Perhatikan teks eksposisi berikut dengan saksama.     Mendengarkan musik merupakan kegiatan yang menyenangkan, bahkan sering menjadi hobi para remaja dan dewasa muda saat ini. Mereka pada umumnya menggunakan alat pendengar (earphone) saat mendengarkan lagu-lagu kesukaannya, tidak jarang hal tersebut dilakukan selama beberapa lama dan dengan volume suara yang keras. Jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus, telinga kita akan mengalami gangguan pendengaran, bahkan ketulian. Berdasarkan teks tersebut, tentukan hal-hal berikut. a. Gagasan utama paragraf. b. Simpulan isi paragraf.

Pertanyaan

Perhatikan teks eksposisi berikut dengan saksama.


    Mendengarkan musik merupakan kegiatan yang menyenangkan, bahkan sering menjadi hobi para remaja dan dewasa muda saat ini. Mereka pada umumnya menggunakan alat pendengar (earphone) saat mendengarkan lagu-lagu kesukaannya, tidak jarang hal tersebut dilakukan selama beberapa lama dan dengan volume suara yang keras. Jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus, telinga kita akan mengalami gangguan pendengaran, bahkan ketulian.


Berdasarkan teks tersebut, tentukan hal-hal berikut.


a. Gagasan utama paragraf.

b. Simpulan isi paragraf.undefined

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

simpulan isi paragraf yang tepat adalah "hobi mendengarkan musik dengan menggunakan earphone dalam jangka waktu lama dan volume keras dapat menyebabkan gangguan pendengaran".undefined

Pembahasan

Teks eksposisi adalah karangan berisi pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, jelas, dan disertai pendapat (argumenta) penulisnya.

a. Gagasan utama paragraf.

Gagasan pokok atau gagasan utama dalam teks eksposisi adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Ada beberapa jenis pola pengembangan suatu paragraf dalam teks eksposisi yaitu:

  1. Paragraf Umum-Khusus (Deduktif) dikembangkan dengan memosisikan gagasan utama pada kalimat utama yang terletak di awal paragraf, kemudian diikuti beberapa gagasan penjelas (kalimat penjelas).
  2. Paragraf Khusus-Umum (lnduktif) dikembangkan dengan cara menguraikan data empiris berupa fakta, bukti, atau alasan sebagai gagasan penjelas pada awal paragraf dan diakhiri kesimpulan berisi gagasan utama pada bagian akhir.
  3. Paragraf Campuran dikembangkan dengan memosisikan gagasan utama pada kalimat utama di awal paragraf yang diikuti dengan beberapa gagasan penjelas (kalimat penjelas), kemudian gagasan utama ditegaskan kembali pada akhir paragraf.

Pada teks di atas, kalimat utama letaknya menyebar. Kalimat pertama memiliki gagasan utama  bahwa "mendengarkan musik merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menjadi hobi". Kalimat kedua yang memberi tambahan keterangan bahwa "mendengar musik sekarang dilakukan menggunakan earphone dan dalam jangka waktu lama" merupakan penjelas kalimat pertama. Kalimat ketiga yang berisi "dampak dari hobi mendengar musik menggunakan earphone dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan ketulian" merupakan penegas gagasan utama. Maka, paragraf diatas dikembangkan dengan pola Paragraf Campuran.

Dengan demikian, gagasan utama pragaraf yang tepat adalah "hobi mendengarkan musik dengan menggunakan earphone dalam jangka waktu lama dan volume keras dapat menyebabkan gangguan pendengaran".


b. Simpulan isi paragraf.

Simpulan isi paragraf pada teks eksposisi dirumuskan ke dalam kalimat yang ringkas dan padat, tetapi mewakili gagasan utama pada setiap paragraf. Ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan agar dapat menyimpulkan isi teks eksposisi dengan benar, yaitu:

  1. Perhatikan judul teks agar dapat mengetahui isi paragarf secara umum.
  2. Temukan gagasan utama setiap paragraf yang terletak di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), atau di awal dan di akhir paragraf (campuran).
  3. Rangkailah gagasan utama setiap paragraf dengan menggunakan kalimat yang ringkas dan sederhana, tetapi tidak mengubah makna dari isi teks tersebut.

Dengan demikian, simpulan isi paragraf yang tepat adalah "hobi mendengarkan musik dengan menggunakan earphone dalam jangka waktu lama dan volume keras dapat menyebabkan gangguan pendengaran".undefined

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Di manakah letak gagasan utama pada suatu bacaan?

894

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia