Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks eksplanasi berikut! Pada permulaan Juli 1826, Belanda mengulangi serangannya ke Daksa lagi. Oleh Pangeran Diponegoro, Daksa telah dikosongkan terlebih dahulu. Sewaktu tentara Belanda kembali dari Daksa untuk menuju ke Yogyakarta, dengan tiba-tiba, dihadang dan dibinasakan oleh pasukan pangeran Diponegoro dari tempat persembunyiannya. Setelah mendapat kemenangan itu, pasukan Pangeran Diponegoro dengan secepat kilat menghilang dari Daksa. Beberapa bulan setelah mendapat kemenangan itu, atas anjuran Kyai Mojo, Pangeran Diponegoro mengadakan penyerangan besar terhadap daerah Surakarta. Pada bulan Oktober 1926, pasukan Pangeran Diponegoro menyerang Belanda di Gawok dan mendapat kemenangan yang gemilang. Akan tetapi, Pangeran Diponegoro terluka. Teks di atas dikembangkan dengan pola pengembangan ….

Perhatikan teks eksplanasi berikut!

Pada permulaan Juli 1826, Belanda mengulangi serangannya ke Daksa lagi. Oleh Pangeran Diponegoro, Daksa telah dikosongkan terlebih dahulu. Sewaktu tentara Belanda kembali dari Daksa untuk menuju ke Yogyakarta, dengan tiba-tiba, dihadang dan dibinasakan oleh pasukan pangeran Diponegoro dari tempat persembunyiannya. Setelah mendapat kemenangan itu, pasukan Pangeran Diponegoro dengan secepat kilat  menghilang dari Daksa. Beberapa bulan setelah mendapat kemenangan itu, atas anjuran Kyai Mojo, Pangeran Diponegoro mengadakan penyerangan besar terhadap daerah Surakarta. Pada bulan Oktober 1926, pasukan Pangeran Diponegoro menyerang Belanda di Gawok dan mendapat kemenangan yang gemilang. Akan tetapi, Pangeran Diponegoro terluka.

 

Teks di atas dikembangkan dengan pola pengembangan ….

  1. kausalitas

  2. kronologis

  3. persuasi

  4. argumentasi

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Terdapat dua pola pengembangan teks eksplanasi, yaitu pola pengembangan kronologis atau proses dan pola pengembangan kausalitas. Teks eksplanasi di atas dikembangkan dengan pola pengembangan kronologis. Dapat dikatakan demikian karena peristiwa yang ada di dalamnya dijelaskan secara kronologis atau sesuai urutan waktu. Urutan tersebut dapat terlihat dari frasa permulaan Juli 1826, beberapa bulan setelah mendapat kemenangan itu, dan pada bulan Oktober 1926. Frasa-frasa tersebut menunjukkan bahwa peristiwa yang dibahas dalam teks eksplanasi di atas dijelaskan secara berurutan, dari peristiwa paling terdahulu hingga peristiwa terbaru. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Terdapat dua pola pengembangan teks eksplanasi, yaitu pola pengembangan kronologis atau proses dan pola pengembangan kausalitas. Teks eksplanasi di atas dikembangkan dengan pola pengembangan kronologis. Dapat dikatakan demikian karena peristiwa yang ada di dalamnya dijelaskan secara kronologis atau sesuai urutan waktu. Urutan tersebut dapat terlihat dari frasa

  • permulaan Juli 1826,
  • beberapa bulan setelah mendapat kemenangan itu, dan
  • pada bulan Oktober 1926.

Frasa-frasa tersebut menunjukkan bahwa peristiwa yang dibahas dalam teks eksplanasi di atas dijelaskan secara berurutan, dari peristiwa paling terdahulu hingga peristiwa terbaru. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksplanasi

Kebahasaan Teks Eksplanasi

Menganalisis Teks Eksplanasi

Menyusun Teks Eksplanasi

613

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam pola pengembangan kronologis, peristiwa yang disajikan dijelaskan secara ….

168

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia