Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal! Kemiskinan merupakan suatu keadaan yang menunjukkan tingkat pendapatan masyarakat berada di taraf rendah, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok. Kemiskinan terjadi di seluruh dunia dan banyak negara berkembang yang mempunyai masalah ini. Kemiskinan terjadi karena beberapa faktor, di antaranya yaitu keterbatasan kelengkapan pendidikan, musibah, perbudakan, perilaku konsumtif, bahkan keadaan struktur sosial juga dapat menjadi faktor penyebabnya. Di balik itu semua, sudah banyak usaha yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi kemiskinan, antara lain yaitu meningkatkan upah minimum kerja, memperluas lapangan pekerjaan, menyediakan fasilitas pendidikan gratis, dan membangun tempat tinggal dengan harga terjangkau. Namun, hal itu harus didukung dengan perilaku masyarakat yang kondusif, sehingga kerjasama masyarakat dan pemerintah dapat mengatasi kemiskinan. Dengan demikian, pemerintah dan masyarakat dapat bersama-sama bersinergi untuk mengentaskan kemiskinan dan menciptakan keadaan yang lebih sejahtera untuk semua lapisan masyarakat. Fenomena yang dibahas dalam teks di atas adalah ….

Perhatikan teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal!

     Kemiskinan merupakan suatu keadaan yang menunjukkan tingkat pendapatan masyarakat berada di taraf rendah, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok. Kemiskinan terjadi di seluruh dunia dan banyak negara berkembang yang mempunyai masalah ini. Kemiskinan terjadi karena beberapa faktor, di antaranya yaitu keterbatasan kelengkapan pendidikan, musibah, perbudakan, perilaku konsumtif, bahkan keadaan struktur sosial juga dapat menjadi faktor penyebabnya.

     Di balik itu semua, sudah banyak usaha yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi kemiskinan, antara lain yaitu meningkatkan upah minimum kerja, memperluas lapangan pekerjaan, menyediakan fasilitas pendidikan gratis, dan membangun tempat tinggal dengan harga terjangkau. Namun, hal itu harus didukung dengan perilaku masyarakat yang kondusif, sehingga kerjasama masyarakat dan pemerintah dapat mengatasi kemiskinan. Dengan demikian, pemerintah dan masyarakat dapat bersama-sama bersinergi untuk mengentaskan kemiskinan dan menciptakan keadaan yang lebih sejahtera untuk semua lapisan masyarakat.

 

Fenomena yang dibahas dalam teks di atas adalah ….

  1. fenomena yang umum terjadi di tengah masyarakat

  2. fenomena yang berhubungan dengan kebudayaan

  3. fenomena yang biasanya dianggap kurang menarik

  4. fenomena yang jarang dibahas oleh penulis teks eksplanasi

Iklan

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Teks eksplanasi di atas tergolong teks eksplanasi tentang fenomena sosial. Sebab, fenomena yang dibahas dalam teks tersebut adalah kemiskinan. Kemiskinan merupakan fenomena sosial atau fenomena yang umum terjadi di tengah masyarakat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Teks eksplanasi di atas tergolong teks eksplanasi tentang fenomena sosial. Sebab, fenomena yang dibahas dalam teks tersebut adalah kemiskinan. Kemiskinan merupakan fenomena sosial atau fenomena yang umum terjadi di tengah masyarakat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

48

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal! Tsunami adalah gelombang laut besar yang datang dengan cepat dan tiba-tiba menerjang kawasan pantai. Terjadinya tsunami diawali oleh adanya g...

231

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia