Roboguru

Perhatikan teks berikut! Kebisuan di antara kami benar-benar hening dan beku. Aku telah kehilangan kata dan tak mampu kutegakkan kepala. Kulirik Mas Sunar. Dia duduk bersandar pada kursi, kaki kanan bertumpu pada kaki kiri, pandangan matanya hampa, sesekali ia isap rokoknya dalam-dalam. Dia gelisah, aku tahu itu. "Aku terpaksa, Piah," suara Mas Sunar memecah kebekuan sekaligus menghancurkan hatiku. Aku tak kuasa lagi menahan nyeri di dada. Unsur intrinsik yang dominan pada cerita tersebut adalah . . . .

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut!


Kebisuan di antara kami benar-benar hening dan beku. Aku telah kehilangan kata dan tak mampu kutegakkan kepala. Kulirik Mas Sunar. Dia duduk bersandar pada kursi, kaki kanan bertumpu pada kaki kiri, pandangan matanya hampa, sesekali ia isap rokoknya dalam-dalam. Dia gelisah, aku tahu itu. "Aku terpaksa, Piah," suara Mas Sunar memecah kebekuan sekaligus menghancurkan hatiku. Aku tak kuasa lagi menahan nyeri di dada.


Unsur intrinsik yang dominan pada cerita tersebut adalah . . . .undefined

  1. alurundefined

  2. perwatakanundefined

  3. temaundefined

  4. suasanaundefined

  5. sudut pandangundefined

     

Pembahasan Soal:

Unsur dominan dari penggalan cerpen tersebut adalah latar suasana yang berhubungan dengan bagaimana unsur psikologis yang mengitari suatu peristiwa yaitu ditunjukkan dengan kata hening dan beku,memecah kebekuan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 06 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved