Roboguru
SD

Perhatikan teks persuasi berikut untuk menjawab soal nomor 2 sampai 4!       Sudah bukan rahasia lagi, minat baca masyarakat Indonesia memang masih tergolong rendah. Bahkan, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Programme for International Student Assessment (PISA), budaya literasi di Indonesia menempati urutan ke-64 dari 65 negara yang disurvei. Faktanya, banyak hal yang menjadikan orang-orang malas membaca, mulai dari belum terbiasa hingga sarana membaca yang minim.       Padahal, membaca memiliki banyak dampak positif. Mengutip hasil sebuah penelitian ilmiah, membaca mampu memperkuat kesehatan otak karena membaca melibatkan jaringan dan sinyal rumit di dalam otak. Selain itu, membaca juga dapat meredakan stres serta meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan kecerdasan. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan, membaca dapat meningkatkan harapan hidup. Mereka yang hobi membaca dapat hidup dua tahun lebih lama dibandingkan mereka yang tidak membaca sama sekali.       Memulai hobi membaca dapat dilakukan dengan membuat jadwal rutin membaca buku dan mencari rekomendasi buku yang sesuai dengan keinginan. Dengan demikian, membaca buku diharapkan akan menjadi kebiasaan sehingga setiap orang bisa merasakan dampak positifnya. Mari budayakan membaca! Simpulan yang paling tepat untuk teks persuasi di atas adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan teks persuasi berikut untuk menjawab soal nomor 2 sampai 4!

      Sudah bukan rahasia lagi, minat baca masyarakat Indonesia memang masih tergolong rendah. Bahkan, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Programme for International Student Assessment (PISA), budaya literasi di Indonesia menempati urutan ke-64 dari 65 negara yang disurvei. Faktanya, banyak hal yang menjadikan orang-orang malas membaca, mulai dari belum terbiasa hingga sarana membaca yang minim.

      Padahal, membaca memiliki banyak dampak positif. Mengutip hasil sebuah penelitian ilmiah, membaca mampu memperkuat kesehatan otak karena membaca melibatkan jaringan dan sinyal rumit di dalam otak. Selain itu, membaca juga dapat meredakan stres serta meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan kecerdasan. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan, membaca dapat meningkatkan harapan hidup. Mereka yang hobi membaca dapat hidup dua tahun lebih lama dibandingkan mereka yang tidak membaca sama sekali.

      Memulai hobi membaca dapat dilakukan dengan membuat jadwal rutin membaca buku dan mencari rekomendasi buku yang sesuai dengan keinginan. Dengan demikian, membaca buku diharapkan akan menjadi kebiasaan sehingga setiap orang bisa merasakan dampak positifnya. Mari budayakan membaca!

Simpulan yang paling tepat untuk teks persuasi di atas adalah ...

  1. Minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh PISA, budaya literasi di Indonesia menempati urutan ke-64 dari 65 negara yang disurvei.

  2. Membaca memiliki banyak dampak positif, yaitu memperkuat kesehatan otak, meredakan stres, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kecerdasan, dan meningkatkan harapan hidup.

  3. Memulai hobi membaca dapat dilakukan dengan membuat jadwal rutin membaca buku dan mencari rekomendasi buku yang sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, mari budayakan membaca!

  4. Minat baca masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Padahal, membaca memiliki banyak dampak positif. Oleh karena itu, membaca seharusnya dijadikan kebiasaan oleh setiap orang.

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

membaca seharusnya dijadikan kebiasaan oleh setiap orang. Simpulan tersebut memuat bagian-bagian penting dari paragraf pertama, kedua, dan ketiga. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Menyimpulkan teks persuasi dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

  • Membaca keseluruhan isi teks persuasi.
  • Mencatat bagian-bagian logis antarbagian teks.
  • Memahami hubungan logis antarbagian teks.
  • Merumuskan simpulan isi teks secara ringkas dan jelas.

Simpulan yang paling tepat untuk teks persuasi di atas adalah Minat baca masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Padahal, membaca memiliki banyak dampak positif. Oleh karena itu, membaca seharusnya dijadikan kebiasaan oleh setiap orang. Simpulan tersebut memuat bagian-bagian penting dari paragraf pertama, kedua, dan ketiga. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

234

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Dalam menyimpulkan teks persuasi, hal yang perlu dilakukan setelah mencatat bagian penting dari teks adalah ….

183

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia