Roboguru
SD

Perhatikan teks berikut!     Ulu, seekor katak hijau, sedang berdiri di pinggir kolam. Hari itu, langit sangat gelap dan hari seperti itulah yang Ulu sukai. Tidak lama kemudian, air mulai menetes perlahan-lahan dari angkasa.      "Hujan telah tiba!" Ulu berteriak dengan girang. Ulu pun mulai bersenandung sambil melompat-lompat mengitari kolam. Ia melihat semut yang kecil sedang berteduh di balik bunga matahari. Dalam cuplikan itu, unsur cerita yang dominan adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut!


    Ulu, seekor katak hijau, sedang berdiri di pinggir kolam. Hari itu, langit sangat gelap dan hari seperti itulah yang Ulu sukai. Tidak lama kemudian, air mulai menetes perlahan-lahan dari angkasa. 
    "Hujan telah tiba!" Ulu berteriak dengan girang. Ulu pun mulai bersenandung sambil melompat-lompat mengitari kolam. Ia melihat semut yang kecil sedang berteduh di balik bunga matahari.


Dalam cuplikan itu, unsur cerita yang dominan adalah ....undefined 

  1. tema dan amanatundefined 

  2. penokohan dan latarundefined 

  3. alur dan amanatundefined 

  4. gaya bahasa dan penokohanundefined 

M. Rani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan

Unsur intrinsik fabel terdiri dari tema, alur, penokohan, latar, dan amanat. Dalam kutipan di atas, unsur yang dominan adalah penokohan dan latar. Unsur latar tempat yaitu di pinggir kolam dapat dibuktikan dengan kutipan "...sedang berdiri di pinggir kolam." Selain itu, terdapat juga unsur latar suasana bahagia yang dapat dibuktikan dengan kutipan "Hujan telah tiba!" Ulu berteriak dengan girang. Unsur penokohan dapat dilihat pada tokoh Ulu yang memiliki watak suka bersanandung dan ceria. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kutipan   "Hujan telah tiba!" Ulu berteriak dengan girang. Ulu pun mulai bersenandung sambil melompat-lompat mengitari kolam. Jadi, unsur yang dominan dalam kutipan teks tersebut adalah penokohan dan latar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

971

5.0 (2 rating)

Revata Lim

Makasih ❤️ Ini yang aku cari! Bantu banget

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut!     "Hujan telah tiba!" Ulu berteriak dengan girang. Ulu pun mulai bersenandung sambil melompat-lompat mengitari kolam. Ia melihat semut yang kecil sedang berteduh d...

549

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia