Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks prosedur berikut! Cara Menggunakan Blender Pada zaman yang sudah modern saat ini, blender sudah menjadi salah satu alat dapur yang harus dimiliki oleh ibu-ibu. Hal ini dikarenakan blender bisa memudahkan pekerjaan tanpa perlu memakan waktu seperti halnya cara manual. Sebelum adanya blender, Anda harus kesulitan karena harus menumbuk bumbu. Dengan adanya blender, Anda tinggal memencet tombol saja maka pekerjaan membuat bumbu bisa selesai dengan waktu sekejap. Sebelum menggunakan blender, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan, seperti bahan-bahan yang akan diblender. Ada berbagai macam bahan yang dapat diblender, misalnya buah-buahan, cabai, bawang, tomat, atau bumbu dapur lainnya. Langkah selanjutnya dalam mempersiapkan penggunaan blender adalah menyiapkan mangkuk bleder yang sesuai. Mangkuk besar biasanya dipakai untuk memblender bahan-bahan yang basah, seperti buah-buahan, sedangkan mangkuk kecil untuk memblender bahan kering, seperti lada atau kemiri. Setelah mempersiapkan penggunaan blender, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menggunakan blender, yaitu sebagai berikut. Pertama, pasang mangkuk blender di atas dudukannya dengan tepat, kemudian tancapkan kabel pada stopkontak. …. Apabila bahan sudah halus, matikan blender dengan menekan tombol OFF. Nah, itu tadi langkah-langkah menggunakan blender dengan tepat. Walau langkahnya sederhana, tahapan ini harus dilakukan berurutan. Untuk menjaga agar blender yang kita miliki awet dan dapat dipakai dalam jangka waktu lama, selalu cuci blender setelah digunakan dan simpan jika blender sudah mengering. Kalimat rumpang yang terdapat pada bagian langkah-langkah dapat diisi dengan kalimat …

Perhatikan teks prosedur berikut!

Cara Menggunakan Blender

    Pada zaman yang sudah modern saat ini, blender sudah menjadi salah satu alat dapur yang harus dimiliki oleh ibu-ibu. Hal ini dikarenakan blender bisa memudahkan pekerjaan tanpa perlu memakan waktu seperti halnya cara manual. Sebelum adanya blender, Anda harus kesulitan karena harus menumbuk bumbu. Dengan adanya blender, Anda tinggal memencet tombol saja maka pekerjaan membuat bumbu bisa selesai dengan waktu sekejap.
    Sebelum menggunakan blender, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan, seperti bahan-bahan yang akan diblender. Ada berbagai macam bahan yang dapat diblender, misalnya buah-buahan, cabai, bawang, tomat, atau bumbu dapur lainnya. Langkah selanjutnya dalam mempersiapkan penggunaan blender adalah menyiapkan mangkuk bleder yang sesuai. Mangkuk besar biasanya dipakai untuk memblender bahan-bahan yang basah, seperti buah-buahan, sedangkan mangkuk kecil untuk memblender bahan kering, seperti lada atau kemiri.
    Setelah mempersiapkan penggunaan blender, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menggunakan blender, yaitu sebagai berikut.

  1. Pertama, pasang mangkuk blender di atas dudukannya dengan tepat, kemudian tancapkan kabel pada stopkontak.
  2. ….
  3. Apabila bahan sudah halus, matikan blender dengan menekan tombol OFF.

    Nah, itu tadi langkah-langkah menggunakan blender dengan tepat. Walau langkahnya sederhana, tahapan ini harus dilakukan berurutan. Untuk menjaga agar blender yang kita miliki awet dan dapat dipakai dalam jangka waktu lama, selalu cuci blender setelah digunakan dan simpan jika blender sudah mengering.

Kalimat rumpang yang terdapat pada bagian langkah-langkah dapat diisi dengan kalimat …undefined 

  1. Terakhir, cabut kabel blender jika tidak digunakan.undefined 

  2. Masukkan bahan-bahan yang akan diblender, lalu tekan tombol yang bertuliskan ON.undefined 

  3. Kemudian, buka blender dari kardusnya.undefined 

  4. Tuang hasil yang telah diblender ke dalam mangkuk.undefined 

  5. Jangan menyalakan tombol ON jika tidak digunakan.undefined 

Iklan

D. Zharva

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Iklan

Pembahasan

Teks yang terdapat pada soal merupakan jenis teks prosedur. Untuk mengisi kalimat rumpang, perhatikan kalimat sebelum dan sesudahnya. Kalimat sebelumnya berisi tentang menancapkan kabel blender ke stop kontak , maka kalimat setelah itu adalah memasukkan bahan-bahan ke dalam blender dan menyalakan tombol ON . Sementara, kalimat yang terdapat pada pilihan jawaban A, C, D, dan E tidak sesuai jika dimasukkan ke dalam urutan kedua pada langkah menggunakan blender. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B .

Teks yang terdapat pada soal merupakan jenis teks prosedur. Untuk mengisi kalimat rumpang, perhatikan kalimat sebelum dan sesudahnya. Kalimat sebelumnya berisi tentang menancapkan kabel blender ke stop kontak, maka kalimat setelah itu adalah memasukkan bahan-bahan ke dalam blender dan menyalakan tombol ON.

Sementara, kalimat yang terdapat pada pilihan jawaban A, C, D, dan E tidak sesuai jika dimasukkan ke dalam urutan kedua pada langkah menggunakan blender. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Teks Prosedur

Ciri dan Struktur Teks Prosedur

Kebahasaan Teks Prosedur

Membuat Teks Prosedur

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

678

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kalimat-kalimat berikut! Masak sambil diaduk sampai mendidih! Tambahkan air asam jawa! Aduk rata! Tata potongan kentang, tahu, tempe, daun selada, ketimun, taoge, dan kol di piring...

150

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia