Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut! Setiap hewan memiliki kemampuan berkembang biak. Dengan berkembang biak, hewan dapat melestarikan jenisnya. Ada beberapa cara hewan berkembang biakHewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovipar, misalnya ayam dan burung. Selain bertelur, ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan disebut Vivipar. Sapi, kucing, dan gajah adalah contoh hewan vivipar. Ternyata, adahewan yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan, misalnyaular. Beberapa jenis ular tidak selamanya melahirkan anaknya, masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telurnya. Perkembangbiakan seperti ini dikatakan bertelur dan melahirkan (ovovivipar). Ide pokok yang tepat untuk mengisi tabeldi atas adalah ….

Perhatikan teks berikut!

     Setiap hewan memiliki kemampuan berkembang biak. Dengan berkembang biak, hewan dapat melestarikan jenisnya. Ada beberapa cara hewan berkembang biak Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovipar, misalnya ayam dan burung. Selain bertelur, ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan disebut Vivipar. Sapi, kucing, dan gajah adalah contoh hewan vivipar.

     Ternyata, ada hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan, misalnya ular. Beberapa jenis ular tidak selamanya melahirkan anaknya, masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telurnya. Perkembangbiakan seperti ini dikatakan bertelur dan melahirkan (ovovivipar). 

Ide pokok yang tepat untuk mengisi tabel di atas adalah ….space 

  1. perkembangbiakan pada hewanspace 

  2. perkembangbiakan hewan secara melahirkanspace 

  3. perkembangbiakan hewan secara bertelurspace 

  4. perkembangbiakan hewan secara ovoviviparspace 

Iklan

C. Tri

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space 

Iklan

Pembahasan

Pada tabel di atas, bagian yang kosong adalah bagian ide pokok paragraf kedua. Jadi, bagian tersebut diisi dengan ide pokok pada paragraf kedua. Paragraf kedua membahas hewan yang dapat bertelur sekaligus melahirnya sehingga ide pokok pada paragraf kedua adalah perkembangbiakan pada hewan ovovivipar karena kalimat pelengkapnya membahas mengenai hewan yang berkembang biak secara bertelur dan melahirkan (ovovivipar). Berdasarkan penjelasan tersebut, ide pokok pada paragraf kedua adalah perkembangbiakan pada hewan ovovivipar . Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D .

Pada tabel di atas, bagian yang kosong adalah bagian ide pokok paragraf kedua. Jadi, bagian tersebut diisi dengan ide pokok pada paragraf kedua.

Paragraf kedua membahas hewan yang dapat bertelur sekaligus melahirnya sehingga ide pokok pada paragraf kedua adalah perkembangbiakan pada hewan ovovivipar karena kalimat pelengkapnya membahas mengenai hewan yang berkembang biak secara bertelur dan melahirkan (ovovivipar).

Berdasarkan penjelasan tersebut,  ide pokok pada paragraf kedua adalah perkembangbiakan pada hewan ovovivipar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

Latihan Bab

Tema 1 Subtema 1: Tumbuhan Sahabatku

Tema 1 Subtema 2: Hewan Sahabatku

Tema 1 Subtema 3: Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

253

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut! Setiap Hewan memiliki kemampuan berkembangbiak. Dengan berkembangbiak hewan dapat melestarikan jenisnya. Tahukah kamu bagaimana cara hewan berkembang biak? Hewan yang berke...

428

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia