Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut ini!
 

Sampah merupakan salah satu benda yang sudah tidak digunakan atau dimanfaatkan lagi. Keberadaan dari sampah sendiri sangatlah mengganggu, khususnya dari kesehatan masyarakat yang ada di sekitar. Jenis sampah sendiri dibagi menjadi dua, pertama adalah sampah organik dan kedua adalah sampah non-organik.

Di sekitar masyarakat, sampah memang menjadi suatu fenomena yang cukup banyak dijumpai. Pada awalnya, sampah-sampah adalah hal yang biasa berserakan di sekitar rumah dan sebagainya. Namun, ternyata sampah bisa memunculkan dampak yang cukup besar bagi masyarakat itu sendiri, seperti banjir, longsor dan juga bisa menjadi sumber dari penyakit.

Sampah yang selalu diabaikan dan menumpuk ternyata bisa menyebabkan bau yang amat tidak enak. Sehingga itu akan menyebabkan terjadinya pencemaran udara di sekitar bahkan bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit kronis seperti DBD dan muntaber.

Apabila telah terbiasa membuang sampah sembarangan, maka bisa menimbulkan dampak yang amat merugikan di kemudian hari. Maka dari itu, sebagai makhluk yang ingin sejahtera, mari menjaga lingkungan sekitar dengan membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya.

Ini adalah hal kecil yang bisa mengurangi bahaya dari penumpukan sampah. Jenis sampah organik bisa diolah menjadi pupuk. Sementara untuk jenis sampah nonorganik, bisa dibuat sebagai kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.


Kata yang bercetak tebal pada paragraf ketiga termasuk kata denotasi karena ….undefined

  1. Digunakan untuk menjelaskan peristiwa yang berhubungan dengan keilmuanundefined

  2. Mengungkapkan makna yang sebenarnya, yaitu ‘penyakit yang tidak sembuh-sembuh’undefined

  3. Tidak memiliki makna lain selain kata itu sendiri, yaitu kronisundefined

  4. Termasuk kata teknis yang berhubungan dengan ilmu sosialundefined

  5. Jawaban A dan C benarundefined

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.undefined

Pembahasan

Kata denotasi merupakan kata yang memiliki makna yang sebenarnya, yaitu makna yang sesuai dengan hasil observasi menurut penglihatan, pendengaran, perasaan, atau pengalaman lainnya sehingga makna ini bersifat faktual objektif. Kata kronis termasuk kata denotasi karena kata tersebut digunakan untuk mengungkapkan makna yang sebenarnya. Dalam KBBI, kronis berarti berjangkit terus dalam waktu yang lama; menahun (tentang penyakit yang tidak sembuh-sembuh).

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.undefined

89

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Makna istilah yang dicetak miring dalam teks di atas adalah ...

112

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia