Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut Sekian banyak OTT yang dilakukan KPK tampaknya belum membuat malu dan jera penerima dan pemberi suap. Vonis pengadilan tipikor atas sekian banyak narapidana korupsi belum membuat takut orang. Pemberitaan masif korupsi di negeri ini juga akhirnya dianggap biasa dan seperti tidak memengaruhi perilaku pejabat publik. Oleh karena itu, KPK perlu mencari terobosan modus operasi untuk meningkatkan efek jera dan menekah korupsi. 1) KPK dianggap belum mampu menjangkau kasus-kasus korupsi politik yang melibatkan para petinggi negeri. 2) Kasus-kasus besar mandek dan terkesan menjadi alat penyanderaan politik. 3) KPK seperti menghadapi tembok tebal yang tidak bisa ditembus. 4) Independensi, keberanian dan kapasitas para komisioner KPK pun dipertanyakan. 5) Kesan inilah yang kemudian membuat banyak koruptor seperti merasa tidak bersalah. Disadur dari: https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/82891 I kenapa-ott-kpk,tak-juga-membuat-jera, diunduh 18 Maret 2020 Teks tersebut merupakan struktur teks editorial bagian ....

Perhatikan teks berikut


    Sekian banyak OTT yang dilakukan KPK tampaknya belum membuat malu dan jera penerima dan pemberi suap. Vonis pengadilan tipikor atas sekian banyak narapidana korupsi belum membuat takut orang. Pemberitaan masif korupsi di negeri ini juga akhirnya dianggap biasa dan seperti tidak memengaruhi perilaku pejabat publik. Oleh karena itu, KPK perlu mencari terobosan modus operasi untuk meningkatkan efek jera dan menekah korupsi.

    1) KPK dianggap belum mampu menjangkau kasus-kasus korupsi politik yang melibatkan para petinggi negeri. 2) Kasus-kasus besar mandek dan terkesan menjadi alat penyanderaan politik. 3) KPK seperti menghadapi tembok tebal yang tidak bisa ditembus. 4) Independensi, keberanian dan kapasitas para komisioner KPK pun dipertanyakan. 5) Kesan inilah yang kemudian membuat banyak koruptor seperti merasa tidak bersalah.

Disadur dari: https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/82891 I kenapa-ott-kpk,tak-juga-membuat-jera, diunduh 18 Maret 2020


Teks tersebut merupakan struktur teks editorial bagian .... 

  1. pernyataan umumundefined 

  2. penegasan ulangundefined 

  3. argumentasiundefined 

  4. simpulanundefined 

  5. tesisundefined 

Iklan

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

Iklan

Pembahasan

Teks editorial memiliki struktur yang terdiri atas: Pengenalan isu yang merupakan bagian pendahuluan teks editorial. Fungsinya mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas dalam bagian berikutnya. Penyampaian pendapat/ argumen, bagian ini pembahasan yang berisi tanggapan redaksi terhadap isu yang diperkenalkan sebelumnya Penegasan, penegasan ini berupa simpulan, saran atau rekomendasi. Teks di atas merupakan bagian struktur penyampaian pendapat dari redaktur, hal ini dapat dilihat pada kalimat "Sekian banyak OTT yang dilakukan KPK tampaknya belum membuat malu dan jera penerima dan pemberi suap". Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Teks editorial memiliki struktur yang terdiri atas:

  1. Pengenalan isu yang merupakan bagian pendahuluan teks editorial. Fungsinya mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas dalam bagian berikutnya.
  2. Penyampaian pendapat/ argumen, bagian ini pembahasan yang berisi tanggapan redaksi terhadap isu yang diperkenalkan sebelumnya
  3. Penegasan, penegasan ini berupa simpulan, saran atau rekomendasi.

Teks di atas merupakan bagian struktur penyampaian pendapat dari redaktur, hal ini dapat dilihat pada kalimat "Sekian banyak OTT yang dilakukan KPK tampaknya belum membuat malu dan jera penerima dan pemberi suap".

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Sultan

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Struktur teks editorial yang tepat adalah ....

15

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia