Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut ini! Banjir bandang merupakan banjir besar yang datang dengan tiba-tiba, mengalir derasdan menghanyutkan benda-benda besar. Banjir yang disebut juga dengan air bah ini dapat mengakibatkan berbagai masalah, mulai dari masalah sosial hingga ekonomi. Penyebab utama banjir bandang adalah terjadinya proses orografi. Hujan orografis adalah hujan yang terjadi karena angin yang mengandung uap air bergerak secara horizontal. Kemudian, banjir bandang pun terjadi di daerah-daerah sepanjang aliran sungai karena curah hujan yang deras. Banjir bandang juga dapat terjadi karena terbentuknya bendungan alami akibat longsornya tanah dari lereng di sepanjang aliran sungai. Tak hanya itu, jebolnya bendungan atau waduk pun dapat mengakibatkan banjir bandang. Banjir bandang tidak bisa dianggap sebagai satu persoalan tunggal. Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat harus bersatu padu menanggulangi banjir bandang agar dampak negatif bencana alam yang satu ini dapat diminimalisasi. Konjungsi yang muncul lebih dari satu kali dalam teks tersebut adalah ….

Perhatikan teks berikut ini!

Banjir bandang merupakan banjir besar yang datang dengan tiba-tiba, mengalir deras dan menghanyutkan benda-benda besar. Banjir yang disebut juga dengan air bah ini dapat mengakibatkan berbagai masalah, mulai dari masalah sosial hingga ekonomi.

Penyebab utama banjir bandang adalah terjadinya proses orografi. Hujan orografis adalah hujan yang terjadi karena angin yang mengandung uap air bergerak secara horizontal. Kemudian, banjir bandang pun terjadi di daerah-daerah sepanjang aliran sungai karena curah hujan yang deras. Banjir bandang juga dapat terjadi karena terbentuknya bendungan alami akibat longsornya tanah dari lereng di sepanjang aliran sungai. Tak hanya itu, jebolnya bendungan atau waduk pun dapat mengakibatkan banjir bandang.

Banjir bandang tidak bisa dianggap sebagai satu persoalan tunggal. Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat harus bersatu padu menanggulangi banjir bandang agar dampak negatif bencana alam yang satu ini dapat diminimalisasi.

 

Konjungsi yang muncul lebih dari satu kali dalam teks tersebut adalah ….

  1. konjungsi pertentangan

  2. konjungsi perbandingan

  3. konjungsi kronologis

  4. konjungsi kausalitas

Iklan

R. Septia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konjungsi atau kata penghubung yang menjadi ciri teks eksplanasi adalah konjungsi kronologis dan konjungsi kausalitas. Konjungsi kausalitas adalah kata penghubung yang menggambarkan sebab akibat, sedangkan konjungsi kronologis menandai keterangan waktu pada sebuah kalimat. Kedua konjungsi itu terdapat dalam teks tersebut. Konjungsi kausalitas: karena (kalimat kedua dan keempat paragraf kedua) serta oleh karena itu (kalimat kedua paragraf ketiga). Konjungsi kronologis: kemudian (kalimat ketiga paragraf kedua). Jadi, konjungsi yang muncul lebih dari satu kali dalam teks di atas adalah konjungsi kausalitas . Sementara itu, konjungsi pertentangan dan perbandingan tidak terdapat dalam teks di atas. Jawaban yang tepat adalah D.

Konjungsi atau kata penghubung yang menjadi ciri teks eksplanasi adalah konjungsi kronologis dan konjungsi kausalitas. Konjungsi kausalitas adalah kata penghubung yang menggambarkan sebab akibat, sedangkan konjungsi kronologis menandai keterangan waktu pada sebuah kalimat. Kedua konjungsi itu terdapat dalam teks tersebut.

  • Konjungsi kausalitas: karena (kalimat kedua dan keempat paragraf kedua) serta oleh karena itu (kalimat kedua paragraf ketiga).
  • Konjungsi kronologis: kemudian (kalimat ketiga paragraf kedua).

Jadi, konjungsi yang muncul lebih dari satu kali dalam teks di atas adalah konjungsi kausalitas. Sementara itu, konjungsi pertentangan dan perbandingan tidak terdapat dalam teks di atas.
Jawaban yang tepat adalah D.

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksplanasi

Kebahasaan Teks Eksplanasi

Menganalisis Teks Eksplanasi

Menyusun Teks Eksplanasi

673

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perbedaan konjungsi kausalitas dengan konjungsi kronologis adalah ….

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia