocok tanam, sementara nelayan mengurangi kegiatan melaut. Karena biasanya musim hujan sering terjadi cuaca buruk dan gelombang laut. Pada musim kemarau, sebagian petani terpaksa membiarkan lahannya tidak ditanami. Karena tidak ada pasokan air, sementara nelayan dapat mencari ikan di laut tanpa banyak terganggu cuaca buruk. Dalam buku Metode Klasifikasi Iklim di Indonesia (2019) karya Ariffin, di Negara Indonesia tergolong negara tropis yang dalam satu tahun terjadi pergantian dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Dampaknya, Indonesia memiliki tanah yang subur karena pergantuan musim yang berulang secara teratur. Kondisi itu yang membuat sebagian besar masyarakat Indonesia bekerja sebagai petani dan nelayan. Pengaruh kondisi iklim di atas bagi kehidupan manusia dalam bidang ekonomi adalah untuk peningkatan aktivitas pertanian sawah. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Indonesia yang memiliki iklim memiliki pengaruh keunggulan terhadap kegiatan ekonomi. Berikut keunggulan dari iklim muson tropis: Adanya hujan yang cukup (curah hujan tidak terlalu besar) Kondisi suhunya normal, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin Adanya musim hujan dan kemarau. Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ciri iklim tropis sendiri adalah suhu udara yang tinggi sepanjang tahun, yaitu sekitar 27 derajat celsius. Di daerah tropis tidak ada perubahan yang jauh antara musim dingin dan musim panas. Kondisi itu membuat manusia melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun dengan memprediksi dan mengatur waktu yang tepat. Sebagai contoh, petani akan melakukan produksi dengan menanam padi sepanjang tahun. Kemudian hasilnya akan digiling menjadi beras dan didistribusikan kepada konsumen. Musim hujan biasanya terjadi pada bulan Oktober-Maret, sedangkan musim kemarau terjadi pada April-September. Pada musim hujan, petani mulai mengerjakan lahannya untuk bercocok tanam, sementara nelayan mengurangi kegiatan melaut. Karena biasanya musim hujan sering terjadi cuaca buruk dan gelombang laut. Pada musim kemarau, sebagian petani terpaksa membiarkan lahannya tidak ditanami. Karena tidak ada pasokan air, sementara nelayan dapat mencari ikan di laut tanpa banyak terganggu cuaca buruk. Dalam buku Metode Klasifikasi Iklim di Indonesia (2019) karya Ariffin, di Negara Indonesia tergolong negara tropis yang dalam satu tahun terjadi pergantian dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Dampaknya, Indonesia memiliki tanah yang subur karena pergantuan musim yang berulang secara teratur. Kondisi itu yang membuat sebagian besar masyarakat Indonesia bekerja sebagai petani dan nelayan. Pengaruh kondisi iklim di atas bagi kehidupan manusia dalam bidang ekonomi adalah untuk peningkatan aktivitas pertanian sawah.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

395

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Keadaan udara pada suatu tempat dan pada daerah yang sempit disebut…

11rb+

4.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia